Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INH-CWS RAJAWALI-2005 1 (Dr. Emerson Eggerichs). INH-CWS RAJAWALI-2005 2 Rahasia Perkawinan Bahagia Efesus 5:33 Seorang istri memiliki satu kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INH-CWS RAJAWALI-2005 1 (Dr. Emerson Eggerichs). INH-CWS RAJAWALI-2005 2 Rahasia Perkawinan Bahagia Efesus 5:33 Seorang istri memiliki satu kebutuhan."— Transcript presentasi:

1 INH-CWS RAJAWALI (Dr. Emerson Eggerichs)

2 INH-CWS RAJAWALI Rahasia Perkawinan Bahagia Efesus 5:33 Seorang istri memiliki satu kebutuhan dasar –Merasa dikasihi –Apabila kebutuhan itu terpenuhi, ia bahagia Seorang suami memiliki satu kebutuhan dasar –Merasa dihormati –Apabila kebutuhan itu terpenuhi, ia bahagia Apabila masing-masing kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, segala sesuatu seakan menjadi “gila”. Pasangan –pasangan akan bereaksi secara negatif satu kepada yang lain.

3 INH-CWS RAJAWALI The Crazy Cycle (Lingkaran Gila) She Reacts Without Respect He Reacts Without Love The Crazy Cycle

4 INH-CWS RAJAWALI Pink dan Biru Komunikasi –Manusia mengirim pesan satu kepada yang lain dalam bentuk kode/sandi, berdasarkan gender, meskipun tidak melakukannya secara sengaja. –Apa yang saya katakan, bukanlah yang anda dengar, dan apa yang menurut anda, anda dengar, sama sekali bukanlah yang saya maksudkan. Wanita –melihat dengan kacamata pink –mendengar dengan alat pendengaran pink –Sedangkan dunia pria berwarna biru Pria –melihat kehidupan dengan cara berbeda, melalui kaca mata biru –mendengar apa yang dikatakan wanita melalui alat pendengaran biru. Karena suami dan isteri melihat dan mendengar dengan cara yang berbeda, mereka tidak mudah menginterpretasikan sandi-sandi yang saling dikirimkan

5 INH-CWS RAJAWALI Pink dan Biru….. Pria mendengar kritik sebagai penghinaan Wanita merasakan kebisuan sebagai permusuhan Hasilnya adalah the Crazy Cycle Apabila tidak dikasihi, wanita bereaksi tidak menghormati Apabila tidak dihormati,pria bereaksi tidak mengasihi.

6 INH-CWS RAJAWALI Hormat & Kasih Kebutuhan Dasar Pertanyaan para isteri ; “Apakah suamiku mengasihiku seperti aku mengasihinya?” –Ketika suaminya bertindak seakan tidak mengasihinya, ia akan bereaksi secara negatif –Dalam pikirannya, suaminya perlu dirubah menjadi lebih sensitif dan peduli –Approachnya biasanya adalah dengan mengeluh dan mengkritik dengan maksud memotivasi suaminya agar lebih mengasihi. Pasti tidak berhasil !!!

7 INH-CWS RAJAWALI Hormat & Kasih Kebutuhan Dasar….. Suami biasanya tidak bertanya:”Apakah istriku mengasihiku seperti aku mengasihinya?” –Karena ia yakin akan kasih isterinya. –Apakah Isteri anda mengasihimu? Jawabannya: tentu. –Apakah isterimu menyukaimu? Jawabannya biasanya adalah :Tidak. –Dalam banyak kasus, ketidaksukaan isterinya diinterpretasikan oleh suami sebagai tidak menghormati dan bahkan dianggap merendahkan. –Dalam pikirannya, isterinya telah berubah dari orang yang selalu mengagumi, selalu setuju seperti ketika masa pacaran. Sekarang, isterinya bertentangan, dan menunjukkannya secara nyata. –Suami memutuskan untuk memotivasi isterinya agar lebih menghormatinya dengan cara tidak mengasihinya. Pasti tidak berhasil !!!

