Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com."— Transcript presentasi:

1 TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO

2 RAHASIA MENULIS SKENARIO SMART IN S ATU KATA M ENULIS SATU-DUA LOGLINE A DA TUJUH PERTANYAAN POKOK R AHASIA SKENARIO T AHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS IN SYA ALLAH

3 SATU KATA PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA NOVEL YANG ANDA ADAPTASI MUNGKIN BERHUBUNGAN DENGAN BANYAK TEMA DAN PERISTIWA, TETAPI SKENARIO YANG ANDA TULIS DARI NOVEL TERSEBUT HARUS DITELITI KEMBALI DAN DIREDUKSI MENJADI SATU KATA.

4 SATU KATA CONTOH : WALL-E RATATOUILLE UP BOLT CARS INCREDIBLES TTANGLED RINGO

5 MENULIS LOGLINE LOGLINE : PLOT YANG DITUANGKAN DALAM SEDIKIT MUNGKIN KATA-KATA PLOT (ALUR CERITA): SESUATU YANG LEBIH TINGGI DAN KOMPLEKS DARIPADA CERITA, MENGANDUNG UNSUR MISTERI, UNTUK MEMAHAMINYA MENUNTUK ADANYA UNSUR INTELGENSIA DAN KEJELASAN ANTAR PERISTIWA YANG DIKISAHKANNYA SERTA TIDAK SEKEDAR URUTAN TEMPORAL SAJA. CERITA : SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU, MISALNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR, MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA TEMA : MAKNA YANG DIKANDUNG OLEH SEBUAH CERITA

6 CARA MUDAH MENULIS LOGLINE SANGAT SERING SEBUAH CERITA DIMULAI DENGAN DUA KATA ”BAGAIMANA JIKA?” UNTUK MEMBANGUN CERITA DITAMBAHKAN DUA KATA LAGI ”DAN KEMUDIAN?”, MISALNYA: BAGAMANA JIKA SEORANG ANAK KECIL DITINGGAL BERJUANG BAPAKNYA DAN KEMUDIAN IKUT BERJUANG MELAWAN BELANDA

7 CONTOH LOGLINE Spirited Away : BAGAIMANA JIKA anak kecil tersesat di kota yang penuh misteri yang kedua orang tuanya berubah menjadi babi DAN KEMUDIAN anak tersebut berjuang untuk mengembalikan orang tuanya The Incredible : Selamatkan dunia

8 ADA TUJUH PERTANYAAN 1.SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? 2.APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? (APA MASALAH UTAMA YNG DIHADAPI TOKOH UTAMA) 3.SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? (SIAPA/APA YANG TERLIHAT ANTAGONIS) 4.BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? 5.APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? (TEMA CERITA, UNSUR-UNSUR PEMADU FILM) 6.BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? (SIAPA YANG HARUS MENGISAHKAN CERITA ITU) 7.BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI?

9 UP 1.SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? CARL FREDERICKSON 2.APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? BERPETUALANG KE DUNIA YANG HILANG MEMENUHI PERMINTAAN ISTRINYA 3.SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? CAPTAIN MUNTZ 4.BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? BERPETUALANGAN DENGAN BALON 5.APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? PERSAHABATAN TIDAK MENGENAL USIA 6.BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? DENGAN SUDUT PANDANG ORANG KETIGA, BEBERAPA FLASHBACK, DENGAN MUSIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENEKANKAN TEMA, ADEGAN DAN POLA 7.BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI? FREDERICKSON MENJADI BERSAHABAT DENGAN ANAK, RUSSEL MENDAPAT TEMAN BERPETUALANG

