Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses Perangkat Lunak. Rekayasa Perangkat Lunak Kami telah menetapkan masalah domain - perangkat lunak kekuatan industri Selain memberikan perangkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses Perangkat Lunak. Rekayasa Perangkat Lunak Kami telah menetapkan masalah domain - perangkat lunak kekuatan industri Selain memberikan perangkat."— Transcript presentasi:

1 Proses Perangkat Lunak

2 Rekayasa Perangkat Lunak Kami telah menetapkan masalah domain - perangkat lunak kekuatan industri Selain memberikan perangkat lunak, biaya, kualitas, dan jadwal driver Software engineering didefinisikan sebagai pendekatan sistematis untuk pengembangan (kekuatan industri) perangkat lunak

3 Proses, Orang, Teknologi Q & P adalah tujuan yang penting Q & P tergantung pada orang, proses, dan teknologi Proses membantu orang menjadi lebih produktif dan membuat kesalahan lebih sedikit Alat orang membantu menjalankan beberapa tugas dalam proses lebih efisien dan efektif Jadi, proses membentuk inti

4 Proses Perangkat Lunak Proses berbeda dari produk - produk hasil dari melaksanakan proses pada proyek SW Engg. berfokus pada proses Premise: proses yang tepat akan membantu mencapai tujuan proyek QP tinggi

5 Masalah Pengembangan perangkat lunak

6 Proyek dan Proses Sebuah proyek perangkat lunak adalah salah satu contoh dari masalah pembangunan Proses Pengembangan mengambil proyek dari kebutuhan pengguna ke perangkat lunak Ada tujuan-tujuan lain dari jadwal biaya dan kualitas, selain memberikan perangkat lunak Butuh proses lainnya

7 Proses Perangkat Lunak... Proses: Sebuah urutan langkah-langkah dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu Proses Perangkat Lunak: Urutan langkah-langkah yang dilakukan untuk memproduksi perangkat lunak dengan kualitas tinggi, dalam anggaran dan jadwal Banyak jenis kegiatan yang dilakukan oleh orang- orang diff dalam sebuah proyek perangkat lunak Lebih baik untuk melihat proses software sebagai komponen proses yang terdiri dari banyak

8 Komponen Perangkat Lunak Proses Dua proses utama Pengembangan - berfokus pada pengembangan dan langkah-langkah kualitas yang diperlukan untuk insinyur perangkat lunak Manajemen Proyek - berfokus pada perencanaan dan pengendalian proses pembangunan Proses Pembangunan merupakan jantung dari proses perangkat lunak; proses-proses lain berputar di sekitar itu ini dijalankan oleh orang yang berbeda pengembang mengeksekusi Engg. Proses manajer proyek mengeksekusi proses Mgmt

9 Komponen Proses... lain proses Konfigurasi proses manajemen: mengelola evolusi artefak Perubahan manajemen proses: bagaimana perubahan yang dimasukkan Proses manajemen proses: manajemen proses itu sendiri Proses Inspeksi: Bagaimana inspeksi dilakukan pada artefak

10 Proses Spesifikasi Proses umumnya satu set fase Setiap fase melakukan tugas yang didefinisikan dengan baik dan umumnya menghasilkan output output Menengah - produk kerja Pada tingkat atas, biasanya beberapa fase dalam proses Cara melakukan fase tertentu - metodologi telah diusulkan

11 ETVX Spesifikasi ETVX pendekatan untuk menentukan langkah kriteria Entry: kondisi apa yang harus dipenuhi untuk memulai fase ini Tugas: apa yang harus dilakukan dalam fase ini Verifikasi: pemeriksaan dilakukan pada output dari tahap ini kriteria keluar: kapan bisa fase ini dianggap dilakukan dengan sukses fase A juga menghasilkan info untuk Mgmt

