Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”. ETIKA BISNIS ISLAM Islam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”. ETIKA BISNIS ISLAM Islam."— Transcript presentasi:

1 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”. ETIKA BISNIS ISLAM Islam juga tidak memisahkan akhlak dengan ekonomi

2 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam “Pedagang yang jujur dan dapat dipercaya termasuk dalam golongan para nabi, orang-orang yang benar-benar tulus dan para syuhada.” (HR. Tirmidzi, Darimi dan Daraquthni). “Allah memberikan rahmat-Nya kepada setiap orang yang bersikap baik ketika menjual, membeli dan membuat suatu pernyataan.” (HR. Bukhari)

3 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam Norma Dalam Ekonomi Dan Muamalat Islami Kita Akan Menemukan Empat Sendi Utama 1.Ekonomi Islam adalah ekonomi yang berlandaskan ketuhanan 2.Dalam Islam tidak boleh membedakan antara ekonomi dengan etika sebagaimana tidak dapat memisahkan ilmu dengan akhlak, politik dengan etika dan sebagainya 3.Tujuan ekonomi Islam adalah menciptakan kehidupan manusia yang sejahtera dan bahagia 4.Sendi utama dari ekonomi Islam adalah sifat pertengahan

4 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam “ Hai orang-orang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat Jum’at maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli”

5 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam Zuhud adalah suatu ide dan keyakinan yang menekankan perhatian manusia untuk tidak larut dalam kemegahan dunia serta syahwat dan selalu memprioritaskan kehidupan akhirat (Qhardhawi,1995: 63)

6 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang- binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba- hamba-Nya”. (Q.S. Ali Imran 14-15)

7 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam Dunia adalah penjara bagi orang Mukmin, dan surga bagi orang kafir. (H.R.Muslim dan Abu Hurairah)

8 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam “Alangkah indahnya kehidupan ini apabila seorang penggergaji menjadikan gergajinya sebagai tasbihnya, seorang petani menjadikan cangkulnya sebagai tasbihnya, dan tukang besi menjadikan palunya sebagai tasbihnya” (Qhardhawi, 1995: 65)

9 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam Berbagai praktek mal-Bisnis dalam Islam meliputi : 1.Riba 2.Mengurangi timbangan atau takaran 3.Gharar 4.Penipuan (al-Ghabn) 5.Penimbunan 6.Monopoli

10 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam 25 Ciri Etos Kerja Muslim: 1. Mereka kecanduan terhadap waktu 2. Mereka memiliki moralitas yang bersih (ikhlas) 3. Mereka kecanduan kejujuran- jujur terhadap diri sendiri 4. Mereka memiliki komitmen (aqidah, aqad, i’tiqad) 5. Istiqomah, kuat pendirian 6. Mereka kecanduan disiplin 7. Konsekuen dan berani menghadapi tantangan (challenge) 8. Mereka memiliki sikap percaya diri 9. Mereka orang yang kreatif 10. Mereka tipe orang yang bertanggung jawab

11 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam 11.Mereka bahagia karena melayani 12.Mereka memiliki harga diri 13.Memiliki jiwa kepemimpinan 14.Mereka berorientasi ke masa depan 15.Hidup berhemat dan efisien 16.Memiliki jiwa wiraswasta 17.Memiliki insting bertanding 18.Keinginan untuk mandiri 19.Mereka kecanduan belajar dan haus mencari ilmu 20.Memiliki semangat perantauan 21.Memperlihatkan kesehatan dan gizi 22.Tangguh dan pantang menyerah 23.Berorientasi pada produktivitas 24.Memperkaya jaringan silaturahmi 25.Mereka memiliki semangat perubahan (spirit of change)

12 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam Adapun tujuan diwajibkannya umat Islam bekerja adalah : 1.Untuk dapat mencukupi kebutuhan hidupnya di dunia ini 2.Untuk mencapainya kebahagiaan keluarga 3.Untuk membangun kemaslahatan umat 4.Untuk memakmurkan dan memanfaatkan bumi seisinya yang diperuntukkan bagi umat manusia

13 BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam SISTEM ETIKA ISLAM Enam Sistem Etika : 1.Relativisme (Kepentingan Pribadi) 2.Utilitarianisme (Kalkulasi untung atau rugi) 3.Universalisme (Kewajiban) 4.Hak (Kepentingan Individu) 5.Keadilan Distributif (Keadilan dan kesetaraan) 6.Hukum Allah (Al-Qur’an)


Download ppt "BAB VII ETIKA BISNIS ISLAM ekonomi islam ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”. ETIKA BISNIS ISLAM Islam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google