Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M.I MUFHID IBRAHIM, 4101407008 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M.I MUFHID IBRAHIM, 4101407008 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA."— Transcript presentasi:

1 M.I MUFHID IBRAHIM, KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : M.I MUFHID IBRAHIM - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - ibrahimovid pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Isti Hidayah,M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Dra. Sunarmi, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII

4 Abstrak Kemampuan siswa dalam materi pokok bangun ruang sisi datar khususnya materi pokok kubus dan balok masih kurang yang dilihat dari perolehan nilai siswa. Siswa yang memperoleh nilai lebih dari batas ketuntasan hanya 55%, sedangkan 45% lainya belum mencapai batas tuntas. Selain itu siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan media dalam suatu model pembelajaran yang efektif untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran. Adapun media yang dipilih adalah media video dan multimedia interaktif. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kontekstual. Masalah yang dikaji adalah bagaimanakah keefektifan penggunaan media video dan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII, serta bagaimanakah perbedaan keefektifan antara penggunaan media video dan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain control group posttest- only design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP N 3 Kedu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai daftar nama-nama siswa dan data nilai awal. Tes digunakan untuk mengetahui mengetahui pencapain keberhasilan pembelajaran. Observasi digunakan untuk memperoleh data pengelolaan pembelajaran kontekstual oleh guru dan siswa selama pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah nilai matematika materi kubus dan balok setelah diberi pembelajaran kontekstual menggunakan media video dan multimedia interaktif berdasarkan pengujian rata-rata pada kelas media video dan multimedia interaktif menunjukkan maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar kedua pembelajaran tersebut telah mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata presentase aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan media video dan menggunakan multimedia interaktif mempunyai persentase yang berkategori baik. Berdasarkan uji ketuntasan belajar dan persentase aktivitas siswa dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan kedua media tersebut efektif. Berdasarkan pengujian perbedaan rata-rata pihak kanan, diperoleh hasil yaitu sehingga hipotesis nol kita tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas media video lebih tinggi daripada rata-rata pada kelas multimedia interaktif. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan media video lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif.

5 Kata Kunci media video, multimedia interaktif, penekatan kontekstual

6 Referensi Agus, Nuniek Avianti Mudah Belajar Matematika. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Arifin, Zainal Evaluasi Instruksional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta Arsyad, A Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada Darsono, Max, dkk Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Depdiknas Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjendikdasmen Depdiknas Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Febriani, Eka Wita Video Sebagai Media Pembelajaran. media-pembelajaran/mrdetail/12502 (5 Januari 2011) Hudojo, Herman Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Hudojo, Herman Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA. Irawati, Ratih Skripsi: Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Pokok Bahasan Koloid Siswa Kelas XI SMA N 1Kendal. Semarang:UNNES Jupren Pengantar Multimedia Interaktif. 12/pengantar-multimedia-interaktif.html. (29 Agustus 2011) Lestari, L Keefektifan Pembelajaran dengan Penggunaan Alat Peraga dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pokok Bahasan Bangun Segiempat pada Siswa Kelas VII Semester 2 di SMP Muhamadiyah Margasari Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2005/2006. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Nurhadi Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo. Pranowo Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta : Gajah Mada University Press Purniati, T Pembelajaran Geometri Berdasarkan Tahap-tahap Awal Van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. com/ppsupi/abstrakmat2004.html. (15 Juli 2011) Santyasa, I Wayan Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Septiana, Nenny Media Belajar Dari Sudut Pandang Psikologi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 3.1: Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito Sugandi, Achmad, dkk Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press Suherman, H. Erman, dkk Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. Supriatna, Dadang Pengenalan Media Pembelajaran. Jakarta : PPPPTK TK dan PLB Suyitno, Amin Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Hand Out. Semarang : Universitas Negeri Semarang

7 Terima Kasih


Download ppt "M.I MUFHID IBRAHIM, 4101407008 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google