Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENERAPAN MANAJEMEN BENCANA LAYANAN MANAJEMEN BENCANA NASIONAL TERINTEGRASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENERAPAN MANAJEMEN BENCANA LAYANAN MANAJEMEN BENCANA NASIONAL TERINTEGRASI."— Transcript presentasi:

1 PENERAPAN MANAJEMEN BENCANA LAYANAN MANAJEMEN BENCANA NASIONAL TERINTEGRASI

2 PENDAHULUAN Sistem manajemen keadaan darurat nasional yang efisien diperlukan untuk meminimalkan dampak dari bencana alam dan buatan. Di Republik Korea, National Emergency Management Agency berfokus kepada manajemen bencana yang berorientasi pencegahan, ketimbang rekonstruksi dan kompensasi. Karenanya, mereka telah mendirikan National Disaster Management System (NDMS) yang telah mengembangkan dan menerapkan sistem pemantauan bencana di 10 lembaga pemerintah, termasuk didalamnya Departemen Kehutanan dan Pertanian, dan Departemen Kelautan dan Perikanan.

3 Pada tahun 2006 NDMS juga mendirikan sebuah jaringan manajemen bencana lintas pemerintah untuk memperkuat kemitraan di antara 71 lembaga. Proses penyampaian informasi dalam situasi darurat telah disederhanakan dengan adanya saluran langsung diantara lembaga pusat dan diantara pemerintah daerah tingkat atas dengan pemerintah daerah di bawahnya, mengakibatkan respon yang lebih efisien atas bencana dan situasi darurat.

4 Dalam penyelamatan darurat, sistem ini memungkinkan identifikasi dari orang yang melaporkan kecelakaan dan lokasinya melalui sebuah sistem identifikasi pelapor. Hal ini mengurangi 1,3 persen laporan kedaan darurat palsu di tahun Layanan ini dapat di akses oleh orang-orang yang memiliki kesulitan bahasa, orang asing dan manula. Ketika proyek u-Safe Korea selesai sekitar tahun 2010, diharapkan tingkat kematian dari bencana akan berkurang hingga 11,1 orang per 1 juta, yang berarti pengurangan sebesar 33 persen dari yang sekarang yaitu 16,5 orang per 1 juta. Kehilangan properti rata-rata per tahunnya juga diharapkan turun hingga 8,2 persen, menghasilkan penghematan lebih dari USD 35 miliar dari kerusakan mulai tahun 2010 hingga 2014.

5 Tsunami yang terjadi di tahun 2004 mengilhami pendirian sebuah sistem manajemen bencana terintegrasi yang disebut Sahana. TI dari seluruh dunia.

6

7

8


Download ppt "PENERAPAN MANAJEMEN BENCANA LAYANAN MANAJEMEN BENCANA NASIONAL TERINTEGRASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google