12 Pendekatan ETVX

13 Proses Pengembangan dan Model Proses

14 Proyek Perangkat Lunak Proyek - untuk membangun sebuah sistem sw dalam biaya dan jadwal dan dengan kualitas tinggi yang memenuhi pelanggan proses yang diperlukan untuk mencapai tujuan Cocok Proses seharusnya tidak hanya membantu menghasilkan perangkat lunak tetapi membantu mencapai tertinggi & P Q

15 Proyek 's proses dan Model Proses Untuk proyek, proses proyek yang harus diikuti adalah ditentukan dalam perencanaan Sebuah model proses menentukan proses umum yang optimal untuk kelas masalah Sebuah proyek dapat memilih proses dengan menggunakan salah satu model proses

16 Proses Pengembangan Satu set fase dan setiap fase menjadi urutan langkah Urutan langkah-langkah untuk fase - fase metodologi untuk itu. Mengapa fase Untuk menggunakan membagi dan menaklukkan setiap fase menangani bagian yang berbeda dari masalah membantu dalam validasi terus menerus

17 Proses Pengembangan Umumnya memiliki kegiatan: analisis Persyaratan, arsitektur, desain, coding, pengujian, pengiriman Model yang berbeda melakukan mereka dengan cara yang berbeda

18 Proses Model Sebuah model proses menentukan proses umum, biasanya sebagai satu set tahap Model ini akan cocok untuk kelas proyek yakni model menyediakan struktur generik dari proses yang dapat diikuti oleh beberapa proyek untuk mencapai tujuan mereka

19 Waterfall Model Linear urutan tahap / fase Persyaratan - HLD - DD - Kode - Uji - Menyebarkan fase A dimulai hanya ketika sebelumnya telah selesai; tidak ada umpan balik Fase proyek partisi, masing-masing menangani masalah yang terpisah

20 Air Terjun... memesan Linear menyiratkan setiap tahap harus memiliki beberapa output Output harus divalidasi / disahkan Output dari fase sebelumnya: produk kerja umum output dari air terjun: SRS, rencana proyek, desain docs, menguji rencana dan laporan, kode akhir, mendukung docs

21 Keuntungan Air Terjun Secara konseptual sederhana, bersih membagi masalah ke dalam tahap yang berbeda yang dapat dilakukan secara independen Alam pendekatan untuk pemecahan masalah Mudah untuk mengelola dalam setup kontrak - setiap fase adalah tonggak sejarah

22 Air Terjun kerugian Menganggap bahwa persyaratan dapat ditetapkan dan beku awal Mei memperbaiki hardware dan teknologi lainnya terlalu dini Mengikuti "big bang" pendekatan - semua atau tidak pengiriman; terlalu berisiko Sangat berorientasi dokumen, membutuhkan dokumen pada akhir setiap tahap

23 Penggunaan Air Terjun Telah digunakan secara luas Nah cocok untuk proyek-proyek di mana persyaratan dapat dipahami dengan mudah dan keputusan teknologi yang mudah yakni untuk jenis proyek akrab masih mungkin yang paling optimal

24 Prototyping Prototyping alamat pembatasan persyaratan spesifikasi air terjun persyaratan pembekuan hanya dengan diskusi, prototipe dibangun untuk memahami persyaratan Alih-alih Membantu meringankan risiko persyaratan Sebuah model air terjun kecil menggantikan tahap persyaratan

25 Prototyping

26 Prototyping Pengembangan prototipe Mulai dengan persyaratan awal Hanya fitur kunci yang perlu pemahaman yang lebih baik termasuk dalam prototipe Tidak ada gunanya termasuk fitur-fitur yang dipahami dengan baik diambil untuk meningkatkan pemahaman dari persyaratan Umpan balik dari pengguna

27 Prototyping Biaya dapat disimpan rendah Membangun hanya fitur yang memerlukan klarifikasi "cepat dan kotor" - kualitas tidak penting, script dll dapat digunakan Hal-hal seperti penanganan eksepsi, pemulihan, standar dihilangkan Biaya dapat beberapa% dari total Belajar dalam membangun prototipe akan membantu dalam membangun, selain persyaratan ditingkatkan

