Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ERGONOMI DAN TATA CARA KERJA. Peta pekerjaan dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ERGONOMI DAN TATA CARA KERJA. Peta pekerjaan dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu."— Transcript presentasi:

1 ERGONOMI DAN TATA CARA KERJA

2 Peta pekerjaan dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu menganggur dari komninasi antara pekerja dan mesin. Dengan demikian peta ini merupakan alat yang baik digunakan untuk mengurangi waktu menganggur.

3  Merubah tata letak tempat kerja.  Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja.  Merancang kembali mesin dan peralatan.  Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau sebaliknya, menambah mesin bagi seorang pekerja.

4 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat Peta Pekerja dan Mesin agar diperoleh peta yang baik, yaitu:  Nyatakan identifikasi peta yang dibuat.  Setelah semua identifikasi lengkap dinyatakan, langkah berikutnya menguraikan semua elemen-elemen pekerjaan yang terjadi.

5 Menunjukan waktu menganggur. Digunakan untuk menyatakan pekerja atau mesin yang sedang menganggur atau salah satu sedang menunggu yang lain. Menunjukan kerja tak bergantungan. Jika ditinjau dari pekerja, maka keadaan ini menunjukan seorang pekerja yang sedang bekerja dan independen dengan mesin dan pekerja lainnya.

6 Menunjukan kerka kombinasi. Jika di tinjau dari pihak pekerja, maka lambang ini digunakan apabila diantara operator dan mesin atau dengan operator lainnya sedang bekerja bersama-sama. Jika di tinjau dari pihak mesin, maka berarti: selama bekerjanya, mesin tersebut memerlukan pelayanan dari operator (mesin manual)

7 Peta ini menggambarkan semua gerakan- gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang di lakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, juga menunjukan perbandingan antara tugas yang dibebankan tangan kiri dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan.

8  Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan menguranngi kelelahan.  Menghilangkan atau mengurangi gerakan- gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif, sehingga tentunya akan mempersingkat waktu kerja.  Sebagai alat untuk menganalisa tataletak stasiun kerja.  Sebagai alat untuk melatih pekerjaan baru, dengan cara kerja yang ideal.

9


Download ppt "ERGONOMI DAN TATA CARA KERJA. Peta pekerjaan dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google