Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAHMAT SULILAH, 6102909166 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PEKARANGAN PADA SISWA KELAS IV.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAHMAT SULILAH, 6102909166 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PEKARANGAN PADA SISWA KELAS IV."— Transcript presentasi:

1 RAHMAT SULILAH, PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PEKARANGAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 04 KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RAHMAT SULILAH - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar) - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan PEMBIMBING 1 : Drs. H. Endro Puji P, M.Kes. - PEMBIMBING 2 : Mohammad Annas, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PEKARANGAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 04 KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG

4 Abstrak Rahmat Sulilah “Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Takraw Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pekarangan Pada Siswa Putra Kelas IV Dan V SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang” Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. H. Endro Puji Purwono, M.Kes., Pembimbing Pendamping Mohammad Annas, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah model pembelajaran sepak takraw dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pekarangan dapat mencapai tujuan penjas pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang tahun pelajaran 2010/2011?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran sepak takraw dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pekarangan dapat mencapai tujuan penjas pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang tahun pelajaran 2010/2011. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran permainan sepak takraw melalui pendekatan lingkungan pekarangan. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa putra kelas VI SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 8 anak. Ujicoba dilaksanakan di pekarangan. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 anak. Ujicoba dilaksanakan di pekarangan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menendang bola ada 14 siswa yang memperoleh hasil “Baik”, atau 58,33% dari keseluruhan sampel siswa. Kemudian ada 10 siswa yang memperoleh hasil “Sedang” atau setara dengan 41,67% dari jumlah keseluruhan sampel siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa permainan sepak takraw dan analisa statistik deskriptif presentase maka didapat hasil penelitian “Keterampilan menendang bola anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran permainan sepak takraw di lingkungan pekarangan pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Tegalsari 04 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Saran dalam penelitian ini bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik.

5 Kata Kunci

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "RAHMAT SULILAH, 6102909166 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PEKARANGAN PADA SISWA KELAS IV."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google