Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN STRATEGIK Oleh: Juhari, SE, MM. Juhari, SE, MM Alamat : Jalan Sanggul Dewa No. 55 (Dekat Hotel Wisma Jaya) Pangkalpinang Hp : 0852 67029330.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN STRATEGIK Oleh: Juhari, SE, MM. Juhari, SE, MM Alamat : Jalan Sanggul Dewa No. 55 (Dekat Hotel Wisma Jaya) Pangkalpinang Hp : 0852 67029330."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN STRATEGIK Oleh: Juhari, SE, MM

2 Juhari, SE, MM Alamat : Jalan Sanggul Dewa No. 55 (Dekat Hotel Wisma Jaya) Pangkalpinang Hp :

3 KONTRAK BELAJAR NO SANDAL NO T-shirt DON’T BE LATE

4 Metode pembelajaran yang digunakan adalah kombinasi dari:  Ceramah.  Diskusi.  Latihan

5 Penilaian Absensi : 15% UTS: 30% Tugas/diskusi/kuis: 10% UAS: 45%

6 Deskripsi: Konsep dunia usaha dan perusahaan dalam lingkungan yang kompleks dan menjadi perangkat pedoman bagi manajemen dalam mengelola perusahaan. Kedudukan pasar produk, arah pertumbuhan dan perubahan yang hendak dituju, alat-alat persaingan dan cara-cara memasuki pasar baru, memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan usaha mencari kesempatan yang masih terbuka, serta usaha-usaha menghindarkan kelemahan- kelemahan ancaman - yang mungkin terjadi dimasa mendatang.

7

8 1.KONSEP DASAR MANAJEMEN STRATEGIK a.Magna strategi b.Definisi strategi c.Definisi manajemen strategi d.Manfaat manajemen strategi e.Model dan proses manajemen startegi 2.FORMULASI STRATEGi a.Visi & misi bisnis b.Penilaian internal dan eksternal c.Lingkungan global d.Penentuan strategi e.Analisis dan pilihan strategi POKOK BAHASAN :

9 3. Analisis Strategi (Internal dan Eksternal) 4. Analisis Lingkungan Global (2 Sesi) 5. Penentuan strategi dan Analisis Pemilihan Strategi 6. Meraih Keunggulan Bersaing Melalui Operasi 7. Implementasi Strategi 8. Pengendalian dan Evaluasi Strategik

10 Makna Strategi Kata strategi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata "strategos" yang berarti "kepemimpinan militer". Kepemimpinan militer atau strategi dalam konteks awal adalah sesuatu yang dikerjakan para pemimpin militer (jenderal) untuk memenangkan pertempuran. Dalam hal itu, sang jenderal harus membuat rencana, keputusan, dan tindakan berdasarkan pemahaman keadaan eksternal dan internal. Keadaan eksternal meliputi lingkungan medan perang, posisi musuh, kekuatan dan kelemahan musuh, serta kemungkinan terjadinya perubahan keadaan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang akan dihadapi pasukan. Sedangkan lingkungan internal meliputi antara lain sumber daya yang tersedia, karakteristik pasukan, dan semangat pasukan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kekuatan clan kelemahan pasukan (DR. Yogi, MS, 2007 :1) MATERI POKOK 1 : Konsep-Konsep Dasar Manajemen Strategik

11 Menurut Cuno Pumpin (1995) ilmu strategi berasal dari buku "Seni Berperang "yang ditulis oleh Sun Tzu. la seorang jenderal Tiongkok yang hidup pada 2500 tahun yang lalu. Ilmu strategi yang diajarkan oleh Sun Tzu banyak diikuti oleh para jenderal untuk memenangkan pertempuran, dan umumnya banyak yang sukses. Hal itu menyebabkan kaidah- kaidah seni berperang dari Sun Tzu banyak dipakai oleh para jenderal sampai saat sekarang. Salah satu pernyataan penting mengenai strategi berperang dari Sun Tzu adalah sebagai berikut : "para penakluk membuat perkiraan dalam kuil mereka sebelum perang dimulai. Mereka mempertimbangkan semuanya. Yang ditaklukkan juga membuat perkiraan sebelum perang; topi mereka tidak memperkirakan semuanya. Perkiraan menyeluruh mendapatkan kejayaan. Perkiraan tidak menyeluruh menciptakan kegagalan. Ketika kami melihat dari sisi ini, jelas terlihat siapa yang akan menang dalam peperangan ". Pernyataan tersebut maknanya sama dengan pernyataan William F. Glueck dan Lawrence R. Jauch,(1988), pakar manajemen strategi. Mereka menyatakan: "strategi adalah sebuah rencana yang disatukan, luas dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulan perusahaan dengan tantangan lingkungan serta dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi".

