Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Video Recording NURUL MUSAWATIRA P. Pergerakan dalam Video Suatu usaha menciptakan gambar-gambar menarik dengan disertai pergerakan kamera sebagai perekam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Video Recording NURUL MUSAWATIRA P. Pergerakan dalam Video Suatu usaha menciptakan gambar-gambar menarik dengan disertai pergerakan kamera sebagai perekam."— Transcript presentasi:

1 Video Recording NURUL MUSAWATIRA P

2 Pergerakan dalam Video Suatu usaha menciptakan gambar-gambar menarik dengan disertai pergerakan kamera sebagai perekam obyek dalam bidikan, agar hasilnya terlihat lebih menarik dan menimbulkan kesan dramatik dari obyeknya. Menggerakkan kamera ke arah sudut tertentu dengan harapan dapat menghasilkan karakter pergerakan dari gambar yang menceritakan suatu peristiwa tertentu atau semacam pergerakan gambar dalam suatu scene tertentu.

3 Jenis Pergerakan Kamera 1.Camera distance 2.Camera position 3.Camera angle 4.Camera Movement

4 Camera Distance Establingshing Shot (ES) Pengambilan gambar/shooting yang di ambil dari jarak yang sangat jauh atau dari pandangan mata burung, biasanya untuk membangun pengetahuan dimana lokasi kejadian. Long Shot (LS) Shooting dilakukan dari jarak jauh, tetapi tidak sejauh establish shot.digunakan untuk penekanan terhadap lingkungan sekitar atau setting dalam scene.

5 Camera Distance Medium Shot (MS) Shooting untuk membuat frame actor. Biasanya dilakukan dari pinggang ke atas. Medium shot (MS) bias digunakan untuk membuat focus terhadap 2 orang actor yang saling berhadapan dan beinteraksi,missalnya: debat, berpelukan dan sebagainya. Over The Shoulder Shot (OSS) Shooting Untuk mengambil gambar actor melalui pundak actor yang lain,digunakan ketika para actor saling bertatapan muka satu sama lain.contoh salah satu actor berbicara kepada actor yang lain sedangkan yang lain mendengarkan.

6 Camera Distance Close-Up (CU) Shoting diambil dari jarak dekat. Biasanya focus kepada wajah,digunakan untuk memperlihatkan ekspresi wajah/mimic dari actor. Memperhatikan detail objek,atau untuk mengarahkan audience pada suatu elemen yang dipentingkan.

7 Establingshing Shot

8 Close Up

9 Over The Shoulder Shot

10 Medium Shot

11 Long Shot

12 Camera Position Bird Eye View Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan

13 Camera Position High Angle Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai “kerdil”

14 Camera Position Low Angle Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan.

15 Camera Position Eye Level Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.

16 Camera Position Frog Eye Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak

17 Camera Angle Eye Level Kamera ditempatkan sejajar dengan mata object. Dalam hal ini object nya adalah manusia. Jika objectnya adalah benda (atau dll)

18 Camera Angle High Angel Kamera ditempatkan lebih tinggi dari object. Jika pengambilannya dari helikopter, teknik ini biasa disebut dengan helishoot. Jenis angel ini disebut dengan eagle/bird eye

19 Camera Angle Low Angel Kamera ditempatkan lebih rendah dari object

20 Camera Movement Zoom in: kamera tetap, lensa bergerak (zoom) maju mendekatkan focus perhatian subyek/ obyek (in) Zoom out: kamera tetap, lensa bergerak (zoom) mundur menjauh focus perhatiansubyek/ obyek (out)

21 Camera Movement (Pergerakan Body Camera) Pan/ planning: putaran kamera horizontal dari titik sumbu tertentu. Pan right/kanan dan pen left/kiri Tilt: putaran kamera vertical dari titik sumbu tertentu Tilt up/atas dan tilt down/bawah

22 Camera Movement (Pergerakan Body Camera) Track/ dolly: hasil dari gerakan seluruh kamera. Tidak terpancang di satu titik posisi Following: gerakan kamera mengikuti objek atau aktor

23 Camera Movement (Pergerakan Body Camera) Arc: perpindahan kamera yang membuat gerakan melingkar. Arc ke semua perangkat camera ikut bergerak Ped: pergerakan kamera ke atas dan ke bawah pada satu titik poros

24 Camera Movement (Pergerakan Body Camera) Crane: gerakan kamera meninggi atau merendah, menggunakan alat yang disebut crane

25 Terima Kasih


Download ppt "Video Recording NURUL MUSAWATIRA P. Pergerakan dalam Video Suatu usaha menciptakan gambar-gambar menarik dengan disertai pergerakan kamera sebagai perekam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google