Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Human Computer Interaction 2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,MTI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Human Computer Interaction 2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,MTI."— Transcript presentasi:

1 Human Computer Interaction 2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,MTI.

2 Penilaian Komponen : – Tugas 20% – Kuis 10% – UTS 30% – UAS 40% Untuk tugas : sesuai perjanjian Tipe soal : Essay (uraian) Perhatikan, kehadiran minimal 70% (tidak ada toleransi)

3 Peraturan Dilarang menggunakan sandal dan kaos selama perkuliahan Dilarang makan dan minum dikelas Keterlambatan maksimal 15 menit dari kedatangan dosen Tugas yang telat tidak ada nilai Dilarang berisik dan mengganggu kegiatan belajar mengajar Materi dalam bentuk fotokopi wajib dimiliki Dilarang bekerjasama dan curang selama ujian

4 Materi Kuliah sebelum UTS Faktor Manusia pada Software Interaktif Teori, prinsip dan pedoman IMK Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir Bahasa Perintah Manipulasi Langsung Piranti interaksi Waktu respon dan kecepatan tampil UTS

5 Pesan sistem, perancangan layar dan warna Strategi multiple window Computer Supported Cooperative Work Alat bantu eksplorasi informasi Manual tercetak, petunjuk online & tutorial Perancangan iteratif, pengujian dan evaluasi Lingkungan pengembangan user interface UAS Materi Kuliah sebelum UAS

6 Referensi Buku Interaksi manusia & kompter Karangan : Ir. Insap Santosa, M.Sc. Penerbit : Andi yogyakarta Interaksi manusia & kompter Karangan : Teddy Marcus Z Penerbit : Informatika bandung

7 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction) Hendri Sopryadi,MTI. (HUMAN-COMPUTER INTERACTION)

8 Pertemuan 1 Faktor Manusia pada Software Interaktif

9 Definition of HCI Human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing systems for human use and with the study of major phenomena surrounding them.

10 Titik berat – Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) Fungsi dari IMK – Mengoptimasikan performansi antara manusia dengan komputer sebagai suatu sistem Desain Evaluasi desain Implementasi

11 Dasar Ilmu IMK HCI Teknik Industri Desain Grafis Psikologi Kognitif ErgonomiAntropometri

12 Dasar Ilmu IMK Design grafis Teknik Industri Psikologi kognitif Antropometri Ergonomi (human engineering)

13 Pengertian user-interface Antarmuka pemakai : bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer Tujuan antarmuka pemakai : Agar sistem komputer dapat digunakan oleh pemakai Human User Interface Computer System

14 Mapping Goal, Action, Outcome Goal Action Outcome Feedback User Interface System function Mapping carried out to produce a system with a good user interface

15 Kemampuan penggunaan (Usability) Learnability Throughput Flexibility Attitude

16 The purpose of HCI Systems Engineering Proper Functionality Reliability, availability, security, data integrity Standardization, integration, consistency, portability Schedulling and budget

17 Tujuan Rekayasa Sistem IMK Fungsionalitas yang sesuai (Proper Functionality) Tugas-tugas apa saja yang diperlukan? Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan Sistem dengan fungsionalitas berlebihan berbahaya : implementasi, pemeliharaan, proses belajar, dan penggunaan sulit

18 Kehandalan, ketersediaan, keamanan, dan integritas data Kehandalan (reliability): berfungsi seperti yang diinginkan, tampilan akurat Ketersediaan (availability): tersedia ketika hendak digunakan, jarang mengalami masalah

19 Keamanan (security) : terlindung dari akses yang tidak diinginkan dan kerusakan yang disengaja Integritas data (data integrity): keutuhan data terjamin, tidak mudah dirusak atau diubah oleh orang yang tidak berhak

20 Standarisasi : keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda Integrasi : kesatuan dari berbagai paket aplikasi dan software tools Standarisasi, integrasi, konsistensi, dan portabilitas

21 Konsistensi : keseragaman dalam suatu program aplikasi : urutan perintah, istilah, satuan, warna, tipografi, dsb Portabilitas : dimungkinkannya data dikonversi dan dipindahkan, dan dimungkinkannya antarmuka pemakai dipakai di berbagai lingkungan perangkat lunak dan perangkat keras

22 Penjadwalan dan anggaran Sistem perlu siap tepat pada waktunya Sistem yang mahal sulit diterima Adanya persaingan dengan vendor lain

23 Measurable Human Factor Waktu belajar Kecepatan kinerja Tingkat kesalahan pemakai Retensi Kepuasan subjektif

24 Motivasi bagi faktor manusia dalam perancangan Sistem yang kritis bagi kehidupan Pemakaian industri dan komersial Aplikasi kantor, rumah dan hiburan Sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama

25 Motivasi bagi faktor manusia dalam perancangan Sistem yang kritis bagi kehidupan ( Life Critical Systems ) – Biaya tinggi tidak masalah,asalkan kehandalan dan keefektifan tinggi – Waktu pelatihan lama tidak masalah, asalkan bebas kesalahan – Retensi diperoleh dari seringnya latihan dan penggunaan – Contoh :

26 Pemakaian industri dan komersial (Industrial and Commercial Uses) – Biaya rendah lebih disukai, meskipun kehandalan dikorbankan – Proses dan kemudahan belajar penting – Retensi dari seringnya penggunaan – Kepuasan subjektif diutamakan – Contoh :

27 Pemakaian industri dan komersial (Industrial and Commercial Uses) – Biaya rendah lebih disukai, meskipun kehandalan dikorbankan – Proses dan kemudahan belajar penting – Retensi dari seringnya penggunaan – Kepuasan subjektif diutamakan – Contoh : Banking, insurances, airline and hotel reservations, car rentals, credit card management

28 Aplikasi kantor, rumah dan hiburan (office, home and entertainment applications) – Kemudahan belajar, tingkat kesalahan rendah dan kepuasan subjektif diutamakan – Pembelajaran berlapis (berevolusi) – Biaya rendah penting karena persaingan – Retensi mungkin kurang, perlu online help – Contoh :word processor, video game, program pendidikan,

29 Sistem eksplorasi, kreatif dan kerjasama (exploratory, creative, and cooperative systems) – Motivasi dan ekspektasi pemakai tinggi – Perancangan sistem sulit – Pengukuran faktor manusia sulit – Contoh : Encyclopedias, databases, graphical presentation, design systems, music composing system, medical diagnostic, ES, EIS, DSS

30 Tujuan penelitian IMK Mempengaruhi peneliti akademis dan industri – Kerangka reductionist scientific method – Sumbangan pemikiran terhadap studi IMK dari disiplin-disiplin yang berhubungan Memberikan tools, teknik, dan pengetahuan untuk implementor sistem Meningkatkan kesadaran akan komputer kepada masyarakat awam


Download ppt "Human Computer Interaction 2 SKS Dosen : Hendri Sopryadi,MTI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google