Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROPOSISI Affirmatif partial PERTEMUAN 7. 1. Affirmatif – universal ( proposisi A) 2. Affirmatif – particular ( proposisi I) 3. Negatif – universal (

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROPOSISI Affirmatif partial PERTEMUAN 7. 1. Affirmatif – universal ( proposisi A) 2. Affirmatif – particular ( proposisi I) 3. Negatif – universal ("— Transcript presentasi:

1 PROPOSISI Affirmatif partial PERTEMUAN 7

2 1. Affirmatif – universal ( proposisi A) 2. Affirmatif – particular ( proposisi I) 3. Negatif – universal ( proposisi E) 4. Negatif – particular ( proposisi O) 4 jenis proposisi kategoris

3 Huruf I berasal dari huruf hidup ke dua yang ada pada kata Affirmatif. Menjelaskan hubungan antara subjek dan predikat, di mana sebagian subjeknya dinyatakan tercakup dalam predikatnya. Ciri : sebagian kenyataan yang tercakup dalam subjek dinyatakan tercakup pula dalam predikatnya. 2. Affirmatif – particular ( proposisi I)

4 Ragam baku dari proposisi I adalah : Sebagian S adalah P Subjek dan predikat dalam proposisi I ini disebut tidak tersebar, artinya setiap kenyataan yang tercakup di dalamnya dijelaskan berkaitan dengan predikatnya. Artinya tidak setiap subjek dijelaskan kaitannya dengan predikatnya, dan tidak setiap predikatnya dijelaskan dengan subjeknya.

5 Bedakan dengan : Hanya sebagian S adalah P Contoh : Fakta : Semua orang Indonesia yang pernah kita kenal, menunjukkan kepercayaan mereka kepada Tuhan. (1) Semua orang Indonesia percaya kepada Tuhan. (2) Hanya sebagian orang Indonesia percaya kepada Tuhan. (3) Sebagian orang Indonesia percaya kepada Tuhan.

6 Penggambaran dengan diagram Venn S P+ Daerah S yang bukan P tidak diberi tanda apapun, karena tidak ditentukan apakah isi atau kosong.

7 Bagaimana cara menentukan benar atau salahnya proposisi I? Proposisi I kedudukannya lebih kuat dibanding proposisi A Untuk membuktikan salahnya proposisi I, maka harus dibuktikan bahwa Semua S bukan P. Contoh : Sebagian angsa berwarna putih.

8


Download ppt "PROPOSISI Affirmatif partial PERTEMUAN 7. 1. Affirmatif – universal ( proposisi A) 2. Affirmatif – particular ( proposisi I) 3. Negatif – universal ("

Presentasi serupa


Iklan oleh Google