Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WASTU BONDAN SUSANTIYATNO, 2302406003 Efektivitas Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WASTU BONDAN SUSANTIYATNO, 2302406003 Efektivitas Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang."— Transcript presentasi:

1 WASTU BONDAN SUSANTIYATNO, Efektivitas Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WASTU BONDAN SUSANTIYATNO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa Jepang - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - w45tu_kawai pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Yuyun Rosliyah,M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Ai Sumirah Setiawati,S.Pd. M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul Efektivitas Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang

4 Abstrak Proses pembelajaran di sekolah yang berlangsung selama ini hanya berorientasi pada memorisasi bahan-bahan pelajaran dan interaksi belajar mengajar yang berjalan dari satu arah. Guru hanya memberikan materi dan memegang peranan yang dominan serta kurang melibatkan siswa secara aktif. Di lain pihak, siswa hanya melakukan latihan-latihan tertulis dan menghafalkan kata atau tata bahasanya saja, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya kemampuan berbahasa mereka kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu cara atau metode yang bisa membantu siswa untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa Jepang. Selain metode yang tepat, diperlukan juga media yang tepat untuk mendukung proses pengajaran bahasa Jepang. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti bermaksud meliti tentang efektivitas suatu media terhadap penguasaan kosakata, media tersebut adalah srabble. Scrabble merupakan salah satu contoh media yang terdapat dalam metode permainan bahasa. Metode permainan bahasa mempunyai keunggulan, yaitu siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan dan mengasah ketrampilan berbahasa mereka. Sedangkan, media scrabble memiliki keunggulan bahwa setiap pemain dalam permainan ini dipaksa untuk memiliki perbendaharaan kata yang baik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode eksperimen. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan teknik belah dua dengan rumus Spearman-Brown. Berdasarkan hasil analisis hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas kontrol lebih besar dari nilai rata-rata kelas eksperimen. Dan perhitungan menggunakan rumus ttes diperoleh thitung -2,41 lebih kecil dari ttabel 1,67. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media srabble tidak efektif untuk meningkatan penguasaan kosakata pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Semarang.

5 Kata Kunci Efektivitas, Media scrabble, kosakata

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta Danasasmita, Wawan Metodologi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Rizqi Press Darningsih Peningkatan Penguasaan Kosakata Untuk Memahami Wacana Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Permainan Scrabble Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Ampel Boyolali. diakses 31 Januari 2010 jam 9.14 Hayashi, Ooki dkk Nihongo Kyouiku Handobukku. Tokyo: Taishukan Shoten. Matsumura, Akira Daijisen. Tokyo: Shogakukan. Nurgiyantoro, Burhanudin Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Soedjito Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Sudjana, Nana Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sudjianto dan Ahmad Dahidi Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Tarigan, Henry Guntur.1993.Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa diunduh pada tanggal 31 Januari 2010 jam 9.15 pm Yulianti, Fitri Eva Korelasi Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Skripsi: Universitas Negeri Semarang

7 Terima Kasih


Download ppt "WASTU BONDAN SUSANTIYATNO, 2302406003 Efektivitas Scrabble untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google