Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA DAN LINGKUNGAN. Pendahuluan „ Berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi saat ini – lokal, regional, nasional, internasional – sebagian besar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA DAN LINGKUNGAN. Pendahuluan „ Berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi saat ini – lokal, regional, nasional, internasional – sebagian besar."— Transcript presentasi:

1 ETIKA DAN LINGKUNGAN

2 Pendahuluan „ Berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi saat ini – lokal, regional, nasional, internasional – sebagian besar bersumber dari perilaku manusia „ Kasus-kasus pencemaran dan kerusakan, seperti di laut, hutan, atmosfer, air dsb.Bersumber dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab, tidak peduli dan hanya mementingkan diri sendiri (dalam jangka pendek)

3 Etika Lingkungan Hidup mengenai hubungan antara manusia baik sebagai kelompok dg lingkungan alam yg lebih luas dlm totalitasnya, hubungan antara manusia yg satu dg manusia yg lainnya yg berdampak langsung atau tdk langsung pd lingkungan hidup scr keseluruhan. Etika Lingkungan dapat berupa : - cabang dr etika sosial, sejauh menyangkut hubungan antara manusia dg manusia yg berdampak pd lingkungan) - Berdiri sendiri, sejauh menyangkut hubungan antara manusia dg lingkungannya 3

4 Teori etika lingkungan Sebuah usaha untuk membangun dasar-dasar rasional bagi sebuah sistem, prinsip-prinsip moral yang dapat dipakai sebagai panduan bagi upaya manusia untuk memperlakukan ekosistem alam dan lingkungan sekitarnya. 2 pendekatan etika lingkungan hidup : tipe pendekatan human-centered (berpusat pada manusia atau antroposentris) Teori etika human-centered mendukung kewajiban moral manusia untuk menghargai alam karena didasarkan atas kewajiban untuk menghargai sesama sebagai manusia. tipe pendekatan life-centered (berpusat pada kehidupan atau biosentris). Kewajiban manusia terhadap alam tidak berasal dari kewajiban yang dimiliki terhadap manusia. Dengan kata lain, etika lingkungan hidup bukanlah subdivisi dari etika human-centered.

5 Etika lingkungan hidup berbicara mengenai perilaku manusia terhadap alam dan juga relasi di antara semua kehidupan alam semesta, yaitu antara manusia dengan manusia yang mempunyai dampak pada alam, dan antara manusia dengan makhluk hidup yang lain atau dengan alam secara keseluruhan, termasuk di dalamnya kebijakan politik dan ekonomi yang mempunyai dampak langsung atau tidak langsung terhadap alam.

6 Tiga teori etika lingkungan (Keraf), yaitu: antroposentrisme, biosentrisme, dan ekosentrisme.

7 ANTROPOSENTRISME

8

9

10 BIOSENTRISME

11

12 EKOSENTRISME

13 Etika Lingkungan EKOSENTRISME Ekosentrisme, etika diperluas ke seluruh system ekologi baik biotik maupun abiotik. Pandangan ekosentrisme ini memahami bahwa secara ekologis makhluk hidup dan lingkungan abiotiknya saling terkait, tidak terpisah, sehingga kewajiban dan tanggung jawab moral manusia tidak hanya dibatasi pada makhluk hidup, melainkan juga berlaku kepada semua anggota atau realita ekologi.

14 Prinsip-prinsip Etika Lingkungan 1. Prinsip Tanggung Jawab Tanggung jawab ini bukan saja bersifat individu melainkan juga kolektif yang menuntut manusia untuk mengambil prakarsa, usaha, kebijakan dan tindakan bersama secara nyata untuk menjaga alam semesta dengan isinya. 2. Prinsip Solidaritas Yaitu prinsip yang membangkitkan rasa solider, perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan makluk hidup lainnya sehigga mendorong manusia untuk menyelamatkan lingkungan. 3. Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian Prinsip satu arah, menuju yang lain tanpa mengaharapkan balasan, tidak didasarkan kepada kepentingan pribadi tapi semata-mata untuk alam 4. Sikap Hormat terhadap Alam Hormat terhadap alam merupakan suatu prinsip dasar bagi manusia sebagai bagian dari alam semesta seluruhnya.

15 Prinsip-prinsip Etika Lingkungan 5. Prinsip “No Harm” Yaitu Tidak Merugikan atau merusak, karena manusia mempunyai kewajiban moral dan tanggung jawab terhadap alam, paling tidak manusia tidak akan mau merugikan alam secara tidak perlu 6. Prinsip Hidup Sederhana dan Selaras dengan Alam Ini berarti, pola konsumsi dan produksi manusia modern harus dibatasi. Prinsip ini muncul didasari karena selama ini alam hanya sebagai obyek eksploitasi dan pemuas kepentingan hidup manusia 7. Prinsip Keadilan Prinsip ini berbicara terhadap akses yang sama bagi semua kelompok dan anggota masyarakat dalam ikut menentukan kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian alam, dan dalam ikut menikmati manfaat sumber daya alam secara lestari. 8. Prinsip Demokrasi Prinsip ini didasari terhadap berbagai jenis perbedaan keanekaragaman sehingga prinsip ini terutama berkaitan dengan pengambilan kebijakan didalam menentukan baik-buruknya, rusak-tidaknya, suatu sumber daya alam. 9. Prinsip Integritas Moral Prinsip ini menuntut pejabat publik agar mempunyai sikap dan prilaku moral yang terhormat serta memegang teguh untuk mengamankan kepentingan publik yang terkait dengan sumber daya alam.


Download ppt "ETIKA DAN LINGKUNGAN. Pendahuluan „ Berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi saat ini – lokal, regional, nasional, internasional – sebagian besar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google