Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KE 10 DOSEN : TRIO SANTOSO, S.Hut., M.SC.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KE 10 DOSEN : TRIO SANTOSO, S.Hut., M.SC."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KE 10 DOSEN : TRIO SANTOSO, S.Hut., M.SC

2 Beberapa model Agroforestry yang dapat dikembangkan : 1. Agrisilvopastur 2. Sylvopastoral 3. Agrosylvo-pastoral system 4. Multipurpose forest

3 Pola agroforestry yang sering dikembangkan : 1. Alley cropping (sistem lorong) 2. Alternate rows (sistem jalur berselang) 3. Trees along border (sistem kotak) 4. Random mixer (sistem acak)

4 Kelebihan Agroforestri  Kelebihan ekologi  Penggunaan sumber daya alam lebih efisien  Pohon punya fungsi protektif  Kelebihan ekonomis  Total produksi per satuan lahan meningkat  Semua komponen produk suatu sistem bisa menjadi input untuk komponen produksi lain.  Mengurangi biaya tanam.

5 Kelebihan Agroforestri Lanjutan  Kelebihan sosial dan ekonomi  Hasil diperoleh setiap waktu dalam setahun, menciptakan kesempatan kerja sepanjang waktu  Hasil pohon bisa diperoleh pada waktu peranian “off-season”. Jadi menghindari paceklik  Kayu sebagai tabungan  Produk dapat ditahan sampai harga baik

6 Lanjutan Kelebihan Agroforestri  Kelebihan psikologis  Perubahan tidak mengagetkan, karena berbeda sedikit saja dari sistem yang ada.  Kelebihan politik  Bisa diajukan sebagai teknik untuk membuat “resetlement” mereka yang masih menjalankan perladangan berpindah.

7 Kelemahan Agroforestri  Kendala ekologi  Lebih intensif, perlu pemupukan, petani tradisional jadi merasa asing.  Pilihan jenis pada tanah marjinal bisa menjadi pembatas  Ada kompetisi antar jenis, mungkin allelopatik.  Kendala ekonomi  Bila sistem baru diterapkan, mungkin perlu invetasi besar untuk memulainya.  Meski lebih cepat menghasilkan dibanding hutan, namun tetap memerlukan dana pada masa menunggu panen.  Pemilikan lahan terlalu sempit untuk satuan produksi mandiri, perlu pengelompokan (kelompok tani) atau tambahan kesempatan kerja.

8 Lanjutan Kelemahan Agroforestri  Kendala sosial  Sebagai land use lebih kompleks perlu lebih banyak pengetahuan tani, tambahan pendidikan diperlukan.  Lebih padat karya, lebih banyak jenis, sukar dijalankan di tempat yang kurang tenaga kerja karena sukar dimekanisasi. Baik untuk daerah berpendduk padat, tetapi yang penting untuk dipertimbangkanjuga adalah prestasi kerjanya.  Bagian dari hasil agroforestri memerlukan masa tunggu yang agak lama. Penanam harus dapat jaminan hasil untuk invest disini.  Bila model baru diperkenalkan, perlu partisipasi penduduk setempat.

9 Kelemahan Agroforestri Lanjutan  Kendala organisasi  Bila produk akan dipasarkan, diperlukan badan untuk mengangkut dan memasarkan.  Tahap persiapan dan pelaksanaannya memerlukan pengorganisasian yang baik dan perlu dikombinasikan dengan program pendidikan/penyuluhan.  Kendala ilmiah  Masih kurang pengalaman dan pengetahuan di bidang ini.


Download ppt "PERTEMUAN KE 10 DOSEN : TRIO SANTOSO, S.Hut., M.SC."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google