Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama dan Bahasa Suku Sakai  Propinsi Riau terletak melintang diantara 1°5' LS - 2°25' LU dan membujur diantara 100° -105° 45' BT.  Orang sakai hidup.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama dan Bahasa Suku Sakai  Propinsi Riau terletak melintang diantara 1°5' LS - 2°25' LU dan membujur diantara 100° -105° 45' BT.  Orang sakai hidup."— Transcript presentasi:

1

2

3 Nama dan Bahasa Suku Sakai

4  Propinsi Riau terletak melintang diantara 1°5' LS - 2°25' LU dan membujur diantara 100° -105° 45' BT.  Orang sakai hidup dalam wilayah kebupaten Bengkalis, jumlah orang sakai terbanyak berada di kecamatan Mandau, sebagian kecil lainnya berada di kecamatan Bukit Batu, dan sebagian lagi di daerah pedesaan yang terpencil, yaitu di hulu sungai, mata air, dan rawa-rawa.  Satu di antara lima kabupaten yang termasuk dalam wilayah Propinsi Riau, yang di sebelah utara berbatasan dengan Propinsi Sumatra Utara dan bagian selatan dari Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Propinsi Jambi, di sebelah timur dengan bagian selatan dari Laut Cina Selatan, dan di bagian barat dengan Propinsi Sumatra Barat serta bagian barat daya dari Propinsi Sumatra Utara.

5

6

7

8

9

10  Sistem kekerabatan masyarakat suku Sakai memperlihatkan gabungan antara sistem parental dan sistem matrilineal. Hubungan antara sesama saudara kandung yang membedakan tingkat generasi berdasarkan waktu kelahiran tercermin dalam sistem kekerabatan yang generatif.  Di samping itu, peranan saudara tua laki-laki dari ibu sangat penting dalam masalah-masalah perkawinan, warisan, dan hubungan tanggung jawab kesejahteraan hidup dan penghonnatan (hampir sama dengan hubungan antara mamak- kemenakctn dalam kebudayaan Minangkabau).

11 Salah satu ciri masyarakat suku Sakai sebagaimana dilihat oleh orang Melayu adalah agama mereka bersifat animistik. Agama asli masyarakat suku Sakai memang berdasarkan kepercayaan pada berbagai mahluk halus, ruh, dan berbagai kekuatan gaib dalam alam semesta, khususnya dalam lingkungan hidup manusia mempunyai pengaruh terhadap kesejahteraan hidup mereka. Mahluk gaib ini mereka namakan hantu. mereka sangat mempercayai bahwasannya hantulah yang menentukan kehidupan mereka, maka daripada itu mereka sangat mengagungkan hantu. mereka percaya bahwasannya hantu ini juga yang memberikan keselamatan dan kecelakaan dalam hidup mereka.

12

13 Ubi Manggalo

14

15

16

17

18

19 Lingkaran Daur Hidup

20  Mereka boleh menikah dengan siapa saja, kecuali dengan anggota keluarganya, yang termasuk keluarga ialah: Ibu Ibu tiri Ibu angkat Bapak Bapak angkat Bapak tiri Saudara kandung Dan anak Zaman sekarang

21

22

23  Terdapat perbedaan antara masyarakat Sakai dahulu dan sekarang dalam mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk keperluan lamaran.  Pada zaman dulu, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi: a)Sirih pinang selengkapnya. b)Kain dan baju sepersalinan. c)Gelang dan cincin yang terbuat dari perak. d)Sebuah mata uang riyah yang terbuat dari perak. e)Sebuah beling. f) dan sebuah tombak.

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34


Download ppt "Nama dan Bahasa Suku Sakai  Propinsi Riau terletak melintang diantara 1°5' LS - 2°25' LU dan membujur diantara 100° -105° 45' BT.  Orang sakai hidup."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google