8 INH-CWS RAJAWALI Menghentikan The Crazy Cycle 1 Petrus 3:1-2 : Hormat tanpa Syarat. Efesus 5 : 25 & 28 :Kasih Tanpa Syarat Siapa yang harus memulai? –Orang yang merasa dirinya lebih dewasa.

9 INH-CWS RAJAWALI The Energizing Cycle ( Lingkaran yang menimbulkan Semangat) motivates Her Respect motivates His Love The Energizing Cycle

10 INH-CWS RAJAWALI C O U P L E (Tips untuk para suami) Bagaimana mengeja KASIH kepada isteri anda ? –Closeness (kedekatan) –Openness (keterbukaan) –Understanding (pengertian) –Peacemaking (pembuat damai) –Loyalty (kesetiaan) –Esteem (penghargaan/sanjungan)

11 INH-CWS RAJAWALI Closeness Dia ingin anda dekat Kejadian 2:24; Ulangan 24:5 Isteri anda merasa dekat dengan anda apabila : –Anda menggenggam tangannya –Anda memeluknya –Anda penuh perhatian tanpa maksud sexual –Anda berdua saja dengannya supaya anda dapat saling memperhatikan dan tertawa bersama –Anda berjalan atau jogging bersama ….. Apapun yang dapat menghasilkan kebersamaan –Anda mengusulkan sesuatu yang tidak terduga … pergi dan makan di pantai, berjalan melihat bulan purnama.. menikmati matahari terbenam.

12 INH-CWS RAJAWALI Openness Dia ingin anda terbuka kepadanya Keterbukaan dinterpretasikan oleh wanita sebagai kasih Kol 3:19 Isteri anda merasa anda terbuka kepadanya, apabila: –Anda berbagi perasaan, beritahukan mengenai hari anda dan kesulitan anda –Anda berkata:”Mari bicarakan”, tanyakan apa yang dirasakannya, dan tanyakan pendapatnya –Anda berdoa bersamanya –Anda membahas masalah keuangan, kemungkinan pindah kerja, atau ide-ide untuk masa depan anda –Wajah anda memperlihatkan anda ingin bicara – bahasa tubuh yang relax, kontak mata yang baik

13 INH-CWS RAJAWALI Understanding Jangan mencoba memperbaikinya; cukup dengarkan 1 Petrus 3:7 “Husbands, likewise, dwell with them with understanding, giving honor to the wife, as to the weaker vessel….” Tuhan mengingatkan para suami bahwa isteri mereka adalah mangkuk porcelain, sehingga Dia memasang tanda: “Handle with Care”. Istri anda merasa anda mencoba untuk memahaminya apabila: –Anda mendengarkan dan dapat mengulangi apa yang dikatakannya. –Anda tidak mencoba mengatasi masalahnya kecuali apabila dia secara spesifik menanyakan solusinya –Anda mencoba mengidentifikasi perasaannya –Jangan mengabaikan perasaannya, meskipun tampaknya tidak logis. –Anda minta maaf, dan mengakui anda bersalah.

14 INH-CWS RAJAWALI Peacemaking Dia ingin anda mengatakan,”Maafkan saya” Jangan menolak untuk berdamai dengan jalan lari dari konflik dengan pasangan anda, karena menurut Alkitab, orang yang menikah memang akan “ditimpa kesusahan”(1 Kor 7:28) Allah mengizinkan terjadinya konflik dalam suatu perkawinan. 1 Kor 7:3-4. Melalui rekonsiliasi, pasangan akan memperdalam pemahaman satu sama lain serta lebih saling menghormati Istri anda akan merasa damai apabila: –Anda mengizinkan dia mengeluarkan frustrasi dan kepahitannya dan tidak marah terhadapnya –Anda mengakui anda salah dan meminta maaf dan berkata:”Maafkan saya, apakah engkau mau memaafkan saya? –Anda berdoa bersamanya setelah saat-saat yang menyakitkan berlalu –Anda memaafkannya atas kesalahan yang diakuinya

