Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika bisnis1 KEWAJIBAN KARYAWAN DAN PERUSAHAAN PERTEMUAN KE-7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika bisnis1 KEWAJIBAN KARYAWAN DAN PERUSAHAAN PERTEMUAN KE-7."— Transcript presentasi:

1 etika bisnis1 KEWAJIBAN KARYAWAN DAN PERUSAHAAN PERTEMUAN KE-7

2 etika bisnis2 TIGA KEWAIBAN KARYAWAN Kewajiban Ketaatan Kewajiban Konfidensialitas Kewajiban Loyalitas

3 etika bisnis3 Kewajiban Ketaatan Karyawan harus taat kepada atasannya di perusahaan, justru karena ia bekerja di perusahaan itu. Karyawan tidak harus menaati semua perintah atasan yang diberikan oleh atasannya. Karena : 1.Karyawan tidak perlu dan malah tidak boleh mematuhi perintah yang menyuruh dia melakukan sesuatu yang tidak bermoral. 2.Karyawan tidak wajib juga mematuhi perintah atasannya yang tidak wajar, walaupun dari segi etika tidak ada keberatan 3.Karyawan tidak perlu mematuhi perintah yang memang demi kepentingan perusahaan, tetapi tidak sesuai dengan penugasan yang disepakati.

4 etika bisnis4 Kewajiban Konfidensialitas Adalah kewajiban untuk menyimpan informasi yang bersifat konfidensial (rahasia), yang telah diperoleh dengan menjalankan suatu profesi. Mengapa karyawan harus menyimpan rahasia perusahaan ? Perusahaan menjadi pemilik informasi rahasia itu Membuka rahasia perusahaan bertentangan dengan etika pasar bebas.

5 etika bisnis5 Kewajiban Loyalitas Kewajiban loyalitas merupakan konsekwensi dari status seseorang sebagai karyawan perusahaan. Mulai bekerja di perusahaan karyawan harus mendukung tujuan-tujuan perusahaan, karena sebagai karyawan ia melibatkan diri untuk turut merealisasikan tujuan-tujuan tersebut dan menghindari segala sesuatu yang bertentangan dengan tujuan perusahaan.

6 etika bisnis6 Faktor utama yang bisa membahayakan terwujudnya loyalitas : Konflik Kepentingan, konflik antara kepentingan pribadi karyawan dan kepentingan perusahaan. Menerima Komisi, yang diberikan kepada karyawan secara pribadi dalam menjalankan tugas atas nama perusahaannya dengan perusahaan atau instansi lain. Hadiah, yang diberikan oleh perusahaan lain atau instansi lain kepada karyawan sewaktu menjalankan tugas kerjanya, maksudnya untuk mempengaruhi karyawan tersebut.

7 etika bisnis7 MELAPORKAN KESALAHAN PERUSAHAAN Dalam literatur etika bisnis berbahasa Inggris masalah ini dikenal sebagai whistle blowing (meniup peluit) Dalam bahasa sehari-hari, whistle blowing merupakan bahasa kiasan yaitu membuat keributan untuk menarik perhatian orang banyak. Dalam etika, whistle blowing mendapat arti lebih khusus lagi yaitu : menarik perhatian dunia luar dengan melaporkan kesalahan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Contoh, bila seorang pegawai memberitahukan kepada pers tentang praktek-praktek korupsi dari atasannya.

8 etika bisnis8 Whistle blowing bukan melaporkan kesalahan pribadi seseorang dalam perusahaan, tapi melaporkan kesalahan perusahaan. Contoh, jika manajer melakukan pelecehan seksual terhadap sekretarisnya dan kelakuan ini diberitahukan kedunia luar, hal itu tidak termasuk whistle blowing, walau pun disini terdapat sebuah kasus yang dengan jelas berkonotasi etika. Kalau kesalahan manajer melebihi tahap pribadinya dan melibatkan perusahaan, seperti korupsi yang dilakukan oleh manajer dengan memakai uang perusahaan baru bisa dikatakan melakukan whistle blowing.

