Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Angka ketergantungan (Dependency ratio) Angka yang menunjukan persentase jumlah penduduk belum produktif dan tidak produktif yang harus ditanggung oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Angka ketergantungan (Dependency ratio) Angka yang menunjukan persentase jumlah penduduk belum produktif dan tidak produktif yang harus ditanggung oleh."— Transcript presentasi:

1 1. Angka ketergantungan (Dependency ratio) Angka yang menunjukan persentase jumlah penduduk belum produktif dan tidak produktif yang harus ditanggung oleh penduduk yang produktif

2 CONTOH SOAL 1  Kota A memiliki jumlah penduduk usia 0-14 th adalah jiwa, jumlah penduduk usia diatas 64 th adalah jiwa, dan jumlah penduduk usia th adalah jiwa. Berapakah angka ketergantungan Kota A Apakah artinya?

3 Contoh soal 2 Hasil sensus penduduk tahun 2000 menunjukan data-data Provinsi Papua sbb: jumlah penduduk berusia th sebanyak jiwa, usia 15 – 64 th sebanyak jiwa dan usia di atas 65 th sebanyak jiwa. BerapakahAngka ketergantungan Provinsi Papua? Apakah artinya?

4 Contoh soal 3 Kel. Umur Jumlah Penduduk Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Muda, Umur Produktif, dan Umur Tua, Tahun Berapa rasio ketergantungan Muda, Tua, dan Total? 2. Apakah artinya?

5 Interpretasi Dari contoh perhitungan di atas, rasio ketergantungan total adalah sebesar 185,5 persen, artinya setiap 100 orang yang berusia kerja (dianggap produktif) mempunyai tanggunagn sebanyak 186 orang yang belum produktif dan dianggap tidak produktif lagi. Rasio sebesar persen ini disumbangkan oleh rasio ketergantungan penduduk muda sebesar 135 persen, dan rasio ketergantungan penduduk tua sebesar 51 persen. Dari indikator ini terlihat bahwa pada tahun 2010 penduduk usia kerja masih dibebani tanggung jawab akan penduduk muda yang proporsinya lebih banyak dibandingkan tanggung jawab terhadap penduduk tua.

6 KEGUNAAN Rasio ketergantungan (dependency ratio) dapat digunakan sebagai indikator yang secara kasar dapat menunjukkan keadaan ekonomi suatu negara apakah tergolong negara maju atau negara yang sedang berkembang. Dependency ratiomerupakan salah satu indikator demografi yang penting. Semakin tingginya persentase dependency ratio menunjukkan semakin tingginya beban yang harus ditanggung penduduk yang produktif untuk membiayai hidup penduduk yang belum produktif dan tidak produktif lagi. Sedangkan persentase dependency ratioyang semakin rendah menunjukkan semakin rendahnya beban yang ditanggung penduduk yang produktif untuk membiayai penduduk yang belum produktif dan tidak produktif lagi.

7 2.Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin (sex ratio) Melalui komposisi penduduk menurut jenis kelamin dapat diketahui : rasio jenis kelamin (sex ratio) Sex ratio adalah perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan Melalui komposisi penduduk menurut jenis kelamin dapat diketahui : rasio jenis kelamin (sex ratio) Sex ratio adalah perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan

8 Contoh soal 1 Kota X memiliki jumlah penduduk laki-laki sebanyak jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebanyak jiwa. Berapakah sex ratio Kota X? Apakah artinya?

9 Contoh soal 2 Hasil sensus penduduk tahun 2000 menunjukan data Provinsi Papua sbb: Penduduk laki-laki berjumlah jiwa dan penduduk perempuan sebanyak jiwa. Sex ratio provinsi Papua adalah? Apakah artinya?