28 Prototyping Keuntungan: req akan lebih stabil, req beku kemudian, pengalaman membantu dalam pengembangan utama Kekurangan: hit Potensi pada biaya dan jadwal Penerapan: Ketika req sulit untuk memperoleh dan keyakinan dalam p'mint rendah; yaitu di mana p'mint tidak dipahami dengan baik

29 Pembangunan Iteratif Penghitung yang "semua atau tidak" Kelemahan dari model air terjun Menggabungkan manfaat prototyping dan air terjun Mengembangkan dan menyediakan perangkat lunak secara bertahap Setiap kenaikan lengkap dalam dirinya sendiri Dapat dilihat sebagai urutan air terjun Umpan balik dari satu iterasi yang digunakan dalam iterasi masa depan

30 Peningkatan Iteratif

31 Pembangunan Iteratif Produk hampir selalu mengikut inya Digunakan umumnya dalam pembangunan disesuaikan juga Bisnis ingin respon cepat untuk sw Tidak dapat membayar resiko semua apa-apa- atau- pendekatan baru seperti XP, Agile,... semua bergantung pada pengembangan iteratif

32 Pembangunan Iteratif Manfaat: Dapatkan-as-you-membayar, umpan balik untuk perbaikan, Kekurangan: Arsitektur / desain tidak mungkin optimal, pengerjaan ulang dapat meningkatkan, total biaya mungkin lebih Penerapan: di mana waktu respon sangat penting, risiko proyek yang lama tidak dapat diambil, req semua tidak diketahui

33 Bentuk lain Iteratif Iterasi pertama tidak persyaratan dan arsitektur dengan cara terjun Pengembangan dan pengiriman dilakukan secara bertahap dalam iterasi

34 Bentuk lain dari Iterasi...

35 Timeboxing Iteratif adalah urutan linier dari iterasi Setiap iterasi adalah air terjun mini - menentukan spesifikasi, maka rencana iterasi Waktu tinju - memperbaiki durasi iterasi, kemudian menentukan spesifikasi Membagi iterasi dalam beberapa tahap yang sama Gunakan konsep pipelining untuk mengeksekusi iterasi secara paralel

36 Waktu Iterasi kemas pengembangan iteratif Umum - memperbaiki fungsi untuk setiap iterasi, kemudian merencanakan dan jalankan Pada iterasi kotak waktu - memperbaiki durasi iterasi dan menyesuaikan fungsi untuk menyesuaikannya Waktu Penyelesaian adalah tetap, fungsi yang akan disampaikan adalah fleksibel

37 Waktu Iterasi kotak Hal ini sendiri sangat berguna dalam banyak situasi Apakah waktu pengiriman diprediksi Secara keseluruhan rilis produk dan pemasaran dapat lebih terencana Membuat parameter waktu tidak bisa ditawar dan membantu memfokuskan perhatian pada jadwal Mencegah kembung persyaratan waktu dev Secara keseluruhan masih tidak berubah

38 Timeboxing - Mengambil Waktu Iterasi kemas lebih lanjut Bagaimana jika kita memiliki beberapa iterasi mengeksekusi secara paralel Dapat mengurangi waktu penyelesaian rata-rata dengan memanfaatkan paralelisme Untuk eksekusi paralel, dapat meminjam konsep- konsep pipelining dari hardware Hal ini menyebabkan Timeboxing Model Proses

39 Timeboxing Model - Dasar Pengembangan dilakukan secara iteratif dalam kotak durasi waktu yang tetap Setiap kotak waktu dibagi dalam tahap tetap Setiap tahap melakukan tugas yang jelas yang dapat dilakukan secara mandiri Setiap tahap kira-kira sama dalam durasi Ada sebuah tim khusus untuk setiap tahap Ketika satu tim tahap selesai, itu menyerahkan proyek kepada tim berikutnya