9 etika bisnis9 Kenyataan dalam praktek : Whistle blowing dipuji sebagai pahlawan, karena menempatkan nilai-nilai moral yang benar dan luhur, di atas kesejahteraan pribadi. Sebab dengan melaporkan kesalahan perusahaan sesorang karyawan bersedia mengambil resiko. Karier selanjutnya bisa terhambat, bahkan dia bisa dipecat dari pekerjaanya. Di lain pihak seorang whistle blowing dicap sebagai pengkhianat, karena dia mengekspos kejelekan dari perusahaannya. Dia dianggap melanggar kewajiban loyalitas dengan sangat merugikan kepentingan perusahaan.

10 etika bisnis10 Menyimak pendapat kedua, pelaporan kesalahan perusahaan menimbulkan hambatan-hambatan untuk kelancaran usaha bisnis, timbul pertanyaan: Apakah pelaporan kesalahan perusahaan itu boleh dilakukan, karena dengan jelas bertentangan dengan kewajiban loyalitas karyawan terhadap perusahaan? Boleh dilakukan, bahkan harus dilakukan karena kewajiban lain yang lebih mendesak, lebih mendahulukan kepentingan masyarakat umum dari pada kepentingan pribadi.

11 etika bisnis11 Persyaratan Whistle blowing : Kesalahan perusahaan harus besar Pelaporan harus didukung oleh fakta yang jelas dan benar Pelaporan dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya kerugian bagi pihak ketiga, bukan karena motif lain Penyelesaian masalah secara internal harus dilakukan dulu, sebelum kesalahan perusahaan di bawa ke luar Harus ada kemungkinan real bahwa pelaoran kesalahan akan mencatat sukses.

12 etika bisnis12 KEWAJIBAN PERUSAHAAN TERHADAP KARYAWAN Perusahaan tidak boleh mempraktekkan diskriminasi Perusahaan harus menjamin kesehatan dan keselamatan kerja Kewajiban memberi gaji yang adil Perusahaan tidak boleh memberhentikan karyawan dengan semena-mena

13 etika bisnis13 Perusahaan tidak boleh mempraktekkan diskriminasi SARA Dasar Etika Perusahaan tidak boleh mempraktekkan diskriminasi: Teori Utilitarisme (diskriminasi merugikan pershn itu sendiri Teori Deontologi ( diskriminasi melecehkan martabat) Teori Keadilan ( diskriminasi bertentangan dengan keadilan)

14 etika bisnis14 Perusahaan harus menjamin kesehatan dan keselamatan kerja Keselamatan kerja, tempat kerja harus aman, bebas dari resiko terjadinya kecelakaan kerja yang akan mengakibatkan cedera atau kematian. Kesehatan kerja, dapat direalisasikan karena tempat kerja dalam kondisi sehat, bebas dari dari resiko terjadinya gangguan kesehatan atau penyakit karena kerja sebagai akibat dari kurang baiknya di tempat kerja.

15 etika bisnis15 Macam penyakit karena kerja : Penyakit fisik Penyakit non fisik (kejiwaan) Kewajiban memberi gaji yang adil dasarnya : Peraturan Hukum UMR Sifat Pekerjaan Senioritas Kemampuan perusahaan Perbandingan dengan perusahaan lain

16 etika bisnis16 Perusahaan tidak boleh memberhentikan karyawan dengan semena-mena Majikan hanya boleh memberhentikan karena alasan yang tepat Majikan harus berpegang pada prosedur yang semestinya Majikan harus membatasi akibat negatif bagi karyawan sampai seminimal mungkin.

17 etika bisnis17 KEWAJIBAN PERUSAHAAN TERHADAP KARYAWAN & KEWAJIBAN PERUSAHAAN TERHADAP KARYAWAN Di Indonesia telah diatur melalui Undang- Undang Ketenagaan Kerja No. 13 tahun Kesepakatan Kerja. Uraian Kerja


Download ppt "Etika bisnis1 KEWAJIBAN KARYAWAN DAN PERUSAHAAN PERTEMUAN KE-7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google