Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STATISTIK NON PARAMETRIK Statistik non parametrik didasarkan dari model yang tidak mendasarkan pada bentuk khusus dari distribusi data (Ghozali, 2006).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STATISTIK NON PARAMETRIK Statistik non parametrik didasarkan dari model yang tidak mendasarkan pada bentuk khusus dari distribusi data (Ghozali, 2006)."— Transcript presentasi:

1

2 STATISTIK NON PARAMETRIK Statistik non parametrik didasarkan dari model yang tidak mendasarkan pada bentuk khusus dari distribusi data (Ghozali, 2006). Asumsi yang berhubungan dengan uji statistik non parametrik yaitu: 1. Observasi harus independen. 2. Data tidak berdistribusi normal. 3. Pengukuran variabel dengan skala ordinal dan skala nominal (kategorikal). 4. Jumlah sampel kecil (kurang dari 30).

3 Uji Binomial / Uji Tanda (The Sign Test) Uji binomial digunakan untuk menguji hipotesis yang datanya diambil dari satu sampel. Pengujian ini menyatakan bahwa apakah sampel tertentu berasal dari populasi tertentu (Ghozali, 2006).

4 Langkah-langkah Menggunakan SPSS: 1.Lakukan pengolahan data dari menu utama SPSS, klik Analyze, kemudian klik Nonparametric Tests dan klik Binomial... hingga muncul layar berikut ini: 2.Isilah kotak Test Variable List dengan variabel yang akan dianalisis, pilihlah Cut point pada kolom Define Dichotomy dan isilah dengan 0 dan kolom Test Proportion sesuai angka yang akan digunakan 3.Kemudian klik OK maka akan tampil outputnya.

5 2 Independent Sample The Mann-Whitney Test (U Test) Uji Mann-Whitney atau lebih dikenal dengan U test dikembangkan oleh H. B Mann dan D. R Whitney tahun 1947 (Sugiyono dan Wibowo, 2002). Metoda non parametrik ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang beda dua rata-rata populasi dengan data independent (Atmaja, 1997). Data independent adalah dua data yang berasal dari dua sampel.

6 Kepuasan Konsumen Tipe 90Tipe Manajer Marketing PT TULIP menyatakan terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen pembeli rumah antara tipe 90 dan tipe 100. Guna membuktikan pernyataan tersebut diberikan kuesioner terhadap sejumlah sample dan diperoleh data sebagai berikut: Jika diasumsikan data tidak normal, dengan menggunakan alpha 5%: Ujilah hipotesis manajer marketing.

7 1.Buka menu Analyze, klik Nonparametric Tests dan pilih 2 Independent Samples... hingga muncul layar seperti berikut: Pengisian: Isilah baris Group 1 dan Group 2, kemudian klik Continue. Pada kotak Test Type aktifkan Mann-Whitney U, kemudian klik OK dan akan muncul output. Pengisian: Isilah kotak Test Variable List dengan variabel KEPUASAN yang akan diuji. Isilah baris Grouping Variable dangan variabel TIPE dengan klik tombol Define Groups hingga muncul layar berikut:

8

9 K Independent Sample The Kruskal – Wallis Test Uji Kruskal Wallis atau lebih dikenal dengan uji H diperkenalkan pertama oleh William H Kruskal dan W Allen Wallis pada tahun 1952 (Sugiyono dan Wibowo,2002). Metoda non parametrik ini digunakan untuk tujuan yang sama dengan ANOVA yaitu menguji ada atau tidak perbedaan lebih dari dua rata- rata. Bedanya adalah ANOVA mengasumsikan distribusi populasi normal, sedangkan kruskal- wallis test tidak membutuhkan asumsi tersebut.

10 Penghasilan Buruh Pabrik JakartaBandungSemarangYogyakartaSurabaya Seorang peneliti dari LSM ANGGREK ingin menguji apakah ada perbedaan penghasilan antara buruh pabrik di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data sebagai berikut: Jika diasumsikan data tidak terdistribusi secara normal: Dengan menggunakan alpha 5%, ujilah hipotesis terdapat perbedaan penghasilan antara buruh pabrik di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

11 Pengujian Menggunakan SPSS: Buka menu Analyze, klik Nonparametric Tests dan pilih K Independent Samples... hingga muncul layar seperti berikut: Masukkan variabel PENGHASILAN ke Test Variable List dan variabel KOTA ke Grouping Variable. Klik Define Range... hingga muncul layar berikut: Ketik angka minimum pada saat pengisian value pada baris Minimum dan angka maksimum pada saat pengisian value pada baris Maximum (sesuai dengan kode MIN 1 dan MAX 5 ), kemudian klik Continue. Aktifkan Kruskal-Wallis H pada Test Type, kemudian klik OK.

12

13 2 Related Samples Test Wilcoxon Uji Wilcoxon diperkenalkan oleh Frank Wilcoxon pada tahun 1945 (Sugiyono dan wibowo, 2002). Uji Wilcoxon merupakan uji statistik non parametrik yang digunakan untuk menguji hipotesis dua sampel berpasangan. Uji ini sama dengan paired sample t test dalam statistik parametrik.

14 NamaKinerja Sebelum Mengikuti Pelatihan Kinerja Setelah Mengikuti Pelatihan Dinda Dini Joko Yusuf Indah Titi Totok425 Cahaya Cahyo Yoyok Manajer SDM PT MELATI ingin menguji apakah ada perbedaan kinerja sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Guna membuktikan hal tersebut diambil beberapa sampel karyawan dan diperoleh data sebagai berikut: Jika diasumsikan datanya tidak normal menggunakan  = 5% ujilah hipotesis : H1: ada perbedaan kinerja sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan

15 Langkah Pengujian Menggunakan SPSS: Buka menu Analyze, klik Nonparametric Tests dan pilih 2 Related Samples... hingga muncul layar seperti berikut: Pengisian: Pindahkan variabel sebelum dan sesudah ke kotak Test Pair(s) List dan aktifkan pilihan Wilcoxon pada Test Type, kemudian klik OK.

16

17 K Related Samples Friedman Test Uji Friedman merupakan uji statistik non parametrik yang digunakan untuk menguji hipotesis dua sampel berpasangan dimana perlakuan yang diterapkan terhadap obyek lebih dari 2 kali.

18 Karyawa n Produksi Pada Penerangan 5 WATT20 WATT 40 WATT 60 WATT 80 WATT Aisyah Yusuf Adam Katidjah Azzahra Ibrahim Musa Sarah Daud Hajar Manajer Operasi PT MAWAR ingin menguji apakah ada perbedaan produksi jika dibuat suasana kerja dengan penerangan lampu yang berbeda. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data sebagai berikut: Jika diasumsikan data tidak terdistribusi secara normal, uji apa yang cocok untuk digunakan? Dengan menggunakan alpha 5%, ujilah apakah terdapat perbedaan produksi jika dibuat suasana kerja dengan penerangan lampu yang berbeda?

19 Pengujian Dengan SPSS: Buka menu Analyze, klik Nonparametric Tests dan pilih K Related Samples... hingga muncul kartu seperti berikut: Pengisian: Masukkan seluruh variabel ke dalam Test Variables. Aktifkan Friedman pada Test Type, kemudian klik OK.

20

21 Chi Square Test Pengujian Chi Square adalah metode non parametrik yang digunakan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan lebih dari dua proporsi (Atmaja, 1997)

22


Download ppt "STATISTIK NON PARAMETRIK Statistik non parametrik didasarkan dari model yang tidak mendasarkan pada bentuk khusus dari distribusi data (Ghozali, 2006)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google