12 Persamaan Antara Jenderal dan manager : Seorang jenderal diberi kedudukan dan fasilitas untuk memenangkan pertempuran melalui strateginya. Seorang manajer diberi kedudukan dan fasilitas untuk menyukseskan tujuan perusahaan melalui strateginya. Strategi yang baik dan seorang jenderal dapat memenangkan pertempuran, sedangkan yang kurang baik dapat mengalami kekalahan. Demikian pula manajer yang strateginya baik dapat menyukseskan perusahaan, sedangkan strategi yang kurang baik dapat menghasilkan kegagalan. Pemahaman mengenai persamaan antara jenderal dan manajer dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini : JENDERALSTRATEGI MENANG KALAH MANAGERSTRATEGI SUKSES GAGAL Gambar 1.1. Persamaan antara jenderal dan manajer dalam strategi

13 Dari gambar terlihat bahwa jenderal adalah penentu dari strategi. Dalam penentuan strategi tersebut dapat membawa kemenangan atau kekalahan dari suatu pertempuran. Demikian pula manajer adalah penentu dari strategi. Penentuan tersebut dapat membawa kesuksesan atau kegagalan bagi perusahaan. Keinginan untuk mencapai kemenangan bagi jenderal dan kesuksesan dari manajer merupakan tujuan dari strategi. Dengan demikian pola strategi dapat digambarkan seperti pada Gambar 1.2.

14 Gambar 1.2. Pola Strategi

15 DEFINISI STRATEGI Setiap pakar mendefinisikan strategi secara berbeda- beda, tetapi pada intinya adalah sama seperti yang dijelaskan pada makna strategi. Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck (1988) mendefinisikan strategi adalah: "a strategy is unified, comprehensive, and integrated plan that the relates the strategic advantages of the firm to the challenges of the environment and that is designed to ensure that the basic objective of the enterprise are achieved through proper execution by the organisation" Dengan demikian strategi menurut Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck adalah: "strategi adalah sebuah rencana yang disatukan, luas dan terintegrasi yang menghubungkan perusahaan dengan tantangan lingkungan serta dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi“. William Stanton mendefinisikan strategi adalah : "a strategy is board, basic plan of action by which an organisation intends to reach its goals". Arti strategi tersebut adalah: "rencana dasar yang luas dari suatu tindakan organisasi untuk mencapai tujuan,

16 Sedangkan menurut J. Salusu yang mengutip dari pemahaman Me. Nichols adalah: "strategi adalah suatu seni menggunakan kecakapan dan sumberdaya suatu organisasi untuk mencapai sasarannya melalui hubungan yang efektif dengan lingkungan dalam kondisi yang paling menguntungkan ". Lawrence R, Jauch, William F. Glueck, dan William Stanton mengartikan strategi adalah rencana untuk mencapai tujuan, sedangkan J. Salusu menyatakan suatu seni mencapai sasaran dengan melihat lingkungan dan kondisi. Dari ketiga pendapat dan pola strategi yang dikemukakan dalam uraian ten tang makna strategi di depan maka dapat kita definisikan: strategi adalah usaha untuk mencapai tujuan dengan melihat dan memadukan lingkungan eksternal serta internal sehingga menghasilkan rencana, keputusan dan tindakan yang tepat. (Manajemen Stratejik Terapan, Dr. Yogi, MS: 2007, 6)

