Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

B.WIDIA HAYU SAMAPTA, 2102407006 Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "B.WIDIA HAYU SAMAPTA, 2102407006 Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas."— Transcript presentasi:

1 B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : B.WIDIA HAYU SAMAPTA - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - hayu_zizi pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs. Hardyanto - TGL UJIAN :

3 Judul Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas

4 Abstrak Novel Ombak Sandyakalaning Tamsir A.S. diterbitkan oleh PT. Bina Ilmu Jalan Tunjungan 53-E Surabaya yang cetakan pertamanya dicetak pada tahun 1991 di Surabaya. Karya sastra tersebut menceritakan tentang kehidupan seorang nelayan kecil pesisir Prigi. Karya sastra tersebut mempunyai keistimewaan yang dilihat dari penggambaran situasi cerita yang digambarkan begitu realistik bahkan di setiap detilnya oleh pengarang. Konflik yang timbul diantara para tokoh sangat kompleks sehingga menciptakan alur yang kuat. Hubungan antartokoh, konflik, dan alur yang terdapat dalam Novel Ombak Sandyakalaning bisa dikaji menggunakan skema aktansial dan struktur fungsional dengan teori strukturalisme Greimas. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah skema aktansial dan struktur fungsional dari Novel Ombak Sandyakalaning karya Tamsir A.S. dalam kajian teori strukturalisme model A.J Greimas?, 2) Bagaimana korelasi skema aktansial dan struktur fungsional dalam rangka membentuk cerita utama? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengungkap struktur cerita Ombak Sandyakalaning berdasarkan skema aktansial dan struktur fungsional, 2) mengungkap korelasi skema aktansial dan struktur fungsional yang terdapat dalam cerita Ombak Sandyakalaning untuk membentuk cerita utama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode struktural. Sasaran penelitian ini adalah skema aktan dan struktur fungsional pada Ombak Sandyakalaning. Data penelitian ini berupa peristiwa-peristiwa dan aksi dalam teks Ombak Sandyakalaning yang mengandung skema aktan dan struktur fungsional. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks Ombak Sandyakalaning. Pengumpulan data menggunakan metode membaca heuristik dan teknik catat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui terdapat 12 skema aktan dan struktur fungsional pada Ombak Sandyakalaning. Banyaknya skema aktan yang muncul menandakan banyaknya konflik yang terjadi dalam cerita, dengan konflik dan alur yang begitu kompleks di novel ini maka novel ini sangat cocok dikaji dengan menggunakan teori strukturalisme Greimas. Hasil korelasi skema aktan dan struktur fungsional diketahui bahwa skema aktan simpulan menjadi skema aktan utama. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan peneliti lain mengkaji Ombak Sandyakalaning dengan menggunakan teori sastra lainnya untuk melestarikan karya sastra Jawa.

5 Kata Kunci Skema aktan, struktur fungsional, Novel, Sastra Jawa

6 Referensi Admojo, Wihadi, dan Adnan, Nurlela dkk Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Eagleton, Terry Teori Sastra Sebuah Pengantar Komprehensif, Terjemahan Harfiyah Widiawati & Evi Setyarini.. Yogyakarta: Jalasutra Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra : Epistimologi Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama Fananie, Zainuddin Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Fokkema Teori Abad kedua puluh. Terjemahan J. Praptadiharja & Kepler Silaban. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hani’ah, Abdul Rozak Zaidan, Anita K. Rustapa Kamus Istilah Sastra. Surabaya: Bina Ilmu. Hawkes, Terence Structuralism and Semiotics. California: University of California Press. Jabrohim Pasar dalam Perspektif Greimas. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Jabrohim Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia Kurzweil, Edith Jaring Kuasa Strukturalisme : Dari Levi Strauss Sampai Foucault. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Luxemburg, Jan Van, Mieke Bal dan Willem G. Weststeijn Pengantar Ilmu Sastra. Di-Indonesiakan Dick Hartono. Jakarta: Gramedia. Nurgiantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Pradopo, Rachmat Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta.: Pustaka Belajar. Propp, Vladimir Morfologi Cerita Rakyat (diterjemahan oleh Noriah Taslim) Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik: Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Selden, Raman (ter jemahan Rachmat Djoko Pradopo) Panduan Membaca Teori Sastra Masa Kini. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Sukadaryanto Sastra Perbandingan: Teori, Metode, dan Implementasi. Semarang: Griya Jawi. Suwondo, Tirto “Analisis struktural ‘Danawa Sari Putri Raja Raksasa’: Penerapan Teori A.J Greimas” d alam Majalah Widyaparwa Penerapan Teori A.J. Greimas, nomor 43, Oktober Yogyakarta: Balai Penelitian Bahasa. Teeuw. A Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Teeuw. A Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya Girimukti Pusaka. Widada, Suwadji, Sukardi Mp., Gina, Edi Suwatno. Dwi Sutana, Umar Sidik Kamus Basa Jawa Bausastra Jawa. Yogyakarta: Kanisius

7 Terima Kasih


Download ppt "B.WIDIA HAYU SAMAPTA, 2102407006 Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google