15 INH-CWS RAJAWALI Loyalty Dia perlu tahu bahwa anda memiliki komitmen Ketika wanita bertanya,”Apakah engkau mengasihiku?”, ia tidak meminta informasi, ia meminta kepastian. Apabila ia merasa yakin akan kasih dan kesetiaan suaminya, ia akan bersemangat dan termotivasi. Begitulah Tuhan menciptakan wanita, dan karena itu janji nikah didasarkan pada kesetiaan –”sampai maut memisahkan kita.” Maleakhi 2:14-15 Istri anda yakin akan kesetiaan anda, apabila: –Anda memuji dia di hadapan orang lain –Anda terlibat dalam hal-hal yang penting baginya –Anda membantunya membuat keputusan, misalnya mengenai anak-anak –Anda tidak mengkritiknya di hadapan anak-anak –Anda tidak melirik wanita lain dengan bernafsu –Anda mengajak dia dalam pertemuan sosial ketika orang lain meninggalkan isterinya di rumah.

16 INH-CWS RAJAWALI Esteem Dia ingin anda menghargainya 1 Petrus 3:7. –Alasan mengapa suami harus memperlakukan istrinya dengan bijaksana/understanding, adalah agar doanya tidak terhalang. Respect, Honor, Esteem adalah komponen dari kasih yang diinginkan istri anda dari anda. Isteri anda akan memiliki rasa percaya diri apabila: –Anda berkata,”Aku sungguh bangga akan cara kamu menangani hal itu –Anda menyanjung dia dihadapan orang lain. –Anda mengetahui perubahan rambutnya atau bajunya. –Anda memberitahukan rencana-renvcana anda kepadanya –Anda tidak pernah mengkritik dirinya maupun anak-anak anda di hadapan orang lain

17 INH-CWS RAJAWALI C H A I R S (Tips bagi para istri) Bagaimana mengeja HORMAT kepada suamimu? –Conquest (penaklukan) –Hierarchy (hierarki) –Authority (otoritas) –Insight (wawasan/pengetahuan/pengertian) –Relationship (Hubungan) –Sexuality (Seksualitas)

18 INH-CWS RAJAWALI Conquest Menghargai keinginan suami untuk bekerja dan mencapai sesuatu Tugas pertama manusia, Kejadian 2:15 Sejak semula, pria dipanggil untuk “bekerja di ladang” dan untuk mencukupi keluarganya. Kaum pria merasakan kebutuhan yang dalam untuk terlibat dalam petualangan dan penaklukan. Hal ini bukan opsi baginya, tetapi suatu ciri yang melekat. Suami anda akan merasa bahwa anda menghargai keinginannya untuk bekerja dan mencapai sesuatu apabila: –Anda mengatakan kepadanya secara lisan ataupun tertulis bahwa anda menghargai usahanya –Anda menyatakan percaya kepadanya sehubungan dengan bidang yang dipilihnya –Anda mendengarkan cerita mengenai pekerjaannya seperti anda mengharapkan dia mendengar cerita apa yang terjadi dalam keluarga –Anda berperan sebagai pembantu dan mitra dan nyatakan demikian kepadanya –Anda mengizinkan dia untuk bermimpi seperti yang anda lakukan ketika masih pacaran.

19 INH-CWS RAJAWALI Hierarchy Menghargai keinginannya untuk melindungi dan mencukupi Hierarki yang alkitabiah: Ef 5:22-24 Tanggung jawab sebagai kepala disini sangat jelas. Suami yang mengerti ayat-ayat ini melihatnya sebagai kewajiban untuk melindungi Suami anda akan merasa anda menghargai keinginannya untuk melindungi dan mencukupi, ketika: –Anda menyatakan kekaguman kepadanya karena melindungi dan bersedia mati untuk anda –Anda memuji komitmennya untuk mencukupi dan melindungi anda dan keluarga –Anda tidak pernah, dengan kata-kata ataupun bahasa tubuh merendahkan pekerjaannya atau penghasilannya –Anda berempati kepadanya ketika ia menyatakan mind-set prianya mengenai posisi, status, rank, khususnya di tempat kerjanya.

