Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINADA NUSA AJI, 2450405003 Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINADA NUSA AJI, 2450405003 Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang."— Transcript presentasi:

1 PRINADA NUSA AJI, Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PRINADA NUSA AJI - NIM : PRODI : Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - prinadata pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Syakir, M.Sn. - PEMBIMBING 2 : Drs. Ruswondho - TGL UJIAN :

3 Judul Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.

4 Abstrak Sebuah ungkapan terhadap sejarah bangunan kota lama Semarang, maka tugas akhir karya desain komunikasi visual ini diwujudkan. Dalam mengungkapkan ide, saya mengacu pada satu permasalahan tentang sejarah bangunan kota lama semarang di Semarang, beserta para pelaku di dalamnya. Bertolak dari hal tersebut maka tugas akhir karya DKV ini berjudul “Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up: Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang”. Selain sebagai bagian dari seni, DKV merupakan media menarik yang berfungsi sebagai alat penyampai pesan, dan catatan visual menarik perjalanan sejarah kota lama Semarang. Sedangkan pemvisualisasiannya, penulis mengilustrasikan sejarah bangunan-bangunan kuno kota lama Semarang beserta para pelakunya. Melalui ide atau gagasan serta imajinasi, saya terjemahkan ke dalam karya visual. Media yang digunakan dalam proses penciptaan karya ini yaitu alat tulis pensil, penghapus, penggaris, jangka, drawing pen black, serta spidol, kamera digital SLR (Single Lens Reflect), komputer jinjing atau Notebook dengan Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS3, serta CorelDRAW X4, pendukung tambahan yaitu Scanner, mouse graphic, mouse pen, kertas Ivory 190 – 230 gram, bahan perekat yaitu lem styrofoam, lem spray, media internet. Proses berkarya adalah: (1) praproduksi, (2) produksi, (3) pascaproduksi. Hasil proyek studi ini berupa karya desain buku ilustrasi Pop-Up dengan objek arsitektur Kota Lama Semarang. Jumlah karya keseluruhan ada empat buah yang menceritakan bangunan kota Lama Semarang, empat buah buku dengan ukuran 20 cm x 23 cm terdiri dari (1) Bangunan Gereja Blenduk dengan jumlah sepuluh halaman, (2) Bangunan Gedung MARBA dengan jumlah sembilan halaman, (3) Bangunan Gedung Jiwasraya dengan jumlah delapan halaman dan (3) Bangunan Restoran Ikan Bakar Cianjur (Ex Pengadilan Negeri Semarang) dengan jumlah delapan halaman. Objek – objek dalam karya tersebut disajikan dalam warna ceria hal ini untuk membuat karya desain buku ilustrasi Pop-Up ini semakin menarik. Dengan adanya karya desain buku ilustrasi Pop-Up yang penulis buat semoga dapat berguna baik bagi masyarakat dan generasi muda pada khususnya untuk lebih mengenal sejarah bangunan kota lama Semarang yang kita cintai ini. Dan semoga Proyek Studi yang penulis kerjakan dapat bermanfaat juga bagi teman-teman Mahasiswa lainnya.

5 Kata Kunci Komunikasi Visual, Ilustrasi Buku Pop-Up,Bangunan Kota Lama Semarang,Seni Rupa

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "PRINADA NUSA AJI, 2450405003 Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google