Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KIMIA Dr. Agus Setiabudi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KIMIA Dr. Agus Setiabudi."— Transcript presentasi:

1 PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KIMIA Dr. Agus Setiabudi

2 Tahap-tahap Penelitian  Pilih topik penelitian  Lakukan studi pustaka  Rumuskan masalah penelitian  Rumuskan hipotesa dan luaran yang diharapkan  Rencanakan mekanisme pelaksanaan  Rencanakan perangkat fikir dan perangkat kerja  encanakan waktu dan biaya  PENGUMPULAN DATA  PENGOLAHAN DATA  ANALISA HASIL  PELAPORAN Penyusunan Proposal STUDI PUSTAKA JUGA TETAP DIPERLUKAN PADA TAHAP- TAHAP INI

3 Proposal Penelitian  Agar penelitian dapat didanai/Disetujui, umumnya diperlukan adanya proposal penelitian  Proposal harus berisi cukup informasi dan argumentasi untuk meyakinkan reviewer bahwa penelitian memang penting dan perlu dilaksanakan dan didanai.  Proposal harus mempunyai "research questions" yang jelas dan penting, serta metodologi yang sistematis untuk menjawabnya.

4 Komponen Proposal Penelitian  Judul  Ringkasan Rencana Penelitian  Latar Belakang Masalah  Masalah Penelitian  Hipothesis (Jika perlu)  Tinjauan Pustaka/Pustaka yang Relevan  Metode Penelitian

5 Proposal Penelitian  3 (TIGA) PERTANYAAN DASAR : 1.Pertanyaan apa yang akan dijawab oleh penelitian ? 2.Kenapa pertanyaan tersebut penting untuk dijawab ? 3.Apa yang akan dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut ?

6 Memilih Topik Penelitian  Sadari kekuatan dan kompetensi anda.  Pilih topik penelitian yang 'sesuai' dengan kekuatan dan kompetensi anda.  Pilihlah topik penelitian yang 'bermanfaat'.  Jangan pilih topik penelitian yang banyak 'kompetitor' nya. Kalau mungkin, integrasikan topik penelitian dengan 'hobby' anda.

7 Memilih Topik Penelitian  Sesuaikan dengan 'road map' penelitian dari kelompok anda. Hindari 'reinventing the wheel'.  Identifikasi 'blank spots' Æ potensi kontribusi yang tinggi.  Pembatasan masalah Æ sesuaikan dengan waktu dan sumberdaya.

8 Pertanyaan/Masalah Penelitian  PERTANYAAN-PERTANYAAN SPESIFIK YANG INGIN DICARI JAWABAN ATAU SOLUSINYA DENGAN PENELITIAN YANG AKAN DILAKSANAKAN.

9 Pengumpulan Data  Pengamatan dan pengukuran di lapangan METODE  Wawancara (langsung ataupun melalui pihak lain)  Kuisoner/Angket  Pengamatan dan pengukuran di laboratorium. Studi pustaka MEKANISME  Tentukan dulu karakteristik dari data yang ingin dikumpulkan (macam, jumlah, tingkat kedetilan, dll.)  Kenapa suatu data diperlukan ? Bagaimana skala prioritas suatu data terhadap data lainnya ?  Bagaimana mekanisme pengumpulan data nya ?  Dimana dan kapan suatu data dapat diperoleh ?

10 Pengumpulan Data  Pengamatan dan pengukuran di lapangan METODE  Wawancara (langsung ataupun melalui pihak lain)  Kuisoner/Angket  Pengamatan dan pengukuran di laboratorium. Studi pustaka MEKANISME  Tentukan dulu karakteristik dari data yang ingin dikumpulkan (macam, jumlah, tingkat kedetilan, dll.)  Kenapa suatu data diperlukan ? Bagaimana skala prioritas suatu data terhadap data lainnya ?  Bagaimana mekanisme pengumpulan data nya ?  Dimana dan kapan suatu data dapat diperoleh ?

11 Jenis Data  DATA PRIMER (Prioritas) Diperoleh dari sumber primer, yaitu si peneliti (penulis) secara langsung melakukan observasi atau penyaksian kejadian-kejadian yang dituliskan.  DATA SEKUNDER Diperoleh dari sumber sekunder, yaitu peneliti mendapatkan atau melaporkan hasil observasi orang lain yang satu kali atau lebih telah lepas dari kejadian aslinya.

12 Pengolahan Data Data Proses Pengolahan Data Informasi


Download ppt "PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KIMIA Dr. Agus Setiabudi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google