Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL BERORIENTASI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL BERORIENTASI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR."— Transcript presentasi:

1 PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL BERORIENTASI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

2  A.M Yusuf, M.Pd  Unik Ambar Wati, M.Pd  Mujinem, M.Hum  Sudarmanto, M.Kes  Agung Hastomo, M.Pd

3  Penanaman nilai-nilai karakter pada siswa SD dianggap penting ada dalam pembelajaran.  Pembelajaran lebih menekankan pada aspek kognitif, tidak akan memberikan dampak pada pengembangan karakter siswa.  Perlu mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.  Permasalahan guru:minimnya waktu, tuntutan kurikulum dalam mengintegrasikannya.  Agar tujuan pembelajaran aspek kognitif, afektif, psikomotor dan karakter tercapai, perlu dirancang perencanaan pembelajaran.

4  Karakter siswa SD yang diharapkan  RPP tematik

5  Perlu dimasukkan pendidikan karakter agar pembelajaran tidak hanya bernuansa transfer ilmu.  Pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengembangkan desain instruksioanl berorientasi karakter merupakan hal yang penting.  Diperlukan pemahaman dan keterampilan guru terkait perumusan tujuan pembelajaran berorientasi karakter, pengembangan pengalaman belajar berorientasi karakter, pengemasan materi pembelajaran berorientasi karakter, pengembangan evaluasi pembelajaran berorientasi karakter, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

6  Berdasarkan identifikasi masalah tersebut dapat dirumuskan masalah : Bagaimana mengembangkan desain pembelajaran tematik siswa SD yang mengandung pendidikan karakter positif.

7  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditujukan pada guru pengampu kelas 1, 2 dan 3 (Kelas Rendah) Sekolah Dasar di lingkungan Kabupaten Kulon Progo.  Siswa SD kelas rendah masih berfikir secara holistic atau keseluruhan sehingga lebih mudah memahami materi pelajaran secara keseluruhan dan terkait dengan kehidupan siswa sehari-hari.  Adapun jumlah guru kelas dibatasi pada 50 guru SD kelas rendah di lingkungan dinas pendidikan kabupaten Kulon Progo yang terwakili oleh 12 UPT

8  Ceramah  Diskusi  Workshop  Aktivitas klasikal diisi dengan ceramah konsep karakter siswa SD kelas rendah dan subtansi rencana pembelajran ber-tematik.  Kegiatan diskusi dilaksanakan dalam mengkonfirmasi pengetahuan dan pemahaman perserta. Diskusi dilanjutkan tanya jawab seputar materi yang disampaikan baik kepada sesama perserta dan kepada instruktur.  Workshop penyusunan rencana pembelajaran tematik dilaksankan pada hari kedua dan deilakukan pendampingan oleh instruktur.

9  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pelatihan pengembangan dan penyusunan desain pembelajaran tematik bernuansa pendidikan karakter di SD” dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 April 2011 di Kampus Wates.  Peserta yang hadir berjumlah 47 orang dari 50 undangan yang diedarkan. Kegiatan dimulai pada pukul dan diakhiri pada pukul

10  Karakteristik anak SD kelas rendah..  RPP tematik.  Bidang studi kelas rendah SD.  Evaluasi pembelajran Tematik

11  Pendidikan karakter untuk anak Sekolah Dasar merupakan hal yang penting untuk diterapkan secara integral dalam proses pembelajaran.  Penanaman terhadap nilai-nilai tersebut tidak bisa disampaikan tanpa terencana.  Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter harus dikemas secara baik dan sistematis agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif.  Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam mendukung tujuan tersebut, maka guru dapat merancang pembelajaran yang secara sengaja memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam  Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran meliputi perumusan tujuan, pengembangan pengalaman belajar, pengemasan materi pembelajaran, pengembangan evaluasi yang berorientasi karakter.

12  Kepala dinas kabupaten Kulon progo beserta stafnya sehingga dapat mambantu informasi pelatihan kepada peserta.  Antusiasme peserta yang merasa memerlukan pelatihan terkait RPP tematik.  Ketua Kampus Wates beserta stafnya yang telah membantu operasional kegiatan berjalan.  Keberadaan dukungan dana dan sarana sehingga kegiatan berjalan lancar

13  Waktu kegiatan yang sangat terbatas sehingga banyak pertanyaan dari peserta yang belum dijawab tuntas.  Pemahaman awal peserta tentang konsep tematik dini pada beberapa bagian perlu diluruskan karena pemahaman yang ada tentang karakteristik anak SD kelas rendah adalah berdasarkan persepsi masing-masing guru.

14  Peserta pengabdian kepada masyarakat sangat memerlukan tambahan pengetahuan dan informasi terkait desain pembelajaran tematik yang bermuatan pendidikan karakter untuk anak SD kelas rendah, terlihat dari 50 undangan, datang 47 peserta.  Pengetahuan peserta terkait RPP tematik dirasa masih kurang terlihat dari evaluasi melalui oral respons dan RPP yang dikumpulkan peserta masih perlu diperbaiki.  Belum semua guru kelas SD kelas rendah melaksanakan pembelajaran tematik yang bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SD.

15  Kepada Pejabat Pemerintah Kabupaten Kulon Progo khususnya Dinas Pendidikan perlu memperhatikan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran tematik bermuatan pendidikan karakter.  Kepada orang tua siswa diharapkan untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran di SD karena dapat memberikan pada pembentukan karakter anak.  Kepada guru SD diharapkan meningkatkan kemampuan dan kemauan mengelola pembelajaran tematik bermuatan pandidikan karakter

16


Download ppt "PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL BERORIENTASI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google