20 INH-CWS RAJAWALI Authority Menghargai keinginannya untuk melayani dan memimpin 1 Tim 2:12 Seorang suami menginginkan pengakuan dari istrinya bahwa ia adalah pemimpin, orang yang memiliki otoritas. “Saya percaya bahwa penolakan untuk tunduk atau menghormati suami adalah penolakan untuk percaya kepada Tuhan. Apabila kita sebagai wanita percaya bahwa Tuhan bekerja dalm kehidupan kita dan suami kita, dan kita menempatkan diri kita di bawah otoritasNya, maka kita dapat tunduk dan menghormati suami kita.” Ia akan merasa anda menghargai otoritasnya dan kepemimpinannya apabila : –Anda mengatakan kepadanya bahwa anda berterima kasih atas kekuatannya dan menikmati dapat bersandar kepadanya sepanjang waktu –Anda mendukung citra pribadinya sebagai pemimpin –Anda memuji keputusannya yang baik –Anda berbesar hati ketika ia membuat keputusan yang salah

21 INH-CWS RAJAWALI Insight Menghargai keinginannya untuk menganalisa dan memberikan nasehat 1 Tim 2:14; 2 Kor 11:3 Pria harus mendengarkan istri karena secara alamiah memiliki intuisi. Tetapi istri tidak boleh gagal dalam menghormati suaminya dan menolak nasehatnya karena pria memiliki kepandaian/pengertian lebih. Suami anda akan merasa anda menghargai pemikiran dan nasehatnya, apabila: –Anda mengakui kemampuannya dalam memecahkan masalah. –Anda menyatakan bahwa anda percaya Tuhan menciptakan pria dan wanita untuk suatu tujuan dan bahwa kita saling memerlukan. –Anda menasehati dia dengan penuh hormat ketika anda berbeda pendapat –Anda mengakui bahwa anda dapat berbuat dosa dan berterimakasih kepadanya untuk persepsi dan nasehatnya.

22 INH-CWS RAJAWALI Relationship Menghargai keinginannya akan sebuah persahabatan Titus 2:3-4 Suami anda akan merasa anda menghargai persahabatannya, apabila: –Anda mengatakan bahwa anda suka kepadanya dan memperlihatkannya –Anda menanggapi ajakannya untuk ikut dalam kegiataan rekreasi bersama atau anda pergi bersamanya untuk melihatnya. –Anda mempersilahkan dia untuk terbuka dan bicara bersama ketika mengerjakan sesuatu bersama-sama –Anda mendorong dia mengambil waktu untuk menyendiri, yang akan menimbulkan semangat baru ketika berhubungan lagi dengan anda.

23 INH-CWS RAJAWALI Sexuality Menghargai keinginannya akan keintiman seksual Seseorang mengatakan, iblis akan berusaha sekuat mungkin untuk membawa dua orang berbuat seksual sebelum perkawinan, ia juga akan berusaha sekuat mungkin untuk menjauhkan mereka satu sama lain setelah perkawinan. Sex adalah simbol dari kebutuhannya yang paling dalam – hormat Dua aspek untuk memahami suami dari aspek sexual: –Pria adalah visually oriented –Suami membutuhkan kelepasan seksual, seperti istri membutuhkan kelepasan emosional. 1 Kor 7:5 Ia merasa anda menghargai keinginanya akan keintiman seksual apabila: –Anda memberi respon sex lebih sering dan mengambil inisiatif secara berkala –Anda memahami ia memerlukan kelepasan seksual seperti anda juga memerlukan kelepasan emosional –Anda mengizinkan dia untuk mengakui godaan-godaan seksualnya tanpa takut dia tidak setia ataupun tanpa mempermalukannya.

