Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tanggung Jawabku Terhadap Keluarga. “Di Doa Ibuku” Di waktu ku masih kecil, gembira dan senang Tiada duka kukenal, tak kunjung mengerang Di sore hari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tanggung Jawabku Terhadap Keluarga. “Di Doa Ibuku” Di waktu ku masih kecil, gembira dan senang Tiada duka kukenal, tak kunjung mengerang Di sore hari."— Transcript presentasi:

1 Tanggung Jawabku Terhadap Keluarga

2 “Di Doa Ibuku” Di waktu ku masih kecil, gembira dan senang Tiada duka kukenal, tak kunjung mengerang Di sore hari nan sepi, ibuku bertelut Sujud berdoa ku dengar namaku disebut Di doa ibuku, namaku disebut Di doa ibuku ku dengar, ada namaku disebut Seringlah ini kukenang, di masa yang berat Di kala hidup mendesak dan nyaris ku sesat Melintas gambar ibuku, sewaktu bertelut Kembali sayup kudengar, namaku disebut Di doa ibuku, namaku disebut Di doa ibuku ku dengar, ada namaku disebut

3 Definisi TANGGUNG JAWAB TANGGUNGJAWAB RESPONSIBLERESPONSEABLE Kemampuan untuk menjawab kepada orang lain atas akibat-akibat yang ditimbulkan oleh tindakan kita.

4 TanggungjawabmoralTanggungjawabmoral Dasarnya adalah Dari PL – PB sudah dengan kuat menjelaskan keharusan menghormati ortu (Lukas 2:41-52) Hormat kepada ortu

5 Orang tua VS Remaja (Kalian)

6 4 Macam Perkembangan Remaja : 1.Perkembangan Kognitif -. Mampu berpikir reflektif, mengevaluasi pemikiran, melakukan imajinasi ideal, dan berpikir abstrak. -. Memasuki dunia ide-ide -. Penyelesaian masalah sudah bisa dipikirkan dan dilakukan secara sistematis.

7 4 Macam Perkembangan Remaja : 2. Perkembangan Moral-Etika Menghormati orang yang memegang kekuasaan dan orang yang memelihara aturan masyarakat. Kamu mulai senang menegakkan hukum dan disiplin, gemar memperhatikan kewajiban yang harus dilakukan dan memperhatikan tata mkehidupan sosial serta kepentingan keamanan diri.

8 4 Macam Perkembangan Remaja : 3. Perkembangan Ego -. Mulai punya loyalitas terhadap kelompoknya -. Mampu mengevaluasi dan memikirkan ulang sesuatu -. Ingin tahu siapa dirinya dan ke mana hidup diarahkan, sehingga mereka menyenangi identitas diri yang unik. -. Ada jarak antara siapa dirinya sebenarnya dengan keinginan menjadi pribadi yang ideal, sehingga terjadi konflik identitas

9 4 Macam Perkembangan Remaja : 4. Perkembangan Iman Pada usia ini, kamu membentuk sikap terhadap hidup melalui apa yang dipercayai oleh keluarga sendiri menuju pandangan di luar diri dan keluarga. Seringkali bagi remaja, Allah adalah pribadi yang paling berperan dalam hidupnya. Allah menjadi sahabat yang paling karib dan memahami kehidupan remaja. Kamu mempunyai komitmen dan loyalitas yang sangat dalam terhadap Allah sebagai tempat menimba seluruh kepercayaan. Seringkali Allah juga dipandang sebagai ‘Allah kelompok’ atau ‘Allah kolektif ’

10 Arti “Hormat kepada Orang Tua” (Kel.20:12) 1.Hormat berarti bersikap santun dan patuh terhadap orang tua. Dalam Imamat 20:9, terdapat perintah yang mengharuskan orang Israel untuk menjatuhkan sanksi berat, yaitu kematian kepada anak yang mengutuki orangtuanya.

11 Arti “Hormat kepada Orang Tua” (Kel.20:12) 2. Hormat berarti bertanggung jawab memelihara kelangsungan hidup orang tua. Dalam Matius 15:3-6 dan Yohanes 19:26-27 merupakan sebuah perintah Tuhan kepada seorang anak untuk bertanggung jawab atas kehidupan orang tuanya.

12 Arti “Hormat kepada Orang Tua” (Kel.20:12) 3. Hormat berarti menghargai dan mengakui kewibawaan orang tua, yaitu dengan mengakui bahwa orang tua ditugaskan oleh Tuhan untuk menjadi pendidik anak. Anak perlu menghargai usaha orang tua untuk menghantar anak ke gerbang kedewasaan, sampai orang tua melepas anaknya untuk berjalan sendiri seutuhnya.


Download ppt "Tanggung Jawabku Terhadap Keluarga. “Di Doa Ibuku” Di waktu ku masih kecil, gembira dan senang Tiada duka kukenal, tak kunjung mengerang Di sore hari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google