17 DEFENISI MANAJEMEN STRATEGI Setiap pakar mendefinisikan manajemen strategi secara berlainan. Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck (1988) mendefinisikan manajemen strategi sebagai berikut : "strategic management is a stream of decisions and action which leads to development of an effective strategy or strategies to help achieve objectives. The strategy management process is the way in which strategic determine objectives and make strategic decisions" Dengan demikian, menurut Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck: "manajemen strategi merupakan arus keputusan dan tindakan yang mengarahkan pengembangan suatu strategi yang efektif atau strategis untuk mencapai sasaran perusahaan. Proses manajemen strategi adalah suatu cara bagaimana suatu strategi menentukan sasaran dan membuat keputusan strategis"

18 Sedangkan Thomas L. Wheelen dan J. David Hunger (1983) mendefinisikan manajemen strategi sebagai berikut: "strategic management is that set managerial decisions and actions that determine the long-run performance of corporation, its includes strategy formulation, strategy implementation and evaluation" Dengan demikian manajemen strategi didefinisikan sebagai berikut: "Manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, termasuk formulasi strategi, implementasi dan evaluasi. Sedangkan menurut Suwarsono (1996) definisinya sebagai berikut: "manajemen stratejik dapat diartikan sebagai usaha manajerial menumbuhkembangkan kekuatan perusahaan untuk mengekploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan ". Dari uraian manajemen strategi yang telah dikemukakan, setiap pakar mendefinisikan manajemen strategi yang berbeda. Tetapi bila kita simak dari definisi-definisi tersebut maka manajemen strategi merupakan pengelolaaii strategi yang bersifat jangka panjang untuk mencapai sasaran perusahaan dalam jangka panjang.

19  Memberi Arah Pencapaian Tujuan Organisasi  Mengantisipasi Perubahan  Membantu Memikirkan Kepentingan Berbagai Pihak  Meningkatkan Keterlibatan Berbagai Pihak  Menghindari Tumpang Tindih Kegiatan  Meningkatkan efektivitas dan efesiensi TAHAPAN MANAJEMEN STRATEGI Penerapan manajemen strategi dalam manajemen perusahaan melewati beberapa tahapan. Hal itu sesuai dengan perkembangan dan pemahaman perusahaan akan pentingnya penerapan manajemen strategis. Tahapan-tahapan manajemen strategis adalah sebagai berikut :  anggaran  perencanaan jangka panjang  perencanaan strategik  manajemen strategik MANFAAT MANAJEMEN STRATEGI

20 Gambar 1.3 Tingkatan Strategi Di dalam Perusahaan Sumber : Robert M. Grant, “Cotemporary Strategy Analysis” second edition blackwell publisher, P.43.

21 Gambar. 1.4 Struktur Manajer Strategik Alternatif Sumber : John A Pearce II & Richard B. Robinson, JR, “Strategic Management Formulation, Implementation, And Control

22 Tabel. 1.5 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Formalitas Manajemen Strategi

23 Gambar 1.6 Hirarki dari tujuan dan strategi

24 Sumber : John A. Pearce II, hal. 12 Gambar 1.7 Model Manajemen Strategik

25 Model dalam Gambar 1.7. menyajikan tiga fungsi utama, yaitu : 1.Model ini menggambarkan urutan dan hubungan dari unsur-unsur utama dari proses manajemen strategik. 2.Mode! ini memberikan suatu pandangan umum dari proses manajemen strategik, dan komponen utama dari model yang merupakan tema pokok dari materi berikutnya. 3.Model ini menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis kasus manajemen strategik dan dengan demikian membantu analis mengem- bangkan keterampilan formulasi strategi.

26 Gambar 1.8 Proses manajemen Strategi Sumber : Setiawan HP dan Zulkiflimansyah, Manajemen Strategi, hal. 20, 1999

27 Sumber : John A Pearce II & Richard B. Robinson,JR “Strategic Management”, Jilid 1.

28 Sumber : Fred R David, Strategic Management, 2008 : 173

29 1.Dikerjakan mandiri dan dikumpulkan 2.Susunlah proses strategi menurut tempat bekerja saudara atau yang lainnya Tugas


Download ppt "MANAJEMEN STRATEGIK Oleh: Juhari, SE, MM. Juhari, SE, MM Alamat : Jalan Sanggul Dewa No. 55 (Dekat Hotel Wisma Jaya) Pangkalpinang Hp : 0852 67029330."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google