40 Timeboxing Dengan jenis kotak waktu, dapat menggunakan pipelining untuk mengurangi waktu siklus Seperti pipelining hardware - view iterasi setiap instruksi Sebagai tahap telah mendedikasikan tim, eksekusi simultan dari iterasi yang berbeda adalah mungkin

41 Contoh Sebuah iterasi dengan tiga tahap - Analisis, Membangun, Deploy Tahap-tahap ini appx sama dalam banyak situasi Dapat menyesuaikan dengan menentukan jangka waktu yang sesuai boudaries Dapat menyesuaikan durasi dengan menyesuaikan ukuran tim untuk setiap tahap Memiliki tim terpisah untuk A, B, dan D

42 Pipelined Eksekusi AT mulai dijalankan itu-1 AT selesai, tangan di atasnya-1 ke BT, mulai dijalankan itu-2 AT menyelesaikannya-2, tangan ke BT, BT menyelesaikannya-1, tangan ke DT, AT-3 mulai itu, BT mulai itu-2 (dan DT, hal-1)...

43 Timeboxing Eksekusi

44 Timeboxing eksekusi selesai iterasi pertama pada waktu T Kedua selesai pada T + T / 3; ketiga pada T +2 T / 3, dan seterusnya Dalam stabil, pengiriman setiap negara T / 3 waktu Jika T adalah 3 minggu, pengiriman pertama setelah 3 wks, 2 setelah 4 wks, 3 setelah 5 WKS,... Dalam pelaksanaannya linier, waktu pengiriman akan 3 wks, 6 wks, 9 wks,...

45 Timeboxing eksekusi Jangka waktu iterasi masing-masing masih sama Jumlah pekerjaan dilakukan dalam kotak waktu juga sama Produktivitas dari kotak waktu sama Namun, waktu siklus rata-rata atau waktu pengiriman telah dikurangi menjadi sepertiga

46 Ukuran Tim Dalam pelaksanaannya linear dari iterasi, tim yang sama melakukan semua tahap Jika setiap tahap memiliki tim dari S, dalam pelaksanaan linear ukuran tim adalah S Dalam pelaksanaannya pipelined, ukuran tim adalah tiga kali (satu untuk setiap tahap) yakni ukuran total dalam tim timeboxing lebih besar, dan ini mengurangi waktu siklus

47 Ukuran Tim Hanya dengan meningkatkan ukuran tim kita tidak bisa mengurangi waktu siklus - Hukum Brook Timeboxing memungkinkan cara yang terstruktur untuk menambah tenaga kerja untuk mengurangi waktu siklus Perhatikan bahwa kita tidak dapat mengubah waktu iterasi - Hukum Brook masih memegang Bekerja alokasi yang berbeda untuk memungkinkan tim yang lebih besar untuk berfungsi dengan baik

48 Alokasi Kerja Tim

49 Timeboxing Keuntungan: waktu pengiriman lebih pendek, adv lain iteratif, distr. eksekusi Kekurangan: tim besar, telp proj lebih sulit, sinkronisasi tinggi diperlukan, CM adalah sulit Penerapan:. Ketika waktu pengiriman yang singkat v. imp; arsitektur stabil; fleksibilitas dalam pengelompokan fitur

50 RUP Model Rasional Unified Process model iteratif lain Pengembangan perangkat lunak dibagi menjadi siklus, setiap siklus memberikan suatu sistem sepenuhnya bekerja Setiap siklus dilaksanakan sebagai proyek terpisah Pelaksanaan siklus ini dibagi menjadi empat fase berturut-turut, setiap tahap berakhir dengan pencapaian tonggak

