Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Macam-macam Skema Warna (Color Scheme) bahrur rosyidi duraisy EDUCATIONAL TECHNOLOGY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Macam-macam Skema Warna (Color Scheme) bahrur rosyidi duraisy EDUCATIONAL TECHNOLOGY."— Transcript presentasi:

1 Macam-macam Skema Warna (Color Scheme) bahrur rosyidi duraisy EDUCATIONAL TECHNOLOGY

2 1. SKEMA WARNA MONOKROMATIK (monochromatic color scheme) komposisi yang berasal dari satu warna dengan intensitas yang berbeda. menciptakan suasana sesuai dengan persepsi warna dasar yang digunakan. misalnya, merah, merah muda, dan merah tua/merah gelap.

3 1. SKEMA WARNA MONOKROMATIK (monochromatic color scheme) o Menggunakan satu warna yang sama pada roda warna dalam beberapa shades (gelap), tints (terang), atau tones akan memberikan penampilan yang berbeda pada kombinasi warna monochromatic. o Shades adalah warna murni atau hue yang dicampurkan dengan warna hitam. o Tints adalah warna murni atau hue yang dicampurkan dengan warna putih. o Tones adalah warna murni atau hue yang dicampurkan dengan warna abu- abu. o Warna ini memberikan kesan bersih dan elegan.

4 2. SKEMA WARNA SALING MELENGKAPI / KOMPLEMENTER (complementary color scheme) Kombinasi warna-warna yang tepat berseberangan dalam lingkaran warna. Perpaduannya memiliki kekuatan warna yang berimbang dan saling melengkapi. Bersifat kontras dan menghidupkan suasana. Contohnya, merah dengan hijau, kuning dengan ungu, atau biru dengan oranye.

5 2. SKEMA WARNA SALING MELENGKAPI / KOMPLEMENTER (complementary color scheme) o Dalam skema ini, semua warna yang digunakan adalah warna yang saling berlawanan pada roda warna. o Mata manusia cenderung tertarik pada sesuatu dengan warna komplementer. o Warna skema mungkin melibatkan warna kombinasi. o Pasangan komplementer mencakup biru dan oranye, merah dan hijau, dan ungu dan kuning. o Skema warna dengan menggunakan pasangan yang saling melengkapi dapat menggunakan berbagai tingkat kecerahan dan kejenuhan untuk meningkatkan berbagai warna

6 3. SKEMA WARNA ANALOG (Analog Color Scheme) Kombinasi warna-warna bersebelahan atau berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini menciptakan keselarasan karena perpindahan antar satu warna dengan warna lain berlangsung dengan halus, tidak terlalu kontras. Misalnya, kuning, kuning jingga, dan jingga.

7 3. SKEMA WARNA ANALOG (Analog Color Scheme) o Skema warna yang analog menggunakan satu warna pada roda warna dan dua warna di sebelahnya. o Salah satu contoh skema warna Analog hangat (merah, oranye dan kuning) atau dingin (biru, ungu dan hijau). o Pendekatan skema analog yaitu memilih warna, 3 sampai 5 warna yang berdekatan satu sama lain dalam diagram roda warna.

8 4. SKEMA WARNA TRIADIC (Triadic color scheme) Tiga warna yang memiliki jarak yang sama antar masing-msing dalam lingkaran warna. Yang termasuk skema warna triad diantaranya yaitu oranye, hijau, dan ungu. Tiga warna primer merah, biru, serta kuning juga termasuk kedalam kelompok warna triad. Warna-warna tersebut memiliki intensitas yang sama kuatnya.

9 4. SKEMA WARNA TRIADIC (Triadic color scheme) o Salah satu skema warna adalah skema Triadic, dimana skema warna Triadic memiliki kombinasi tiga hue yang relatif berjarak sama dalam color wheel. o Gambar di samping merupakan contoh dari skema warna Triadic, dimana terdapat tiga kombinasi hue yaitu hue warna merah, kuning dan hue warna biru. o Ketiga hue ini merupakan warna primer sehingga memiliki jarak yang sama dalam color wheel. o Warna kuning pada kulit menggambarkan kehangatan ditunjang dengan warna merah pada latar yang memperkuat gambar memiliki sifat yang panas. o Warna biru pada pakaian yang bersifat dingin memecah suasana panas pada gambar tersebut. Dari ketiga kombinasi hue pada gambar tersebut menimbulkan kesan yang dinamis.

10 5. SKEMA WARNA TETRADIC (Tetradic color scheme) Komposisi empat warna Memiliki jarak sama satu sama lain dalam lingkaran warna. Contohnya, merah, oranye-kuning, hijau, dan biru-ungu.

11 5. SKEMA WARNA TETRADIC (Tetradic color scheme) o Skema warna tetradic adalah Teori skema warna melibatkan dua pasangan yang saling melengkapi secara bersamaan. o Jika persegi panjang digambar di atas roda warna, dua pasangan yang saling melengkapi sentuhan sudut akan menjadi dasar untuk skema warna triadic. o Skema warna tetradic ialah skema warna yang kompleks dan beragam. o Skema warna tetradic disebut juga sebagai ganda komplementer karena menggunakan dua set warna komplementer. o Meskipun ada standar untuk untuk memastikan warna tersebar merata. o Meskipun skema ini bisa terlihat bervariasi dan berwarna-warni, tetapi sulit untuk menyeimbangkannya.

12 6. SKEMA WARNA SPLIT KOMPLEMENTER (Split complementary color scheme) Warna SPLIT komplementer terbagi serupa dengan itu hanya saja ia menggunakan 3 warna. Ambil satu warna yang diinginkan, dan gunakan 2 warna yang letaknya berdampingan dengan warna komplementer si warna terkait.

13 6. SKEMA WARNA SPLIT KOMPLEMENTER (Split complementary color scheme) o Skema ini adalah kombinasi warna-warna yang saling bersebrangan letaknya dalam lingkaran warna. o Split komplementer menggunakan satu warna dan dua warna di sisi objek yang melengkapi. o Warna primer adalah merah, kuning dan biru. Warna-warna sekunder ungu, hijau dan oranye. o Warna di antara warna-warna primer dan sekunder disebut warna tersier. Contoh : Merah dan hijau, Kuning kehijauan dan ungu kemerahan Skema warna.

14 7. SKEMA WARNA PERSEGI (Square color scheme) Skema warna persegi menggunakan 4 warna yang menyerupai bentuk segi empat teratur alias persegi. Dalam roda warna dasar, warna persegi dapat dibentuk dengan memilih 1 warna kemudian mengambil 1 warna lagi sesudah melewati 2 warna dan dilakukan lagi sebanyak 2 kali, sehingga Anda akan mendapatkan 4 warna yang posisinya membentuk persegi.

15 7. SKEMA WARNA PERSEGI (Square color scheme) o Skema warna persegi mirip dengan skema warna tetradic, tetapi dengan empat warna spasi secara merata di sekitar lingkaran warna. o Skema warna persegi ialah skema warna yang paling kompleks dan beragam. o Skema warna ini akan lebih baik jika membiarkan satu warna menjadi dominan. o Penggunaanya harus memperhatikan keseimbangan antara warna- warna hangat dan sejuk dalam desain yang akan kita buat.

16 Referensi : &


Download ppt "Macam-macam Skema Warna (Color Scheme) bahrur rosyidi duraisy EDUCATIONAL TECHNOLOGY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google