Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dari Hukum Thermodinamika, bersama dengan metode kalkulus diferensial memungkinkan penurunan sejumlah persamaan yang berguna mengenai sifat Thermodinamika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dari Hukum Thermodinamika, bersama dengan metode kalkulus diferensial memungkinkan penurunan sejumlah persamaan yang berguna mengenai sifat Thermodinamika."— Transcript presentasi:

1 Dari Hukum Thermodinamika, bersama dengan metode kalkulus diferensial memungkinkan penurunan sejumlah persamaan yang berguna mengenai sifat Thermodinamika. Persamaan yang akan diturunkan kemudian, berlaku semua sistem yang berada dalam keadaan setimbang. KK eadaannya hanya berubah bila panas dan kerja mekanik melintasi batasnya, dan HH anya memerlukan dua sifat independent untuk menentukan keadaan Thermodinamika. Syarat ini dipenuhi, oleh sistem komponen tunggal bila tak ada pengaruh gravitasi, listrik, magnet dan permukaan. Syarat ini juga dipenuhi oleh sistem yang terdiri dari campuran zat, asalkan tidak terjadi reaksi kimia. Dari persamaan energi dalam diperoleh : dU= T ds - P dV POTENSIAL TERMODINAMIK ……………(1)

2 DD ari persamaan Entalpi : dH = T dS + V dP DD ari Persamaan Helm Holtz diperoleh : dF = - S dT - P dV POTENSIAL TERMODINAMIK ………..(2) ………..(3)

3 DD ari persamaan Gibbs diperoleh : dG = - S dT + V dP Sesuai dengan intensitas medan listrik E merupakan negatif dari gradien potensial Φ, dimana komponennya : E x = - ; E y = - dan E z = - Dengan cara yang sama, maka turunan parsial dari U, F, G dan H disebut sebagai Potensial Termodinamik (Persamaan 1, 2, 3, 4) POTENSIAL TERMODINAMIK …….…(4)


Download ppt "Dari Hukum Thermodinamika, bersama dengan metode kalkulus diferensial memungkinkan penurunan sejumlah persamaan yang berguna mengenai sifat Thermodinamika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google