Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORDO PSOCOPTERA (Kutu Buku) Biologi-Universitas Andalas 03 Mei 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORDO PSOCOPTERA (Kutu Buku) Biologi-Universitas Andalas 03 Mei 2012."— Transcript presentasi:

1 ORDO PSOCOPTERA (Kutu Buku) Biologi-Universitas Andalas 03 Mei 2012

2 Karakteristik Umum 0 Asal kata Psoco (mengunyah sedikit), ptera (sayap merujuk pada kebiasaan mengunyah dari serangga ini). Dikenal dengan psocid yaitu serangga kecil, tubuh lunak, panjang < 6 mm. 0 Ada/tidak ada sayap, beberapa individu punya sayap panjang dan pendek. 0 Punya 4 sayap tipis (jarang 2, sayap belakang menyusut), sayap depan lebih besar dari sayap belakang, terlihat seperti atap diatas abdomen. 0 Sungut sangat panjang, tarsi 2-3 ruas tidak terdapat sersi. 0 Bagian mulut mandibulat, klipeusnya besar dan agak mengembung. 0 Metamorfosis sederhana.

3 ‘lanjutan 0 Sebagian besar mengenal dengan sebutan kutu buku karena hidup diantara buku., dikenal juga sebagai kutu kulit kayu karena hidup dibawah kulit kayu, batu dan daun mati. 0 Sifat non-parasitik, ada beberapa menumpang pada unggas dan mamalia. 0 Telur-telur diletakkan tunggal/mengelompok dan kadang tertutup sutera atau kotoran. 0 Kebanyakan jenis mengalami 6 instar nimfa. 0 Serangga jantan memproduksi spermatofor, perilaku serangga ini akan melibatkan tarian sebelum melakukan kopulasi. 0 Beberapa jenis berkelompok hidup dibawah sarang seperti sarang laba-laba yang terdiri dari sutera yang tipis, yang dihasilkan oleh kelenjar sutera pada labium.

4 Metamorfosis Sederhana

5 Psocoptera bersayap pendek; (a) Lepolepis occidentalis (Lepidopsodecidae), (b) Trogium pulsatorium (Troglidae), (c) Ryopsocus bentonae (Psoquillidae), (d) Nepiomorpha perpsocdides (Elipsocidae)

6 Klasifikasi Psocoptera Subordo Trogiomorpha Lepidopsocidae Trogiidae PsoquillidaePsyllipsocidae Prionoglaridae Subordo Troctomorpha Liposcelida e PachytroctidaeSphaeropsocidaeAmphientomidae Subordo Psocomorpha EpipsocidaePtiloneuridae Caecilliida e AmphipsocidaeAsiopsocidae Elipsocida e PhilotarsidaeMesopsocidae Lachesillida e Peripsocidae Ectopsocidae Pseudocaecilliidae Trichopsocidae Archipsocida e HemipsocidaeMyopsocidaePsocidae

7 A-C (Caecilius manteri/Caecillidae); B-E (Anomopsocus amabilis/Lacesfilidae); D (Liposcelis sp/Liposcelidae); F (Psyllipsocus ramburit/Psyllipsocidae); G (Psocathropus sp/Psyllipsocidae); H (Archipsocus nomas/Archipsocidae).

8 Family 0 Lepidopsocidae; terdapat pada pohon, semak, dan batu- batu di tanah. Sayap ramping-meruncing bagian ujung. Sayap dan tubuh ditutupi sisik. 0 Trogiidae; betina dari sejumlah trogiid menghasilkan bunyi dengan mengetukkan abdomen pada substrat. Terdapat gedung, kandang, lumbung, semak, pohon. Sayap menyusut. 0 Psoquillidae; bersayap sempurna/mengalami penyusutan. Terdapat pada daun yang mati yang menggantung pada tumbuhan. 0 Psyllipsocidae; berwarna pucat, terdapat pada ruang gelap bawah tanah, gua-gua, disekitar lubang tong teng anggur dan cuka.

9 ‘lanjutan 0 Liposcelidae; terdapat dibawah kulit kayu, dalam sarang unggas dan mamalia, gedung-gedung yang berdebu. Sayap sempurna terletak datar diatas punggung saat istirahat atau tidak bersayap. Panjang kira-kira 1 mm. 0 Caecillidae; serangga psocid penghuni daun konifera dan pohon berdaun lebar. 28 jenis dikenal di Amerika Serikat. 0 Lachesillidae; family besar dan merupakan penghuni tetap pada daun mati dari berbagai tumbuhan. 0 Ectopsocidae; family ini simpul kubitusnya tidak sama dengan sayap depan. Hidup baik pada tempat pertanian. 10 jenis terdapat di Amerika Serikat.

10 Sumber: Borror, D J., Triplehorn, C A., dan Johnson, N F Pengenalan Pelajaran Serangga, edisi keenam. UGM Press. Jogyakarta TERIMAKASIH


Download ppt "ORDO PSOCOPTERA (Kutu Buku) Biologi-Universitas Andalas 03 Mei 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google