Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia."— Transcript presentasi:

1

2  INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.  INTERconnected NETworking Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

3  Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET, untuk memungkinkan personil militer dan peneliti sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.  Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency) mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak berhingga melalui saluran telepon.

4  Diperkenalkan pada Oktober 1972, pada tahun 1981 hanya 231 komputer, tahun 1986 bertambah menjadi komputer, dan 1,5 juta komputer pada tahun  Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).  Dilanjutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET.

5 1. WORLD WIDE WEB [WEB] Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. 2. ELECTRONIC MAIL [ ] Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. 3. TELNET Kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut.

6 4. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP] Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau file dari satu komputer ke komputer yang lain, Download dan Upload. 5. GOPHER Pengaksesan informasi hanya berupa teks. 6. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC) Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan user lain. 7. NEWSGROUP Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai kepentingan bersama.

7 1. MODEM 2. TELEPON 3. SOFTWARE 4. INTERNET SERVICE PROVIDER

8  WEB SITE ◦ Tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan dikemas.  HOMEPAGE ◦ Istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses.  URL (Universal Resource Locator) ◦ Alamat yang unik dan khas setiap halaman dan situs dalam WWW. ◦ Bentuk dasar ; protocol://hostname/[path/[filename]] ◦ Contoh

9  Protocol ◦ Suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau manipulasi data.  HTTP (HyperText Transfer Protocol) ◦ Suatu protocol internet yang digunakan oleh WWW.  Host ◦ Alat yang memiliki Internet protocol (IP) Address di suatu network TCP/IP atau Internet.  HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML) ◦ Suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsir oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

10 Ada 3 cara menjalankan internet, asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP: 1. Menggunakan menu Klik START – PROGRAM – INTERNET EXPLORER 2. Menggunakan icon di desktop 3. Menggunakan icon di taskbar

11

12 Kembali ke halaman yang telah diakses Untuk maju ke halaman berikutnya Untuk menampilkan jendela pencarian yang disediakan IE Untuk menghentikan proses penampilan situs yang telah diketik di address bar Untuk kembali ke halaman awal Untuk daftar website yang kita sukai & sering dikunjungi Untuk mengulangi kembali proses penampilan website Untuk melihat daftar alamat situs yang pernah dikunjungi

13 1. Kelebihannya:  Akses 24 jam. Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’..Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.  Kecepatan. Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time.Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.  Kenyamanan. Peneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.

14  Kemudahan akses. Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah.Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya.  Biaya relatif. Tinggal men-download atau mencetak file/naskah tertentu sesuai kebutuhannya.  Interaktivitas dan fleksibilitas. Topik dan hasil riset bisa didiskusikan melalui sarana mailing list atau chatting tertentu.Selain itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya.  Selektivitas dan anonimitas. Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden.Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi.Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan jawaban.

15  Kelemahannya:  Kelemahan / Dampak Negatif InternetPenggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan.Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat.Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik.  Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain: 1. Adanya ancaman virus 2. Carding atau pencurian nomor kartu kredit 3. Adanya aktivitas cracking 4. Pembajakan karya intelektual 5. Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi) 6. Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.


Download ppt " INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google