Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Integrated Circuit - IC Difinisi rangkaian terintegrasi (integrated circuit - IC) : “komponen atau elemen mandiri di atas permukaan yang kontinyu membentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Integrated Circuit - IC Difinisi rangkaian terintegrasi (integrated circuit - IC) : “komponen atau elemen mandiri di atas permukaan yang kontinyu membentuk."— Transcript presentasi:

1 Integrated Circuit - IC Difinisi rangkaian terintegrasi (integrated circuit - IC) : “komponen atau elemen mandiri di atas permukaan yang kontinyu membentuk rangkaian yang terpadu”. Komponen atau elemen tersebut dapat berupa diode, transistor, resistor, kapasitor dan lain-lainya terdifinisi di atas wafer silikon atau bahan semikonduktor yang lain. Difinisi rangkaian terintegrasi (integrated circuit - IC) : “komponen atau elemen mandiri di atas permukaan yang kontinyu membentuk rangkaian yang terpadu”. Komponen atau elemen tersebut dapat berupa diode, transistor, resistor, kapasitor dan lain-lainya terdifinisi di atas wafer silikon atau bahan semikonduktor yang lain.

2 IC Monolitik Rangkaian terintegrasi termasuk kelompok “monolitik” jika semua komponen atau elemen (diode, transistor, resistor, kapasitor dan seterusnya) terbuat dan terdifinisi dalam satu permukaan keping semikonduktor yang disebut sebagai “chip”. Rangkaian terintegrasi termasuk kelompok “monolitik” jika semua komponen atau elemen (diode, transistor, resistor, kapasitor dan seterusnya) terbuat dan terdifinisi dalam satu permukaan keping semikonduktor yang disebut sebagai “chip”. Pada IC monolitik semua komponen tersebut dibuat dalam waktu yang bersamaan termasuk interkoneksi antar komponen. Pada IC monolitik semua komponen tersebut dibuat dalam waktu yang bersamaan termasuk interkoneksi antar komponen.

3 IC Hybrid Bentuk lain adalah IC hybrid dimana komponen-komponen dibuat di atas substrat keramik, dihubungkan satu- dengan lainnya dengan kawat halus membentuk rangkaian. Bentuk lain adalah IC hybrid dimana komponen-komponen dibuat di atas substrat keramik, dihubungkan satu- dengan lainnya dengan kawat halus membentuk rangkaian.

4 Bentuk tampilan luar IC komersial

5 Skema rangkaian terintegrasi: a) monolitik dan b) hybrid (a) (b) Interkoneksi

6 Komponen pada Rangkaian Terintegrasi Piranti elektronika merupakan rangkaian elemen aktif seperti transistor dikombinasikan dengan komponen lain seperti resistor, kapasitor dan induktor. Secara praktis masing-masing komponen dapat diproduksi secara terpisah (diskrit) kemudian dirangkaikan dengan menghubungkannya dengan kawat logam. Piranti elektronika merupakan rangkaian elemen aktif seperti transistor dikombinasikan dengan komponen lain seperti resistor, kapasitor dan induktor. Secara praktis masing-masing komponen dapat diproduksi secara terpisah (diskrit) kemudian dirangkaikan dengan menghubungkannya dengan kawat logam. Konsep dasar ini tetap digunakan dalam sistem elektronika-mikro seperti telah direalisasi dalam bentuk IC. Perbedaannya adalah bahwa semua komponen dan interkoneksi antar komponen (komponen pasif) dibuat dalam satu permukaan substrat. Konsep dasar ini tetap digunakan dalam sistem elektronika-mikro seperti telah direalisasi dalam bentuk IC. Perbedaannya adalah bahwa semua komponen dan interkoneksi antar komponen (komponen pasif) dibuat dalam satu permukaan substrat.

7 Skema komponen pasif diskrit pada elektronika-mikro

8 Paket Rangkaian Terintegrasi Monolitik Untuk dapat menghasilkan rangkaian yang kompak dan memerluka catu daya yang rendah diperlukan desain yang tepat. Ada 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu : Untuk dapat menghasilkan rangkaian yang kompak dan memerluka catu daya yang rendah diperlukan desain yang tepat. Ada 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu : 1. Diperlukan suatu rangkaian logika diskrit Gambar Skema gerbang rangkaian logika

9 2. Selanjutnya diperlukan desain IC perlu dibuat rangkaian dengan kepastian posisi pin Gambar : Pembuatan posisi 10 pin eksternal

10 3. Akhirnya dipindahkan ke pola rangkaian monolitik Gambar : Desain pola monolitik


Download ppt "Integrated Circuit - IC Difinisi rangkaian terintegrasi (integrated circuit - IC) : “komponen atau elemen mandiri di atas permukaan yang kontinyu membentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google