Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nia Septiannie Anugrah, S.Psi.  SUATU PROSES DIMANA SESEORANG MEMBEDAKAN SUATU RANGSANG DENGAN RANGSANG LAINNYA SERTA BERUSAHA MEMBERIKAN INTERPRETASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nia Septiannie Anugrah, S.Psi.  SUATU PROSES DIMANA SESEORANG MEMBEDAKAN SUATU RANGSANG DENGAN RANGSANG LAINNYA SERTA BERUSAHA MEMBERIKAN INTERPRETASI."— Transcript presentasi:

1 Nia Septiannie Anugrah, S.Psi

2  SUATU PROSES DIMANA SESEORANG MEMBEDAKAN SUATU RANGSANG DENGAN RANGSANG LAINNYA SERTA BERUSAHA MEMBERIKAN INTERPRETASI TERHADAP ARTI DARI RANGSANG TERSEBUT. (MORGAN)  PERSEPSI DALAM KAITANNYA DENGAN LINGKUNGAN, YAITU SEBAGAI PROSES DI MANA INDIVIDU MENGORGANISASIKAN DAN MENAFSIRKAN KESAN INDERA MEREKA AGAR MEMBERI MAKNA KEPADA LINGKUNGAN MEREKA. (ROBBINS)  PERSEPSI SECARA UMUM DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI PANDANGAN SESEORANG TERHADAP SESUATU YANG AKAN MEMBUAT RESPON BAGAIMANA DAN DENGAN APA SESEORANG AKAN BERTINDAK.

3  Persepsi berarti analisis mengenai cara mengintegrasikan penerapan kita terhadap hal- hal di sekeliling individu dengan kesan-kesan atau konsep-konsep yg sudah ada, dan selanjutnya mengenali benda tersebut.  Contoh; individu baru pertama kali menjumpai buah yang sebelumnya tidak ia kenali, dan kemudian ada yg memberitahu bahwa buah itu adalah namanya MANGGA. Individu kemudian mengamati serta menelaah bentuk,rasa,warna,dsb. Lalu timbul konsep mengenai mangga dalam benak/memori individu. Pada kesempatan lainnya, saat menjumpai buah yg sama,maka individu akan menggunakan kesan-kesan dan konsep yg telah dimiliki utk mengenali bahwa yg ia lihat itu adalah buah mangga.

4 1. Tahap penerimaan stimulus,baik stimulus fisik maupun stimulus sosial melalui alat indera manusia, yang dalam proses ini mencakup pula pengenalan dan pengumpulan informasi tentang stimulus yg ada. 2. Tahap pengolahan stimulus sosial melalui proses seleksi serta pengorganisasian informasi. 3. Tahap perubahan stimulus yang diterima individu dalam menanggapi lingkungan melalui proses kognisi yg dipengaruhi oleh pengalaman, cakrawala/alam semesta, serta pengetahuan individu.

5 1. FAKTOR INTERNAL Berasal dari dalam diri individu, misalnya sikap, kebiasaan, dan kemauan. 2. FAKTOR EKSTERNAL Faktor-faktor yang berasal dari luar individu yang meliputi stimulus itu sendiri, baik sosial maupun fisik. Meskipun beberapa individu memandang pada satu benda yg sama, mereka dapat mempersepsikannya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor: pelaku persepsi (perceiver), objek atau yg dipersepsikan dan konteks dari situasi dimana persepsi itu dilakukan.

6 1.PERSEPSI OBJEK, cirinya:  A.yang dipersepsi adalah benda  B.stimulus ditangkap oleh alat indera kita melalui benda-benda fisik, misalnya; gelombang cahaya, gelombang suara, temperatur,dsb.  C. yang dilihat hanya sifat-sifat luar dari objek dan tidak memperdulikan perasaan objek yang diamati.  D. objek tidak bereaksi kepada kita dan kita juga tidak memberikan reaksi emosional kepada objek tersebut.  E. objek relatif tetap.

7 Persepsi objek terdiri dari:  Persepsi Jarak contoh: rel kereta api makin jauh nampak semakin mengecil,padahal tidak. contoh: tiang listrik yg berjajar makin jauh tampak tidak sama tinggi.  Persepsi Gerak saat kita duduk di dalam mobil dan bersebelahan dgn mobil lain terkadang suka terasa bingung, kita yang mundur atau mobil sebelah yg maju.  Persepsi Total pada persepsi total baru akan bisa tampak jelas kalau dIlihat secara keseluruhan.

8 2. PERSEPSI INTERPERSONAL, cirinya : a. Yang dipersepsi adalah manusia b. Stimulus disampaikan melalui lambang- lambang verbal c. Mencoba memahami apa yg tidak tampak oleh Alat indera d. Reaksi dari yg dipersepsi ada kemungkinan keliru e. Manusia selalu berubah-ubah.

9  ORANG YANG DIAMATI  SITUASI  PENGAMAT  KONSEP DIRI  PERSEPSI DIRI DAN PENGAMATAN TERHADAP ORANG LAIN  KARAKTERISTIK PRIBADI ATAU INDIVIDU

10 TERIMA KASIH


Download ppt "Nia Septiannie Anugrah, S.Psi.  SUATU PROSES DIMANA SESEORANG MEMBEDAKAN SUATU RANGSANG DENGAN RANGSANG LAINNYA SERTA BERUSAHA MEMBERIKAN INTERPRETASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google