24 INH-CWS RAJAWALI Bagaimana Suami mengeja Kasih kepada isterinya? Closeness—Apakah aku selalu ingat untuk mendekatinya dan menerima keinginannya untuk berbicara dan berhubungan denganku untuk mendapat kepastian akan kasihku? Openness—Apakah aku berbagi pemikiranku dengannya, dan apakah aku yakin tidak menolak upayanya agar aku lebih terbuka? Understanding– Apakah aku berhati-hati agar tidak mencoba untuk memberi jalan keluar setiap kali ia membicarakan masalahnya? Apakah aku mengingat-ingat bahwa ia adalah seorang pribadi yang utuh dan apapun yang terjadi mempengaruhi dirinya secara keseluruhan, terutama emosinya? Peacemaking—Apakah aku selalu bersedia untuk menyelesaikan masalah, dan apakah aku berhati-hati untuk tidak mengatakan,”lupakan saja” Loyalty– Apakah aku selalu mencari cara-cara untuk memberitahukan bahwa aku akan setia kepadanya untuk selama-lamanya – bahwa ia adalah satu-satunya orang yang aku kasihi dalam hidupku, satu-satunya wanita untukku? Esteem—Apakah aku selalu memberitahukan kepadanya bahwa aku menghargainya dan memberinya nilai yang paling tinggi sebagai suatu pribadi? Apakah aku memberitahukannya bahwa apa yang dilakukannya dan dipikirkannya penting untukku? Apakah ia tahu bahwa aku tidak mampu tanpa dirinya?

25 INH-CWS RAJAWALI Bagaimana Isteri Mengeja Hormat Kepada Suaminya? Conquest—Apakah aku selalu mendukungnya dan memberitahukannya bahwa aku mendukungnya dalam pekerjaannya dan usaha-usaha di dalam bidangnya? Hierarchy—Apakah aku memberitahukannya bahwa aku menghormati dan menghargai keinginannya untuk melindungi dan mencukupiku beserta keluarga? Apa yang telah aku sampaikan akhir-akhir ini untuk mengkomunikasikan hal ini? Authority—Apakah aku sudah terus-menerus mengingat, bahwa karena ia bertanggungjawab untuk aku (bahkan mati untuk aku), aku mengakui dirinya memiliki otoritas utama? Apakah aku menjadikan dia sebagai pemimpin? Bagaimana aku telah bertindak dalam hal ini akhir-akhir ini? Insight– Apakah aku percaya pada kemampuannya untuk menganalisa masalah dan menawarkan solusi dan tidak sekedar bergantung pada intuisiku? Relationship—Apakah aku menghabiskan waktu bersamanya setiap ada kesempatan? Apakah aku memberitahukannya bahwa aku adalah sahabatnya sekaligus kekasihnya? Sexuality?– Apakah aku menghargai kebutuhannya akan kelepasan seks meskipun aku sedang tidak menghendakinya?

26 INH-CWS RAJAWALI The Rewarded Cycle (Lingkaran yang mendatangkan pahala) RegardLess of Her Respect (blesses) Regardless of His Love (blesses) The Rewarded Cycle

27 INH-CWS RAJAWALI REWARD (Pahala/upah) Efesus 6:7-8 Paulus mengatakan, apapun yang engkau kerjakan, kerjakanlah seperti untuk Tuhan, maka kita akan menerima upahnya dari Tuhan. Perkawinan yang bahagia adalah bonus. Reward yang utama adalah di kekekalan. Dalam perkawinan, segala sesuatu ada nilainya, sekalipun pasangan anda mengabaikan anda. Tujuan utama dari pernyataan kasih dan hormat satu kepada yang lain adalah –memuliakan Tuhan dan – mentaati apa yang telah diajarkanNya dalam Firman

28 INH-CWS RAJAWALI


Download ppt "INH-CWS RAJAWALI-2005 1 (Dr. Emerson Eggerichs). INH-CWS RAJAWALI-2005 2 Rahasia Perkawinan Bahagia Efesus 5:33 Seorang istri memiliki satu kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google