Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LULUS BAHRODIN, 6250404039 Gaya Kepemimpinan Pelatih SepakBola di Klub Sekolah SepakBola (SSB) Tugu Muda Semarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LULUS BAHRODIN, 6250404039 Gaya Kepemimpinan Pelatih SepakBola di Klub Sekolah SepakBola (SSB) Tugu Muda Semarang."— Transcript presentasi:

1 LULUS BAHRODIN, Gaya Kepemimpinan Pelatih SepakBola di Klub Sekolah SepakBola (SSB) Tugu Muda Semarang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : LULUS BAHRODIN - NIM : PRODI : Ilmu Keolahragaan - JURUSAN : Ilmu Keolahragaan - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - kur_kur2001 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. H. Soekardi, M. Pd - PEMBIMBING 2 : Drs. H Djanu Ismanto, MS - TGL UJIAN :

3 Judul Gaya Kepemimpinan Pelatih SepakBola di Klub Sekolah SepakBola (SSB) Tugu Muda Semarang

4 Abstrak Peranan seorang pemimpin memang sudah dapat dirasakan manfaatanya bahwa kemajuan–kemajuan yang telah dicapai dalam organisasi, baik dalam menciptakan keharmonisan dalam organisasi atau dalam menciptakan keselarasan dan keserasian dalam organisasi tersebut tidak lepas dari peranan seoarang pemimpin. Seperti halnya didalam klub sepakbola tugu muda semarang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran tentang kecenderungan gaya kepemimpinan pelatih sepak bola pada klub Sekolah Sepakbola Tugu Muda Semarang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang gaya kepemimpinan pelatih sepakbola pada klub Sekolah Sepakbola Tugu Muda Semarang. Dalam penelitian ini populasi diambil dari anggota klub Sekolah Sepakbola Tugu Muda Semarang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah 27 orang pelatih anggota klub sekolah sepakbola (SSB) Tugu Muda Semarang. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penyusunan skripsi ini adalah penelitian deskripsi dengan metode survei, yaitu menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan teknik survei dengan menggunakan angket.Setelah dilakukan pengambilan data, karena data yang diperoleh dalam bentuk kuantitatif maka data ini akan dihitung dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif kemudian dimaknai. Hasil penelitian menunjukkan diketahui sebanyak 6 responden atau 22,2% memiliki gaya kepemimpinan otoriter dalam kategori sedang, 16 responden atau 59,3% termasuk dalam kategori tinggi dan selebihnya 5 responden atau 18,5% termasuk kategori sangat tinggi. Pada gaya kepemimpinan demokratis diketahui sebanyak 1 responden atau 3,7% termasuk dalam kategori sedang, 17 responden atau 63,0% dalam kategori tinggi dan 9 responden atau 33,3% termasuk kategori sangat tinggi. Pada gaya kepemimpinan People–Centered diketahui sebanyak 10 responden atau 37,0% termasuk dalam kategori sedang, 16 responden atau 59,3% dalam kategori tinggi dan 1 responden atau 3,7% termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan pada gaya kepemimpinan task-oriented diketahui sebanyak 7 responden atau 25,9% termasuk dalam kategori sedang, 15 responden atau 55,6% dalam kategori tinggi dan 5 responden atau 18,5% termasuk kategori sangat tinggi. Hasil penelitian maka dapat ditarik simpulan bahwa kecenderungan gaya kepemimpinan pelatih di SSB Tugu Muda Semarang memiliki kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis. Saran yang dapat diberikan yaitu gaya kepemimpinan demokratis memberikan keuntungan dapat memberikan motivasi kepada atlet karena mereka merasa dihargai ide dan pendapatnya, akan tetapi hendaknya pelatih mampu lebih tegas dalam mengambil keputusan terutama dalam kondisi tertekan, artinya tidak berarti demokratis membuat pelatih seolaholah dapat mengikuti semua keinginan atlenya. Hal ini dimaksudkan agar atlet lebih serius dan disiplin dalam berlatih maupun pada saat bertanding.

5 Kata Kunci Gaya Kepemimpinan, pelatih sepakbola, coach

6 Referensi Anoraga Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta. Danim, Sudarwan Menjadi Peneliti Kuantitatif, CV. Pustaka Setia, Bandung. Fieldler dan Martin M. Chemers “Leadership and Effective Management by Scott, Foresman and Company, Glenview Illionis, Handoko, Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty. Harsono Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma Hasan Ali, dkk Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Hicks, H.G. dan Gullet,G.R Organisasi Teori dan Tingkah Laku. Jakarta:Bumi Aksara. Imam Moedjiono Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press Jonathan Sarwono Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Lewis & Brown Human Genetics Concept and Application 2nd. Oxford University Press M. Ali Penelitian Kependidikan (Prosedur dan Srategi). Bandung: Angkasa. M. Hariwijaya Cara Mudah Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Paraton Publising Martin M. Chemers Leadership and Effective Management by Scott, Foresman and Company, Glenview Illionis P. Satiadarma dalam Ronald & Ralp The Survival of Charles Darwin, New York: Avon Books Rusli Luthan Managemen Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud Servant Leadership. Sondang P. Siagian Teori dan Praktik Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta Suharsimi Arikunto Managemen Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta Sumadi Suryabrata Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. Rajawali Stoner Manajemen. Erlangga Jakarta Tarwotjo dan Harmanti Ensiklopedi Umum Tramel & Reynold Executive Leadership. Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs Wahjosumidjo Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Zaki Baridwan, Sistem Akuntansi: Penyusunan Prosedur dan Metode Yogyakarta: BPFE

7 Terima Kasih


Download ppt "LULUS BAHRODIN, 6250404039 Gaya Kepemimpinan Pelatih SepakBola di Klub Sekolah SepakBola (SSB) Tugu Muda Semarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google