Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. KEJUJURAN Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya dan apa adanya, tidak di tambahi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. KEJUJURAN Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya dan apa adanya, tidak di tambahi."— Transcript presentasi:

1 PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA

2 KEJUJURAN Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya dan apa adanya, tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang. Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia.

3 Pengertian dan Arti Jujur – Jujur jika diartikan secara baku adalah “mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran”. Namun permasalahan yang hingga saat ini masih menjadi fenomena dikalangan mahasiswa yaitu, budaya ketidakjujuran. Fakta menunjukkan bahwa, budaya ketidakjujuran kian menggejala di kalangan mahasiswa. Bahkan akar dari masalah korupsi, kolusi dan nepotisme di Indonesia adalah murni dari faktor ketidakjujuran pada waktu menjadi mahasiswa

4 Dalam ruang lingkup akademis pada hakikatnya untuk membangun sebuah karakter disiplin dan penempaan moral yang lebih baik, meliputi salah satunya adalah penanaman sikap kejujuran di lingkup akademis. Contoh : Dalam menjalankan tugas akhir program mahasiswa diharuskan menyelesaikan tugas dalam jangka waktu yang ditentukan, siswa tersebut bingung apa yang harus dia lakukan sementara tugas belum selesai secara keseluruhan, akhirnya mahasiswa tersebut menghalalkan segala cara dengan melakukan plagiat. Siswa tersebut bohong untuk mendapat nilai yang bagus.

5 Beberapa contoh budaya ketidakjujuran mahasiswa, misalnya: 1.Mencontek 2.Plagiasi (penjiplakan karya tulis) 3.Tidak hadir dalam perkuliahan Pertama, contoh budaya ketidakjujuran mahasiswa adalah perilaku mencontek, Kedua, perilaku ketidakjujuran mahasiswa adalah fenomena plagiasi (penjiplakan karya tulis)

6 Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues): yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak

7 PENDIDIKAN Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. KEJUJURAN Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

8 Kejujuran : bersikap jujur = memiliki integritas moral yang baik. Namun, dewasa ini mengharapkan sikap jujur itu seperti “Bagai jauh panggang dari api” Mengedepankan sifat jujur berkaitan erat dengan nilai- nilai yang ada di dalam pancasila (terutama dalam isi sila ke 2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab”). Karena Kejujuran sangat berhubungan dengan manusia. Ketika kita mempunyai sifat jujur, kita akan dihargai dan disayangi oleh setiap orang. Jadi, Milikilah Kejujuran maka Damai dan Kebahagiaan akan didaptkan meskipun banyak orang yang tak suka.

9

10 HERE WE ARE : PRICELIA ATIKA MARIA ASTRI PUTRI GRACESIA FERALUSI TNUNAI HERLIALAN PURBA EVELIN TAMPUBOLON


Download ppt "PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. KEJUJURAN Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya dan apa adanya, tidak di tambahi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google