Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Unik Ambar Wati KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL Diskusi adalah suatu proses interaksi verbal secara teratur yang melibatkan sekelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Unik Ambar Wati KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL Diskusi adalah suatu proses interaksi verbal secara teratur yang melibatkan sekelompok."— Transcript presentasi:

1

2 Unik Ambar Wati

3 KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL Diskusi adalah suatu proses interaksi verbal secara teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan tujuan berbagi pengalaman antau informasi, mengkonstruksi konsep, pengambilan suatu keputusan, atau memecahkan masalah.

4 TUJUAN Membimbing diskusi bertujuan agar kegiatan diskusi dapat berjalan dengan lancar, sesuai yang direncanakan guru. Dengan menguasai keterampilan membimbing diskusi, guru diharapkan dapat mengatasi kemungkinan yang tidak diinginkan atau yang dapat menghambat jalannya diskusi.

5 KOMPONEN 1. Memusatkan perhatian siswa 2. Memperjelas masalah yang akan didiskusikan. 3. Menganalisis pandangan siswa. 4. Meningkatkan pertisipasi siswa untuk berpendapat. 5. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi. 6. Menutup diskusi.

6 KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN Yang dimaksud mengajar kelompok kecil adalah proses pembelajaran dimana guru hanya menghadapi sekitar orang siswa. Sepanjang jam pelajaran, guru menghadapi banyak kelompok yang masing-masing punya kegiatan bertatap baik secara kelompok maupun perorangn. Pengajara perorang diartikan sebagai suatu proses pembelajaran diamana siswa dibantu untuk mengembangkan kegiatan belajar sesuai dengan cara dan kemajuan masing-masing.

7 TUJUAN 1. Agar siswa lebih memiliki rasa tanggungjawab. 2. Membantu siswa belajar sesuai dengan kemampuan individu.

8 KOMPONEN 1. Menanamkan kepercayaan siswa. 2. Mengorganisasi kegiatan. 3. Melaksanakan proses pembelajaran. 4. Membimbing belajar siswa. 5. Memberikan fasilitas belajar siswa.

9 KETERAMPILAN MEMBUKA & MENUTUP PELAJARAN KETERAMPILAN MENJELASKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL CONTOH PENGGUNAAN KETERAMPILAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

10 Keterampilan Bertanya Keterampilan memberi Penguatan Keterampilan Mengelola Kelas CONTOH PENGGUNAAN KETERAMPILAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

11 Keterampilan Menjelaskan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Keterampilan Mengadakan Variasi


Download ppt "Unik Ambar Wati KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL Diskusi adalah suatu proses interaksi verbal secara teratur yang melibatkan sekelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google