10 PETUALANGAN ABDAN 1.SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? ABDAN 2.APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? ABDAN INGIN BERHASIL, MEMBAHAGIAKAN NENEKNYA SERTA HIDUP NORMAL SEPERTI ORANG-ORANG BIASA 3.SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? DONO, DITINGGAL KEDUA ORANG TUA, KELUARGA YANG MISKIN DAN HIDUP DI DESA (WAKTU DAN KESULITAN HIDUP) 4.BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? BELAJAR DARI KEJADIAN ALAM, NASEHAT NENEKNYA, BERUSAHA KERAS DAN BERDOA 5.APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? OPTIMISME, BERPIKIR POSITIF, BELAJAR DARI ALAM, SAYANG TERHADAP SESAMA, HORMAT KEPADA ORANG TUA, KESABARAN DAN DOA ADALAH KUNCI KESUKSESAN 6.BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? DENGAN SUDUT PANDANG ORANG KETIGA, BEBERAPA FLASHBACK, DENGAN MUSIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENEKANKAN TEMA, ADEGAN DAN POLA 7.BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI? ABDAN MENYADARI BAHWA USAHA DAN DOA SENJATA UNTUK MENGHADAPI MASALAH, JONO DAN MISKAN MENYADARI BAHWA BERTEMAN ITU DAPAT MENGATASI SEGALA RINTANGAN DAN DONO MENYADARI BAHWA MESKIPUN KAYA TIDAK DAPAT HIDUP TANPA TEMAN

11 Latar belakang Awal Cerita TemaTitik balikTitik TengahKlimaksTitik Balik Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Unsur-unsur Pemadu film Judul dan Pengarang

12 Abdan ditinggal kedua Orang tuanya, tinggal Bersama neneknya Suasana di Sekolah Bekerjasama dapat mengalahkan segalanya Pak Guru Bercerita Di luar sekolah, di bawah pohon Munculnya Pahlawan Cilik Kimung Menyelamatkan Para Pahlawan Dapat mengusir Tentara Belanda Usulan Pelajaran Dari siswa Kuis Pendek Pak Guru Perang Di desa Banjaran Utusan Mencari bantuan Kimung Mengantar surat Letnan Joko Mengatur serangan Pak Guru Menyim Pulkan ceritanya Pak Guru Memeriksa PR Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Belajar Di Sekolah Pahlawan Kecil Pahlawan Nasional Alam semesta, suasana Perang, musik memberikan tekanan Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil karya M.Suyanto

13 Calr Frederickson Persiunan Penjual Balon Calr Frederickson Menonton Bioskop Persahabat Tidak Mengenal Usia Dijemput Karyawan Panti Jompo Bertemu Captai Munz Frederickson Menyelamatkan Kevin Kevin Dicuri Mr Muntz Bertemu Ellie Carl Menikah Dengan Ellie Berpetualang Rumah Dengan Udara Memasuki Cuaca Buruk Bertemu Captain Muntz Tertangkap Captain Muntz Russel Mengejar Kevin Menerima Medali Karena Membantu Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Impian Masa Kecil Berpetualang Ke Dunia Menyelamatkan Yang Hilang Binatang Langka Alam semesta, suasana Perang, musik memberikan tekanan Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil karya M.Suyanto

14 SASARAN BABAK I 1.MILIKI SEBUAH PREMIS YANG MENARIK, MEMILIKI KEKUATAN DAN SEGAR, ORANG YANG MENJUAL FILM HARUS MEMAKAI KALIMAT TUNGGAL DALAM MEMPROMOSIKANNYA 2.PASTIKAN PEMBACA MEMIHAK TOKOH UTAMA DAN TOKOH PENDUKUNGNYA,SEBALIKNYA MEMBENCI MUSUH TOKOH UTAMA. ANDA ADALAH PERAJUT MIMPI 3.JANGAN BANYAK MEMPERKENALKAN TOKOH BARU DALAM WAKTU YANG TERLALU CEPAT, MULAI CERITA DARI TOKOH UTAMA, IKUTI DIA DAN AKHIRI CERITA DENGAN DIA 4.HARUS ADA SATU HAL YANG AMAT PENTING YANG DIPERTARUHKAN, ADA RESIKO BESAR 5.PANCING PENONTON DENGAN MASALAH POKOK DALAM CERITA ANDA 6.MASUKKAN KEJADIAN YANG MERANGSANG EMOSI PENONTON 7.PERJELAS SASARAN TOKOH UTAMA, PERJELAN APA YANG MENYEBABKAN TOKOH UTAMA UNTUK MERAIHNYA 8.CARILAH MOMEN YANG MENARIK YANG MEMBELOKKAN CERITA KE ARAH BARU, YANG MENGUBAH KEHIDUPAN TOKOH UTAMA DAN MENGANTARKAN KITA KE BABAK II 9.GENRE FILM HARUS JELAS, TIDAK ADA RUANG UNTUK FILM KOMEDI HISTORIS SEKALIGUS ROMANTIS UNTUK REMAJA, DALAM SEBUAH FILM KOMEDI TIDAK BOLEH ADA BANYAK KEMATIAN, KECUALI KEMATIAN ITU LUCU.

