Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Menurut Michael Burgoon (1978 : 224 ) Adalah interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui,seperti berbagi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Menurut Michael Burgoon (1978 : 224 ) Adalah interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui,seperti berbagi."— Transcript presentasi:

1

2  Menurut Michael Burgoon (1978 : 224 ) Adalah interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui,seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, anggota- anggotanya dapat meningkatkan karakteristik pribadi anggota yang lain secara tepat.

3  Fungsi hubungan sosial, yaitu bagaiman suatu kelompok mampu memelihara dan memantapkan hubungan sosial diantara para anggotanya.  Fungsi pendidikan, yaitu bagaimana sebuah kelompok bekerja untuk mencapai dan mempertikarkan pengetahuan.

4  Fungsi persuasi, yaitu seorang anggota kelompok berupaya memepersuasikan anggota lainnya supaya melakukanu atau tidak melakukan sesuatu.  Fungsi tetap, yaitu membantu setiap individu mencapai perubahan personalnya

5  Fungsi pemecahan masalah dan pembuatan keputusan,yaitu berkaitan dengan solusi yang tidak diketahui sebelumnya, sedangkan pembuatan keputusan berhubungan dengan pemilihan dua atau lebih solusi.

6  Menurut Ronald B. Adler dan George Rodman dalam bukunya Understanding Human Communication, membagi kelompok kecil dalam tiga tipe

7  Kata ‘belajar’ atau learning, tidak tertuju pada pengertian pendidikan sekolah saja, namun juga termasuk belajar dalam kelompok (learning group), seperti kelompok keterampilan, kelompok belajar musik, kelompok bela diri, kelompok diskusi dan sebagainya.

8  Kelompok pertumbuhan memusatkan perhatiannya kepada permasalahan pribadi yang dihadapi para anggotanya. Wujud nyatanya adalah kelompok bimbingan perkawinan, kelompok bimbingan psikologi, kelompok terapi.

9  Kelompok akan memberi akses informasi kepada individu sehubungan dengan masalah yang dialaminya, berupa pengalaman anggota kelompok lain ketika menghadapi masalah yang sama, atau informasi lain yang dapat membantu individu memecahkan masalahnya.

10  Menurut Johnson dan Johnson (2000), ada beberapa tahapan di mana orang akan masuk dalam kelompok

11  Dalam tahapan ini, baik calon anggota maupun kelompok yang akan dimasuki, masing-masing mengadakan evaluasi atau penilaian. Calon anggota akan melihat hal- hal yang menguntungkan, selain yang merugikan di kelompok bersangkutan. Demikian pula, kelompok yang akan dimasuki memberikan informasi-informasi yang sekiranya dibutuhkan oleh calon anggota.

12  Dalam tahapan ini, anggota baru akan menyesuaikan diri dengan hal-hal yang dituntut oleh kelompok. Pada umumnya, anggota baru dalam kelompok belum mendapatkan status dan peran yang cukup penting. Anggota baru perlu memenuhi tuntutan-tuntutan kelompok dan mengikuti norma-norma dan ketentuan yang ada dalam kelompok.

13  Dalam tahapan ini, anggota sudah cukup mapan dalam kelompok, sehingga memungkinkannya memperoleh status dan peran yang berbeda dengan saat berkedudukan sebagai anggota baru. Kelompok juga sudah dapat menerima anggota dengan baik, sehingga interaksinya lebih intens.

14  Dalam perkembangan yang ada, ada kemungkinan anggota mempunyai keraguan terhadap kelompok yang bersangkutan. Anggota mungkin sudah tidak cocok dengan norma-norma yang ada dalam kelompok, sehingga ia tidak sepenuh hati ada dalam kelompok yang bersangkutan.

15  Dalam tahapan ini, anggota yang bersangkutan sudah tidak terikat pada kelompok semula dan ada kemungkinan ia pindah ke kelompok lain. Jika dalam suatu kelompok, tujuan seseorang tidak dapat dicapai, maka ia pindah ke kelompok lain yang mungkin lebih dirasa dapat mencapai tujuannya

16  komunikasi-kelompok.htm komunikasi-kelompok.htm  com/2011/09/komunikasi-kelompok- kecil.html com/2011/09/komunikasi-kelompok- kecil.html  /25372/4/Chapter%20II.pdf /25372/4/Chapter%20II.pdf  tream/ /724/1/NURUL%20FAUZ IAH-FDK.pdf tream/ /724/1/NURUL%20FAUZ IAH-FDK.pdf


Download ppt " Menurut Michael Burgoon (1978 : 224 ) Adalah interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui,seperti berbagi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google