Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STANDARISASI PENDIDIKAN Oleh : Kelompok 3 SMPN 13 Kota Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STANDARISASI PENDIDIKAN Oleh : Kelompok 3 SMPN 13 Kota Malang."— Transcript presentasi:

1 STANDARISASI PENDIDIKAN Oleh : Kelompok 3 SMPN 13 Kota Malang

2 PENGERTIAN Standar & Standarisasi standar adalah ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan. Sedangkan standarisasi merupakan proses penentuan kriteria minimal yang harus dimiliki oleh suatu organisasi atau suatu lembaga tertentu.

3 P ENDIDIKAN M.J. Langeveld (1995) : Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

4 S TANDAR N ASIONAL P ENDIDIKAN (SNP) Menurut Peraturan Pemerintah no 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang dimaksud dengan Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria mimimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia

5 R UANG L INGKUP SNP 1. Standar isi; 2. Standar proses; 3. Standar kompetensi lulusan; 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan; 5. Standar sarana dan prasarana; 6. Standar pengelolaan; 7. Standar pembiayaan;dan 8. Standar penilaian pendidikan.

6 S TANDAR I SI Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

7 S TANDAR P ROSES Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Setiap satuan pendidikan melakukan 1. perencanaan proses pembelajaran, 2. pelaksanaan proses pembelajaran, 3. penilaian hasil pembelajaran, dan 4. pengawasan proses pembelajaran

8 S TANDAR K OMPETENSI L ULUSAN Standar kompetensi lulusan adalah standar yang digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan Standar kompetensi lulusan meliputi 1. Kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran dan 2. Kompetensi mata kuliah atau kelompok mata kuliah

9 S TANDAR P ENDIDIK & T ENAGA K EPENDIDIKAN Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

10 S TANDAR SARANA DAN PRASARANA Standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi.

11 S TANDAR PENGELOLAAN Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pandidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan

12 S TANDAR PEMBIAYAAN Standar pembiayaan pendidikan adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.

13 S TANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dilakukan oleh : 1. Pendidik (tiap mata pelajaran) 2. Satuan pendidikan (semua mata Pelajaran) 3. Pemerintah (Nasional/UNAS)

14 F UNGSI DAN T UJUAN S TANDARISASI (M ENURUT PP 19/2005) Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global (Pasal 2 Ayat 3) Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu (Pasal 3) Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat (Pasal 4)

15 P ENDIDIKAN YANG B ERKUALITAS Pendidikan yang berkualitas merupakan hasil dari proses pendidikan yang di dalamnya terjadi interaksi secara optimal, efektif, dan efisien antara komponen – komponen pendidikan.


Download ppt "STANDARISASI PENDIDIKAN Oleh : Kelompok 3 SMPN 13 Kota Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google