Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia, dosa dan konsekwensiNya Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia, dosa dan konsekwensiNya Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."— Transcript presentasi:

1 Manusia, dosa dan konsekwensiNya Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp

2 1. Asal Mula manusia Masalah asal-usul manusia menimulkan perdebatan sengit selama + 20 th terakhir ini. Apalagi setelah terbit karya Darwin “the origin of species 1859 th ”. Masalah asal-usul manusia menimulkan perdebatan sengit selama + 20 th terakhir ini. Apalagi setelah terbit karya Darwin “the origin of species 1859 th ”. Evolusi organik secara umum didefenisikan: “asal-usul species dari species yang sudah ada sebelumnya melalui penurunan dengan neodifikasi.” Evolusi organik secara umum didefenisikan: “asal-usul species dari species yang sudah ada sebelumnya melalui penurunan dengan neodifikasi.” Manusia berbeda dengan binatang: krn SIFATnya luar biasa, daya RASIONALnya, kesadaran MORALnya, pengutamaan KEINDAHAN dll. MANUSIA UNIK. Manusia berbeda dengan binatang: krn SIFATnya luar biasa, daya RASIONALnya, kesadaran MORALnya, pengutamaan KEINDAHAN dll. MANUSIA UNIK.

3 Contoh: Perhatikan candi Borobudur. Apa mungkin seekor serangga atau kera dapat menyusun batu yang demikian dan untuk apa itu di susun. Contoh: Perhatikan candi Borobudur. Apa mungkin seekor serangga atau kera dapat menyusun batu yang demikian dan untuk apa itu di susun. Penemuan tulang manusia purba diperkirakan jutaan tahun lalu. Lihat penggalian mayat, kalau tidak diawetkan. Penemuan tulang manusia purba diperkirakan jutaan tahun lalu. Lihat penggalian mayat, kalau tidak diawetkan. 2. Alkitab : Manusia dicipta oleh Tuhan pada hari yang ke-6 (Kej 1). 2 aspek dalam peciptaan manusia: 2 aspek dalam peciptaan manusia: Tuhan membentuk manusia dr debu tanah Tuhan membentuk manusia dr debu tanah Tuhan menghembuskan nafas hidup ke dlm hidungnya. Tuhan menghembuskan nafas hidup ke dlm hidungnya.

4 3. Manusia sebagai gambar dan Rupa Allah: Artinya: menunjukkan bahwa manusia itu merupakan gambar yang kelihatan dari Allah yang tidak kelihatan dalam hal kesamaan karakteristik manusia dengan Allah, yaitu memiliki nafas kehidupan, berakal budi, kehendak dan kepribadian (watak). 4. Tugas dan tanggung jawab MANUSIA: Manusia ditetapkan menjadi wakil Allah dan bertugas untuk menguasai, memelihara dan mengelola bumi, termasuk beranak cucu.

5 5. Kejatuhan manusia ke dalam DOSA Kej 3:1-7 Kejatuhan manusia ke dlm dosa Kej 3:1-7 Kejatuhan manusia ke dlm dosa Rm 5:12-13 Meyatakan peristiwa yg benar terjadi. Rm 5:12-13 Meyatakan peristiwa yg benar terjadi. Kej 2:10-14 Lokasi Tmn Eden cukup jelas. Kej 2:10-14 Lokasi Tmn Eden cukup jelas. 6. Sifat serta jangkauan dosa. Pengertian DOSA : Pengertian DOSA : PL menggunakankan kata: khattat, khet, p’esya yg berarti ‘tidak mengenai sasaran; Pemberontakan aktip; Pelanggaran. PL menggunakankan kata: khattat, khet, p’esya yg berarti ‘tidak mengenai sasaran; Pemberontakan aktip; Pelanggaran. PB Dosa Yun :   ‘KURANG dari ukuran ALLAH. PB Dosa Yun :   ‘KURANG dari ukuran ALLAH.

6 Penyebaran dosa: dosa warisan. Penyebaran dosa: dosa warisan. Dosa masuk melalui manusia pertama Adam dan Hawa (Rm 5:12). Dosa masuk melalui manusia pertama Adam dan Hawa (Rm 5:12). Dosa Bersifat Universal (Rm 3:10,23 Maz 14:1) Dosa Bersifat Universal (Rm 3:10,23 Maz 14:1) Dosa mempengaruhi manusia secara keseluruhan: kehendak, pikiran dan pengertian, perasaan, ucapan & perilaku. Dosa mempengaruhi manusia secara keseluruhan: kehendak, pikiran dan pengertian, perasaan, ucapan & perilaku. 7. Pengaruh/dampak dari dosa Dalam hubungan dengan ALLAH. Dalam hubungan dengan ALLAH. Dalam Hubungan dengan SESAMA. Dalam Hubungan dengan SESAMA. Dalam hubungan dengan DIRI SENDIRI. Dalam hubungan dengan DIRI SENDIRI. Dalam hubungan dengan ALAM SEMESTA Dalam hubungan dengan ALAM SEMESTA

7 8. Masalah-masalah lain berkaitan dengan dosa. Kebebasan manusia. Kebebasan manusia. Bebas untuk memilih dan mengambil keputusan. Bebas untuk memilih dan mengambil keputusan. Keputusan dan perbuatan menentukan hasil yang akan datang (Gal 6:7) Tabur Tuai. Keputusan dan perbuatan menentukan hasil yang akan datang (Gal 6:7) Tabur Tuai.


Download ppt "Manusia, dosa dan konsekwensiNya Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google