51 Tahapan dalam Proyek Tahapan dalam proyek fase Inception: berakhir dengan tonggak Siklus Hidup Tujuan; visi dan kemampuan tingkat tinggi dari sistem didefinisikan Elaborasi fase: Siklus Hidup tonggak arsitektur; persyaratan yang paling didefinisikan dan arsitektur yang dirancang Konstruksi fase: tonggak awal kemampuan operasional Transisi fase: Produk rilis; transisi produk dari pengembangan untuk produksi

52 Tahapan dan Milestones

53 Eksekusi fase Setiap fase itu sendiri dapat dilakukan dalam beberapa iterasi, iterasi masing-masing memiliki pelanggan eksternal / internal Secara umum konstruksi beberapa iterasi; elaborasi juga bisa bermakna dilakukan dalam beberapa iterasi

54 Inti alur kerja dan fase Rekayasa tugas yang disebut inti alur kerja proses sub proses ini sesuai dengan persyaratan tugas, pelaksanaan pengujian desain, proj Mgmt, dll Banyak sub proses mungkin aktif dalam fase, volume aktivitas umumnya berbeda tergantung pada proyek

55 Sub proses dan tahapan

56 RUP proses Sub aktif dalam semua tahap Volume aktivitas di setiap fase berbeda tergantung pada proyek Oleh karena itu, proyek dapat menggunakan RUP untuk mengimplementasikan air terjun dengan memiliki persyaratan proses aktif hanya dalam fase elaborasi Atau prototyping dengan memiliki banyak kegiatan konstruksi dalam fase elaborasi RUP Oleh karena itu kerangka kerja yang fleksibel

57 Extreme Programming atau Agile Model Proses Agile pendekatan yang dikembangkan di tahun 90-an sebagai reaksi terhadap dokumen pendekatan didorong Sebagian besar pendekatan tangkas memiliki beberapa prinsip umum perangkat lunak Bekerja adalah ukuran kemajuan Perangkat Lunak harus disampaikan sedikit demi sedikit Bahkan perubahan akhir harus diperbolehkan Lebih suka tatap muka commn atas dokumentasi umpan balik terus-menerus dan pelanggan diperlukan keterlibatan Lebih suka desain sederhana yang berkembang Pengiriman tanggal diputuskan oleh tim yang diberdayakan

58 XP... Banyak metodologi tangkas telah diusulkan; pemrograman ekstrim (XP) adalah salah satu yang paling populer Sebuah proyek XP mulai dengan cerita-cerita pengguna, yang descr pendek dari kebutuhan pengguna tidak termasuk Rincian Setiap cerita pengguna yang ditulis pada kartu yang terpisah sehingga mereka dapat dikombinasikan dengan cara beda

59 Proses Keseluruhan Tim memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan cerita pengguna Perkiraan kasar perencanaan Release dilakukan Menetapkan cerita akan dibangun di mana rilis, dan tanggal untuk rilis Sering rilis dan kecil didorong tes juga dibangun dari cerita-cerita pengguna; digunakan untuk menguji sebelum rilis Penerimaan Bugs ditemukan di AT adalah tetap dalam rilis berikutnya

60 Proses Keseluruhan Pengembangan dilakukan dalam iterasi dari beberapa minggu masing-masing Iterasi dimulai dengan perencanaan, di mana cerita akan dilaksanakan dipilih - berisiko tinggi bernilai tinggi dipilih pertama Rincian cerita yang diperoleh selama pembangunan dan dilaksanakan Gagal AT iterasi sebelumnya juga tetap

61 XP - Proses Keseluruhan

62 Sebuah Iterasi Suatu eksekusi iterasi memiliki beberapa praktek yang unik pemrograman Pasangan: pemrograman dilakukan dalam pasangan programmer Test Driven Development - unit test otomatis ditulis sebelum kode Sederhana solusi, refactoring untuk meningkatkan desain ketika kebutuhan muncul Sering integrasi

