Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROYEK PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN INTEGRASI TEKNIK DELPHI, AHP DAN FUNGSI KEHILANGAN BIAYA TAGUCHI RATRI WIJAYANTI ANINDITA 3333090123.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROYEK PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN INTEGRASI TEKNIK DELPHI, AHP DAN FUNGSI KEHILANGAN BIAYA TAGUCHI RATRI WIJAYANTI ANINDITA 3333090123."— Transcript presentasi:

1 PROYEK PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN INTEGRASI TEKNIK DELPHI, AHP DAN FUNGSI KEHILANGAN BIAYA TAGUCHI RATRI WIJAYANTI ANINDITA

2 ABSTRAK Proyek pemilihan supplier adalah salah satu pengambilan keputusan yang paling penting bagi perusahaan. Tulisan ini menyajikan teknik Delphi, Analisis Hirarki Proses (AHP) dan fungsi kehilangan biaya Taguchi untuk penilaian dan seleksi pemasok. Kriteria peningkatan kinerja penting digunakan dalam pemasok dan peningkatan efisiensi dalam pengambilan keputusan.

3 PENDAHULUAN Pemilihan melibatkan beberapa kriteria kuantitatif dan kualitatif yang berbasis pada jenis kemitraan (Awasthi et al.,). Prosedur Seleksi dianggap sebagai kriteria pengambilan keputusan multi-(MCDM) masalah yang dipengaruhi oleh kriteria nyata maupun kriteria tidak nyata seperti kualitas, harga, pengiriman, kinerja pelayanan, kemampuan teknis, eksekusi waktu, dan sebagainya. Untuk para pembuat keputusan (DMS), memilih pemasok yang tepat secara signifikan akan mengurangi biaya pembelian, meningkatkan daya saing dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

4 KRITERIA EVALUASI PEMILIHAN SUPPLIER Kriteria telah dikembangkan untuk evaluasi pemasok dan masalah pemilihan sejak Beberapa contoh literatur pemilihan supplier diberikan sebagai berikut : 1.Dickson mengidentifikasi 23 kriteria untuk pemilihan pemasok kualitas yaitu : tepat waktu pengiriman, harga, sejarah kinerja, jaminan kebijakan, kemampuan teknis dan keuangan, dan sebagainya. 2.Evans mengusulkan harga, kualitas dan pengiriman adalah kriteria yang sangat penting untuk penilaian pemasok di pasar industri. 3.Ellram percaya bahwa dalam proses seleksi pemasok, perusahaan perlu memperhatikan kualitas, harga, pengiriman dan layanan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 4.Pi dan Low mengusulkan sebuah metode untuk evaluasi pemasok dan seleksi berdasarkan kualitas, harga pengiriman lead time, dan pelayanan. 5.Dll Berdasarkan pada penelitian mereka, kualitas, harga, pengiriman, dan layanan lainnya adalah empat kriteria yang paling penting untuk evaluasi pemasok dan seleksi.

5 METODE PEMILIHAN SUPPLIER 1.Metode Biaya Rasio Metode biaya rasio mengevaluasi setiap atribut sebagai persentase dari jumlah pembelian selama suppler. Namun, pendekatan ini memiliki kesulitan dalam mengembangkan akuntansi biaya sistem untuk tujuan (Timmerman). 2.Model Berbasis Biaya Youssef et al. mengakui model berbasis biaya memiliki tiga keunggulan yaitu : hal itu memungkinkan untuk kriteria evaluasi kualitatif dan kuantitatif, Evaluasi kriteria kualitatif dilakukan oleh mereka yang memiliki kontak langsung dengan pemasok dan kedua indeks saling melengkapi satu sama lain. Namun dengan model ini, proses evaluasi masih subjektif. 3.Model Kategoris Willis dan Houston mengusulkan model kategoris, pemasok dievaluasi pada kriteria seperti kualitas, biaya, kecepatan pengiriman, dll berdasarkan masing-masing kriteria. Pemasok diklasifikasikan menjadi baik, adil, dsb kemudian diberi (+), (0) atau (-) untuk setiap tingkat. Keterbatasan model ini adalah bahwa semua atribut ditimbang sama.

6 METODE PEMILIHAN SUPPLIER (LANJUTAN) 4. Metode Weighted point … …..1.1 Kriteria evaluasi supplier harus diidentifikasi dan diberi titik berat pada awalnya. Kemudian pembelian terkait orang akan menilai kinerja pemasok di bawah penilaian intuitif. Salah satu kelemahan utama adalah keterbatasan terkait dengan skala teknik. 5. Analisis Keuntungan Vendor Analisis keuntungan Vendor adalah model titik dimodifikasi tertimbang (Thompson). ……1.2 Teknik simulasi Monte Carlo teknik simulasi telah digunakan dalam model ini untuk pemodelan ketidakpastian terkait dengan prediksi kinerja vendor terhadap kriteria evaluatif bukannya rating dari penghakiman intuitif manusia. Proses perhitungan diulang hingga beberapa ribu kali untuk masing-masing vendor

7 METODE PEMILIHAN SUPPLIER (LANJUTAN) 6. Analisis Dimensi Proses evaluasi pemasok melibatkan serangkaian perbandingan dan hanya dapat membandingkan dua vendor setiap waktu berdasarkan metode analisis dimensional. Rasio analisis dimensional (DAR) dapat diperoleh dari persamaan : ……1.3 Namun, ada dua kelemahan dalam model ini. Pertama, nilai DAR = 1, maka akan menyebabkan DM akan acuh tak acuh terhadap vendor untuk memilih. Kedua, proses ini menjadi sangat membosankan dan memakan waktu jika sejumlah besar vendor bisa seleksi

8 METODE YANG DIUSULKAN Metode yang diusulkan terdiri dari teknik Delphi yang dimodifikasi (metode konvensional yang diadopsi dari metode peramalan kualitatif), AHP (keputusan multi-atribut yang memungkinkan ukuran finansial dan non- keuangan, kuantitatif dan kualitatif yang harus dipertimbangkan dan trade-off antar ahli harus diatasi) dan fungsi kehilangan biaya Taguchi (metode yang berguna di bidang pengawasan mutu). Prosedur evaluasi pemilihan supplier proyek adalah mengidentifikasi beberapa kriteria yang dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan. Kemudian, teknik Delphi modifikasi dapat digunakan untuk menentukan kriteria evaluatif. Setelah membangun hubungan struktur jaringan kriteria, bobot dapat dihitung dengan menerapkan AHP. Akhirnya, melakukan pendekatan fungsi kehilangan biaya Taguchi mencapai hasil peringkat akhir.

9 THE END OF PRESENTATION & TERIMA KASIH


Download ppt "PROYEK PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN INTEGRASI TEKNIK DELPHI, AHP DAN FUNGSI KEHILANGAN BIAYA TAGUCHI RATRI WIJAYANTI ANINDITA 3333090123."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google