Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Usia Pra Sekolah Berbasis Android Deny Sidarta Hendrawan 08.41010.0469.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Usia Pra Sekolah Berbasis Android Deny Sidarta Hendrawan 08.41010.0469."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Usia Pra Sekolah Berbasis Android Deny Sidarta Hendrawan

2 Abstrak  Kemampuan menulis permulaan merupakan bekal utama bagi anak untuk dapat memahami mata pelajaran yang diberikan di sekolah (Stephens, 2004).  Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar membaca dan menulis adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa perangkat lunak yang berbasis komputer (Macaruso, and Adelaide, 2008).

3 Abstrak  Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran menulis untuk anak usia prasekolah yang berbasis android, nantinya dalam setiap pembelajarannya aplikasi ini menyajikan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan, sehingga anak cenderung merasa senang karena merasa sedang bermain dalam proses pembelajarannya.

4 Batasan Masalah  Aplikasi memberikan pembelajaran huruf alphabet dalam bentuk huruf kapital.  Aplikasi memberikan pembelajaran angka 0 hingga 9.  Aplikasi memberikan pembelajaran kata sederhana, dimana satu kata maksimal terdiri dari maksimal 6 huruf.

5 Tujuan  Menghasilkan aplikasi berupa permainan belajar menulis untuk anak pra sekolah yang berbasis android.

6 Landasan Teori  Pengertian anak usia pra sekolah (Sillalahi : 2005) adalah “anak usia 4-6 tahun dimana pada masa ini anak telah mencapai kematangan dalam berbagai macam fungsi motorik dan diikuti dengan perkembangan intelektual dan sosioemosional”. Selain itu, imajinasi intelektual dan keinginan anak untuk mencari tahu dan bereksplorasi terhadap lingkungan juga merupakan ciri utama anak pada usia ini.  Ciri perkembangan kognitif pada anak prasekolah (Patmonodewo, 2003) adalah anak sudah mampu menggambarkan objek yang secara fisik tidak hadir, seperti anak mampu menyusun balok kecil untuk membangun rumah - rumahan,dan menggambar.

7 Landasan Teori  Alasan mengapa belajar membaca dan menulis menggunakan tulisan (Burns, Roe, dan Ross, 1984) : *pengenalan tulisan sejak awal dapat membuat anak memiliki pengalaman membaca yang baik dan memberikan pengaruh sikap yang baik dalam membaca *anak dapat mulai menyadari bahwa tulisan merupakan rekaman bunyi yang teratur *mengajarkan kata sejak awal akan lebih mudah diingat oleh anak daripada menghafalkan huruf-huruf yang menyusun kata tersebut

8 Desain Sistem

9 Tampilan Aplikasi Level 1Level 2Level 3

10 Kesimpulan  Dengan koefisien regresi fitur aplikasi 0,361 yang artinya menunjukkan arah hubungan positif (searah) antara fitur aplikasi dan kepuasan user dalam menggunakan aplikasi. Sehingga aplikasi belajar menulis ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk pembelajaran menulis anak usia prasekolah.  Aplikasi dapat memberikan pembelajaran menulis untuk anak prasekolah dengan tiga tingkat kesulitan berbeda yang bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis anak.

11 Kesimpulan  Aplikasi dapat memberikan record progress pembelajaran menulis anak melalui fitur record permainan, yang dapat digunakan orang tua untuk memantau perkembangan kemampuan menulis anak.  Aplikasi belajar menulis ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk pembelajaran menulis anak usia prasekolah.

12 Saran  Menambahkan fitur yang mampu memberikan history permainan dengan dilengkapi analisa kelemahan bentuk goresan yang belum sempurna.  Menambahkan fitur animasi yang lebih menarik agar permainan lebih menarik untuk dimaninkan oleh anak - anak.  Aplikasi dapat dikembangkan agar dapat digunakan selain pada platform Android.


Download ppt "Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Usia Pra Sekolah Berbasis Android Deny Sidarta Hendrawan 08.41010.0469."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google