15 SASARAN BABAK II 1.BANGUN CERITA ANDA, AMBIL RESIKO DI BABAK I DAN TINGKATKAN, KONFLIK HARUS BERKEMBANG LEBIH KUAT DAN TAJAM. 2.BALIKKAN HARAPAN-HARAPAN, HARUS MEMAKSA TOKOH UTAMA UNTUK MENGAMBIL RESIKO LEBIH BESAR 3.BERIKAN RINTANGAN DAN KESULITAN YANG LEBIH TINGGI DAN MENANTANG YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN APA YANG IA INGINKAN. 4.JANGAN MEMBOSANAKAN, JANGAN TERLALU BANYAK BICARA GUNAKAN KALIMAT RINGKAS BERMAKNA, UNGKAP KEDALAMAN JIWA TOKOH UTAMA 5.MASALAH POKOK DALAM BABAK INI HARUS MENCERMINKAN SESUATU YANG DAHSYAT. 6.JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN 7.JANGAN MENULIS DIALOG SECARA BERLEBIHAN 8.SANG TOKOH UTAMA HARUS MENDAPATI DIRINYA BERADA DALAM SITUASI LEBIH BURUK PADA AKHIR BABAK. DIA HARUS BERADA DI TITIK KRITIS 9.TOKOH UTAMA ANDA HARUS MEMPUNYAI AGENDA YANG JELAS DAN JUGA TOKOH ANTAGONIS ANDA, SEHINGGA MEMPUNYAI SIMPANGAN (AMPLITUDO) YANG BESAR.

16 SASARAN BABAK III 1.BABAK INI HARUS TERASA SEPERTI SUATU DESAKAN YANG MENGALIR BEGITU CEPAT MENUJU AKHIR CERITA, JANGAN SAMPAI TERJADI KESALAHAN 2.JADIKAN MOMEN TERBESAR DALAM FILM ANDA SEBAGAI TITIK KLIMAKS, ANDA HARUS MENGETAHUI KLIMAKSNYA SEBELUM MENULIS SEKENARIO, MENULIS DARI BAGIAN AKHIR DAN KEMBALI KE BAGIAN AWAL (RAHASIA MENULIS SKENARIO) 3.ANDA PERLU MEMILIKI KESADARAN DAN PENYELESAIAN, HAL YANG TAK MEMILIKI TUJUAN HARUS DIBUANG. 4.PENYELESAIAN YANG JELAS ADALAH HASIL KEPUTUSAN POSITIF ATAS KRISIS YANG DIHADAPI DAN KEPUTUSAN TERSEBUT MEMBERI KEKUATAN PADA TOKOH UTAMA UNTUK MENGGAPAI SUKSES PADA KLIMAKS FILM. 5.PASTIKAN ANDA MENDEFINISIKAN DENGAN JELAS ATURAN-ATURAN DUNIA ANDA, ADEGAN-ADEGAN DARI AWAL HINGGA AKHIR KONSISTEN 6.JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN

17 TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS MISAL TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS ADA 50 ADEGAN POKOK, MAKA : BABAK I : 15 ADEGAN BABAK II : 25 ADEGAN BABAK III : 10 ADEGAN

18 IN SYA ALLAH HANYA DENGAN IJIN ALLAH, KITA AKAN SUKSES MEMBUAT SCENARIO, KARENA SEGALA KEKUATAN HANYA MILIK ALLAH SEMATA.

19


Download ppt "TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google