Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dalam makalah ini kami membe Dalam makalah ini kami memberikan Batasan masalah Pada Perencanaan dan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dalam makalah ini kami membe Dalam makalah ini kami memberikan Batasan masalah Pada Perencanaan dan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan."— Transcript presentasi:

1

2

3 Dalam makalah ini kami membe Dalam makalah ini kami memberikan Batasan masalah Pada Perencanaan dan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

4 Tujuan yang diharapkan setelah mengikuti pemaparan makalah ini adalah Agar mengetahui hakikat perencanaan dan pengadaan barang sarana dan prasarana pendidikan.

5

6 1 1 Perencanaan dapat diartikan sebagai keseluruhan proses perkiraan dan penentuan secara matang hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan (Sondang P. Siagian).

7 Menurut Roger A. Kauffman seperti yang dikutip oleh Nanang Fatah, perencanaan adalah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber- sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu seefisien dan seefektif mungkin. Lanjutan ….

8 Perencanaan adalah pola perbuatan menggambarkan dimuka hal-hal yang akan dikerjakan kemudian. Dengan kata lain, planning adalah memikirkan sekarang untuk tindakan yang akan datang. Perencanaan yang dimaksud adalah merinci rancangan pembelian, pengadaan,rehabilitasi, distribusi sewa atau pembuatan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Lanjutan ….

9 Tujuan dan Manfaat Perencanaan. Tujuan Perencanaan Sarana dan Prasarana Adalah demi menghindari terjadinya kesalahan dan kegagalan yang tidak diinginkan dan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan penentuan skala prioritas kegiatan untuk dilaksanakan yang disesuaikan dengan tersedianya dana dan tingkat kepentingan. Lanjutan ….

10 Manfaat Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan adalah dapat membantu dalam menentukan tujuan, meletakkan dasar-dasar dan menetapkan langkah-langkah, menghilangkan ketidakpastian, dapat dijadikan sebagai suatu pedoman atau dasar untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan bahkan juga penilaian agar nantinya kegiatan berjalan dengan efektif dan efisien. Lanjutan ….

11 Perencanaan yang efektif dalam penyusunannya harus dilakukan melalui suatu rangakaian pertanyaan yang perlu dijawab dengan memuaskan: 1.What ? 2.Where ? 3.When ? 4.How ? 5.Who ? 6.Why ? Lanjutan ….

12 Terdapat beberapa prosedur dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dilakukan melalui tahapan berikut: 1.Menganalisis kebutuhan 2.Menginventarisasi sarana dan prasarana yang ada 3.Mengadakan seleksi 4.Menyediakan dana 5.Pemberian wewenang untuk melaksanakan tugas penyediaan sarana dan prasarana Lanjutan ….

13 1.Perencanaan pengadaan barang-barang bergerak. Menyusun dan menata perkiraan biaya/hanya keperluan, pengadaan barang, selama 1 bulan/semester/tahun untuk barang habis pakai tidak habis pakai. Menyusun daftar perencanaan berdasarkan analisis kebutuhan dari masing-masing satuan organisasi. Lanjutan ….

14 2.Perencanaan pengadaan prasarana/barang-barang tidak bergerak 1)Tanah 2)Bangunan Lanjutan ….

15 2 2 Pengadaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyediakan semua jenis sarana dan prasarana pendidikan persekolahan yang sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

16 Dalam konteks persekolahan, pengadaan merupakan segala kegiatan yang dilakukan dengan cara menyediakan semua keperluan barang atau jasa berdasarkan hasil perencanaan dengan maksud untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Lanjutan ….

17 Pengadaan sarana dan prasarana merupakan fungsi operasional pertama dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan persekolahan. Lanjutan ….

18 Cara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. 1. Pembelian 2. Pembuatan Sendiri 3. Penerimaan Hibah atau Bantuan 4. Penyewaan 5. Pinjaman 6. Pendaurulangan 7. Penukaran 8. Perbaikan atau Rekondisi Lanjutan ….

19 Prosedur pengadaan barang sebagai berikut: 1.Menganalisis kebutuhan dan fungsi sarana dan prasarana. 2.Mengklasifikasikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 3.Membuat proposal pengadaan sarana dan prasarana yang ditujuakan kepada pemerintah bagi sekolah negeri dan pihak yayasan bagi sekolah swasta. Lanjutan ….

20 4.Bila disetujui maka akan ditinjau dan dinilai kelayakannya untuk mendapat persetujuan dari pihak yang dituju. 5.Setelah dikunjungi dan disetujui maka sarana dan prasarana akan dikirim ke sekolah yang mengajukan permohonan pengadaan sarana dan prasarana tersebut. Lanjutan ….

21 Proses Pengadaan Berbagai Jenis Sarana dan Prasarana Sekolah 1.Buku Untuk pengadaan buku dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu: a. Membeli b. Menerbitkan sendiri c. Menerima bantuan/hadiah d. Menukar. Lanjutan ….

22 2.Alat Kantor Pengadaan alat kantor dan alat pendidikan dapat dilaksanakan dengan cara: a. Membeli b. Membuat sendiri c. Menerima bantuan/ hibah/hadiah. Lanjutan ….

23 1.Tim Dosen Administrasi Pendidikan,(2007), Pengelolan Pendidikan,Bandung Jurusan Administrasi Pendidikan UPI. 2.Arikunto,Suharsimi,Dr.,(1993),Organisasi dan administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Raja Grafindo Persada, Jakarta 3.http://www.bloger.com/profile/ diposkan oleh N. Harimurti.http://www.bloger.com/profile/ http://pandu32.co.cc, Krida Pandu Gunata

24


Download ppt "Dalam makalah ini kami membe Dalam makalah ini kami memberikan Batasan masalah Pada Perencanaan dan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google