Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Latar Belakang Masalah Bahasa Inggris merupakan alat untuk komunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Latar Belakang Masalah Bahasa Inggris merupakan alat untuk komunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah."— Transcript presentasi:

1

2 Latar Belakang Masalah Bahasa Inggris merupakan alat untuk komunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan maupun tertulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

3 Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi dan menciptakan komunikasi yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar nantinya mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

4 Rumusan Masalah 1.Bagaimana penerapan Media Audio Visual di tingkat SMK dalam pembelajaran membaca bahasa Inggris? 2.Bagaimana pengaruh Media Audio Visual dalam kempuan membaca ? Tujuan Penelitian 1. Ingin mengetahuibagaimana penerapan Media Audio Visual di tingkat SMK dalam pembelajaran B.Inggris. 2. Ingin mengetahuiseberapa besar Media tersebut mempengaruhi membaca.

5 Kajian Teori Pengertian Membaca Menurut Hodgson dalam buku Tarigan (2008:7) membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tertulis. Suatu proses yang menuru agar kelompok kata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas dan makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui. Kalau hal ini tidak mempengaruhi, pesanyang tersurat dan yang tersirat tidak akan tertangkap atau dipahami, dan proses mambaca itu tidak terlaksana dengan baik.

6 Media Berbasis Visual Media berbasis visual (image) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Bentuk visual dapat berupa (a) gambar representasi, seperti gambar lukisan atau foto yang menunjukan bagaimana tampaknya sesuatu benda, (b) digram yang melukiskan hubungan-hubungan konsep, organisasi, dan struktur isi materi, (c) peta yang menunjukan hubungan ruang diantara unsur-unsur dalam isi materi, (d) grafik, seperti tabel,grafik, dan chart yang menyajikan gambar /kecenderungan data atau antar hubungan separangkat gambar dan angka.

7 Hipotesis H0 = Terdapat perbedaan pada kemampuan membaca siswa kelas X. H1 = Tidak terdapat perbedaan pada kemampuan membaca siswa kelas X.

8 Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yang mana menggunakan quasi eksperimental design untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan efektifitas siswa dalam pelajaran bahasa Inggris dan minat mereka yang diajarkan melalui media visual. Pendekatan dan Metode Penelitian

9 Pendekatan kuantitatif artinya data yang dikumpulkan berupa angka-angka. Metode penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) dengan demikian metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan.

10 Populasi SMK Tri Asyifa Cikampek Sampel Siswa Kelas X SMK Tri Asyifa Cikampek

11 Tempat Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Tri Asyifa Cikampek. Waktu Penelitian dilakukan pada jam pelajaran sampai selesai.

12 Teknik Pengumpulan Data Dalam pengembangan media visual ini cara atau teknik yang digunakan adalah teknik angket atau kuesioner dan teknik dokumentasi.

13 Teknik Analisis Data Menganalisis data melalui Pre-test dan Post-test.

14 DAFTAR PUSTAKA Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Alfabeta, 2013) Kustandi, Cecep. Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2011) Slameto, Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010) kosakata.html?m=1 http;//www.tepus.net/2013/02/pengertian-kosakata- menerut-para-ahli.html?m=1

15 Thank you


Download ppt "Latar Belakang Masalah Bahasa Inggris merupakan alat untuk komunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google