63 Sebuah Iterasi

64 XP - Ringkasan Nah cocok untuk situasi di mana volume dan kecepatan persyaratan yang tinggi Pelanggan bersedia untuk terlibat berat dengan tim Tim ini collocated dan tidak terlalu besar (kurang dari 20 atau lebih) Membutuhkan kemampuan yang kuat dalam anggota tim

65 Ringkasan - air terjun

66 Ringkasan - Prototyping

67 Ringkasan - Iteratif

68 Ringkasan - Timeboxing

69 Ringkasan - RUP

70 Ringkasan - XP

71 Menggunakan Model Proses dalam Proyek Model yang akan digunakan harus dipilih berdasarkan pada sifat dari masalah Contoh: Membangun sistem lelang kecil untuk Univ, jadwal yang ketat, beberapa req inti, pelanggan hanya waktu di mulai,... Model Cocok: Iteratif pengiriman - lakukan req dalam 1 iter, dan dua putaran pengiriman, meminimalkan risiko,...

72 Menggunakan Model Proses.. Contoh: produk yang sangat kompetitif, perubahan req cepat; outsourcing adalah diinginkan untuk mengurangi biaya,... Model: XP tidak OK sebagai tim collocated diperlukan; berulang mungkin tidak memberikan cukup cepat; timeboxing paling cocok

73 Ringkasan Proses merupakan sarana untuk mencapai tujuan proyek QP tinggi Proses mendefinisikan model proses generik, yang dapat membentuk dasar dari proses proyek Proses biasanya memiliki tahap, setiap tahap berfokus pada tugas diidentifikasi Banyak model bagi proses pembangunan telah diusulkan

74 Ringkasan dibahas Pengembangan model proses Air Terjun Prototyping Iteratif RUP Timeboxing Agile atau XP Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan dan akan bekerja dengan baik untuk beberapa jenis proyek

75 Proses Manajemen Proyek

76 Latar Belakang Pengembangan proses pengembangan ke tahap membagi dan kegiatan Untuk menjalankannya secara efisien, harus mengalokasikan sumber daya, mengelola mereka, memantau kemajuan, mengambil tindakan korektif,... Ini semua adalah bagian dari proses PM Oleh karena itu, proses PM adalah bagian penting dari pelaksanaan proyek

77 Proses Tahapan AM Ada tiga fase yang luas Perencanaan Pemantauan dan pengendalian analisis Pemutusan Perencanaan merupakan kegiatan utama yang menghasilkan sebuah rencana, yang merupakan dasar pemantauan

78 Perencanaan Selesai sebelum proyek dimulai Kunci tugas Biaya dan perkiraan jadwal Staf Pemantauan dan rencana risiko Mgmt Jaminan Kualitas rencana Dll Apakah mendiskusikan perencanaan secara rinci nanti

79 Pemantauan dan pengendalian Berlangsung selama durasi proyek dan mencakup proses pengembangan Monitor semua parameter kunci seperti biaya, jadwal, risiko Membawa tindakan korektif bila diperlukan Kebutuhan informasi tentang proses dev - disediakan oleh metrik

80 Analisis Pemutusan analisis Pemutusan dilakukan ketika proses pembangunan selesai Tujuan Dasar: untuk menganalisis Perf proses, dan mengidentifikasi pelajaran Juga disebut analisis postmortem

81 Hubungan dengan Proses Dev

82 Ringkasan Proses memiliki dampak yang besar pada kualitas dan produktivitas Berbeda proses yang bekerja dalam sebuah proyek perangkat lunak Kami telah berfokus pada proses pembangunan dan proses manajemen proyek Proses adalah struktur model proses umum, yang bekerja baik untuk beberapa jenis masalah Sebuah proyek harus memilih model proses yang paling cocok untuk itu (dan penjahit itu untuk memenuhi persyaratan)

83


Download ppt "Proses Perangkat Lunak. Rekayasa Perangkat Lunak Kami telah menetapkan masalah domain - perangkat lunak kekuatan industri Selain memberikan perangkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google