10 Golongan UmurLaki-lakiPerempuanLaki-laki + Perempuan [1] [2] [3] [4] 0 – 4 tahun – 9 tahun – 14 tahun – 19 tahun – 24 tahun – 29 tahun – 34 tahun – 39 tahun – 44 tahun – 49 tahun – 54 tahun – 59 tahun – 64 tahun – 69 tahun – 74 tahun tahun Jumlah Survei Antar Sensus Badan Pusat Statistik/BPS, 2005]

11 b. Komposisi penduduk menurut kriteria sosial 1.Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan. Penduduk dikelompokkan menurut: 1Usia sekolah 2Tingkat kepandaian membaca & menulis (melek huruf/literacy) 3Tingkat pendidikan yang ditamatkan 4Jenis pendidikan yang ditempuh

12 Penduduk usia sekolah Contoh data sensus penduduk Jawa Timur 2010 usiajumlah 7 – 12 th

13 Angka partisipasi sekolah (APS) Angka Partisipasi Sekolah (APS) menunjukkan besaran penduduk usia sekolah yang sedang bersekolah.

14 ANGKA MELEK HURUF (AMH) Penduduk dikatakan melek huruf jika dapat membaca dan menulis huruf latin atau huruf lainnya.

15 Pendidikan yang ditamatkan &ditempuh Contoh: Tidak sekolah40,4% Belum tamat SD 33,3% Tamat SD 19,6% Tamat SLP 4,4% Tamat SLA 2,6% Tamat Akad./PT0,4%

16 2. Komposisi menurut ciri-ciri ekonomi 1 Jenis pekerjaan 2 Status kepegawaian 3 Tingkat pendapatan 3. Komposisi menurut tempat tinggal Misalnya dari data Sensus 1971 diketahui sbb : a. Penduduk yang tinggal b. di daerah kota 17,4 % b. Penduduk yang tinggal di daerah pedesaan 72,6 %

17 Piramida penduduk KOMPOSISI PENDUDUK BERDASARKAN USIA DAN JENIS KELAMIN DAPAT DIGAMBARKAN DALAM BENTUK BAGAN ATAU GRAFIK YANG DISEBUT PIRAMIDA PENDUDUK

18 INFORMASI YANG DAPAT DIPEROLEH DARI PIRAMIDA PENDUDUK : 1.STRUKTUR PENDUDUK 2.SEX RATIO 3.JUMLAH PENDUDUK USIA PRODUKTIF, BELUM PRODUKTIF, DAN TIDAK PRODUKTIF 4.DEPENDENCY RATIO (RASIO KETERGANTUNGAN) INFORMASI YANG DAPAT DIPEROLEH DARI PIRAMIDA PENDUDUK : 1.STRUKTUR PENDUDUK 2.SEX RATIO 3.JUMLAH PENDUDUK USIA PRODUKTIF, BELUM PRODUKTIF, DAN TIDAK PRODUKTIF 4.DEPENDENCY RATIO (RASIO KETERGANTUNGAN)

19

20 Jenis- jenis piramida penduduk

21 1. Piramida ekspansif/progresif Jika sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda. Tipe ini umumnya terdapat di negara-negara yang mempunyai angka kelahiran dan angka kematian tinggi. Tipe ini terdapat pada negara-negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat akibat dari masih tingginya angka kelahiran dan sudah mulai menurunnya angka kematian. Negara-negara yang termasuk tipe ini : Indonesia, Malaysia, Philipina, India, Costa Rica, dan Nigeria.

22 2.Piramida stasioner Jika banyaknya penduduk dalam tiap kelompok umur hampir sama, kecuali pada kelompok umur tertentu. Tipe ini terdapat pada negara-negara yang mempunyai tingkat kelahiran dan tingkat kematian rendah. Contoh : terdapat pada negara-negara Eropa, misalnya Jerman,

23 3. Piramida konstruktif/regresif Jika penduduk yang berada dalam kelompok termuda jumlahnya sedikit. Tipe ini terdapat di negara-negara dimana angka kelahiran turun dengan cepat, dan angka kematiannya rendah. Contoh : Jepang, dan negara-negara di Eropa Barat, misal Swedia, dan Spanyol.AS

24


Download ppt "1. Angka ketergantungan (Dependency ratio) Angka yang menunjukan persentase jumlah penduduk belum produktif dan tidak produktif yang harus ditanggung oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google