Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Money Forensic. Definisi Uang Uang adalah sesuatu yang secara umum diterima di dalam pembayaran untuk pembelian barang-barang dan jasa serta untuk pembayaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Money Forensic. Definisi Uang Uang adalah sesuatu yang secara umum diterima di dalam pembayaran untuk pembelian barang-barang dan jasa serta untuk pembayaran."— Transcript presentasi:

1 Money Forensic

2 Definisi Uang Uang adalah sesuatu yang secara umum diterima di dalam pembayaran untuk pembelian barang-barang dan jasa serta untuk pembayaran utang. Uang palsu adalah hasil perbuatan tindak pidana melawan hukum berupa meniru dan/atau memalsukan uang yang dikeluarkan sebagai satuan mata uang yang sah.

3 Fungsi Uang Uang sebagai alat tukar-menukar. Uang sebagai alat satuan hitung. Uang sebagai alat penyimpan kekayaan Uang sebagai alat penyelesaian hutang- piutang

4 Keaslian Uang (Rupiah) Keaslian uang Rupiah dapat dikenali melalui ciri-ciri yaitu : bahan yang digunakan untuk membuat uang (kertas, plastik, atau logam) desain uang warna masing-masing pecahan uang teknik pencetakannya.

5 Sebagian ciri-ciri yang terdapat pada uang Rupiah tersebut, selain berfungsi sebagai ciri untuk membedakan antara satu pecahan dengan pecahan lainnya, dapat berfungsi juga sebagai alat pengaman dari ancaman tindak pidana pemalsuan uang.

6 Alat pengaman pada uang: kasat mata dan kasat raba: Tulisan timbul Tanda air baru terlihat dengan menggunakan alat bantu (benang pengaman) alat bantu: sinar ultra violet (UV lights) sinar infra merah (infra red lights) kaca pembesar (loupe), dan alat plastik tertentu untuk melihat scramble image.

7 Ciri-ciri pada bahan uang kertas a.Bahan Kertas Uang Kertas yang terbuat dari serat kapas atau campuran dengan bahan lainnya, yang diproses secara khusus sehingga tidak memendar di bawah sinar ultra violet (UV lights). b.Tanda Air (Water Mark) Adalah gambar berupa kepala pahlawan nasional yang dibuat dengan cara menipiskan serat kapas sehingga terlihat jelas apabila diterawangkan ke arah cahaya, baik dari bagian muka maupun belakang.

8 c.Benang Pengaman Adalah bahan dari plastik yang ditanam pada kertas uang dan akan terlihat sebagai garis melintang dari atas ke bawah apabila diterawangkan ke arah cahaya. Benang pengaman tersebut dapat dibuat tidak memendar (non-fluorescent) maupun memendar (fluorescent) di bawah sinar ultra violet dengan penempatan satu warna (single colour fluorescent) atau beberapa warna (multi colour/rainbow fluorescent).

9 d. Electrotype Adalah gambar berbentuk hiasan yang dibentuk dengan cara seperti pembuatan tanda air (water mark), namun lebih tipis sehingga akan terlihat lebih terang dari penampakan tanda air apabila diterawangkan ke arah cahaya. e. Serat-Serat (Vibres) Adalah serat berwarna yang disebarkan secara acak di atas kertas uang sehingga penempatannya tidak pernah sama pada setiap lembar uang. Serat tersebut terdiri dari serat yang kasat mata dan serat yang baru terlihat apabila disinari dengan ultra violet.

10 Ciri-ciri pada bahan plastik (polimer) a.Bahan Plastik (Polymer) Adalah plastik yang terbuat dari bijih plastik yang diproses secara khusus dengan diberi lapisan (coating), sehingga tidak memendar di bawah sinar ultra violet (UV Lights). b. Bayangan Gambar (Translucent Shadow Image) Adalah bayangan gambar yang dapat dilihat di bawah cahaya dari sisi tertentu.

11 c.Jendela Transparan (Transparent Security Window) Adalah jendela transparaan yang memuat gambar hologram (Optically Variable Devices/OVD) yang terlihat dari sisi muka dan belakang serta akan menampakkan perubahan warna bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda. d.Jendela berwarna (Colour Security Window) Adalah jendela transparan yang berwarna dan memuat suatu filter untuk melihat gambar (metameric print) di sisi tertentu yang berfungsi sebagai alat penguji keaslian uang (self- authentication).

12 Desain dan Warna Uang Desain dan warna dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memberikan ciri-ciri tertentu, baik untuk keperluan keindahan maupun untuk pengamanan terhadap ancaman tindak pidana pemalsuan uang, yang meliputi : 1.Gambar utama bagian muka dan bagian belakang. 2.Gambar dan ornamen pendukung lainnya. 3.Warna dominan uang. 4.Ukuran uang.

13 Pemalsuan Uang 1.Lukisan Tangan Yaitu jenis pemalsuan dengan cara mengandalkan kepandaian melukis pada kertas dengan mencontoh gambar pada uang kertas asli.

14 memindahkan gambar pada uang kertas asli ke kertas lain dengan cara pengepresan. 2. Colour Transfer Uang kertas asli + cairan kimia tinta cetak menjadi lunak dan gambarnya bisa dipindahkan ke kertas lain uang asli dibelah menjadi dua bagian dan masing-masing ditempelkan dengan kertas hasil proses pemindahan gambar cetakan uang tersebut

15 3.Cetak Sablon teknik cetak sablon pada kertas berwarna putih 4.Cetak offset teknik cetak offset seperti pada pembuatan majalah 5.Fotokopi Berwarna menggunakan mesin fotokopi berwarna yang canggih.

16 6.Scanner menggunakan alat scanner dan perangkat komputer serta mesin printer berwarna 7.Colour Separation teknik cetak fotografi melalui proses pemisahan warna. Warna-warna yang ada pada uang kertas asli diperoleh dari penggabungan 4 warna yaitu biru, merah, kuning, dan hitam untuk memperoleh kesempurnaan /kekontrasan hasil cetakan.

17 Apa yang harus dilakukan bila uang palsu 1.Masyarakat: melaporkan uang palsu pada Bank Indonesia, bank umum, atau pihak kepolisian. 2. Bank umum: 1.Tahan uang palsu tersebut dan tidak diganti 2.Tidak boleh merusak fisik uang 3.Mencatat identitas pelapor 4.Membuat laporan ke Bank Indonesia.

18 Contoh Kasus

19

20 TERIMA KASIH


Download ppt "Money Forensic. Definisi Uang Uang adalah sesuatu yang secara umum diterima di dalam pembayaran untuk pembelian barang-barang dan jasa serta untuk pembayaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google