Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perubahan Organisasi dan Manajemen SDM PERTEMUAN 9.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perubahan Organisasi dan Manajemen SDM PERTEMUAN 9."— Transcript presentasi:

1 Perubahan Organisasi dan Manajemen SDM PERTEMUAN 9

2 Makna perubahan dan Kekuatan-kekuatan untuk perubahan Mencetuskan perubahan Menerapkan perubahan dalam organisasi Jenis-Jenis perubahan terencana Perubahan Budaya 6. Peran strategis dari MSDM 7. Pengaruh lingkungan pada MSDM 8. Perencanaan SDM 9. Mengembangkan angkatan kerja yang efektif 10. Memelihara angkatan kerja yang efektif

3 Makna perubahan dan Kekuatan- kekuatan untuk perubahan Perubahan Organisasional (organizational change), pengadopsian ide atau prilaku yang baru oleh organisasi. Struktur horizontal mendobrak batasan- batasan organisasi juga terhadap perusahaan-perusahaan lain, untuk memajukan kolaborasi pembelajaran dan perubahan yang membutuhkan perubahan dalam pemberian wewenang, pemakaian informasi dan budaya.

4 Organisai Pembelajaran Merangkul Dua Jenis Perubahan Perubahan pertambahan nilai (incremental change). Perubahan transformasional (transmormational change).

5 Model Perubahan Organisasi Terencana Kekuatan lingkungan Kekuatan lingkungan Kekuatan Internal Kekuatan Internal Kebutuhan akan perubahan Kebutuhan akan perubahan Mencetuskan perubahan Mencetuskan perubahan Menerapkan perubahan Menerapkan perubahan Memonitor kompetisi global, pelanggan, pesaing, dan faktor- faktor lain. Mempertimbangkan rencana, tujuan, masalah perusahaan dan kebutuhan-kebutuhan. Mengevaluasi masalah dan kesempatan, mendifinisikan kebutuhan perubahan pada teknologi, produk dan struktur. Memfasilitasi penelitian, kreativitas, pejuang ide- ide, tim-tim spekulasi, skunkwords dan inkubator-inkubator ide. Menggunakan analisis lapangan kekuata, taktik-taktik untuk mengatasi perlawanan.

6 Mencetuskan Perubahan Pencarian proses pembelajaran mengenai perkembangamn saat ini di dalam atau di luar organisasi yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan akan perubahan. Kreativitas dihasilkannya ide baru dabn segar yang dapat memenuhi kebutuhan yang timbul atau menawarkan peluang bagi organisasi

7 Karakteristik Orang dan Organisasi Kreatif Individu KreatifOrganisasi atau Departemen Kreatif 1. Lancar dalam konseptual dan memiliki pikiran yang terbuka. 1. Membuka jalur-jalur komunikasi. Menjalin kontak secara eksternal. Terotori yang saling menindih (Overlapping). Sistem saran, sumbang saran (brainstorming), teknik-teknik kelompok. 2. Originalitas2. Mempekerjakan nonspesialisasi pada masalah-masalah. Memperbolehkan eksentrisitas. Mempekerjakan orang yang membuat anda tidak nyaman. 3. Otoritas yang lebih sediikit. Independensi Kepercayaan diri. 3. Desentralisasi, posisi yang ddefinisikan secara longgar, kontrol yang longgar. Orang-orang didorong untuk menentang atasan mereka. 4. Suka bermain-main. Eksplorasi yang tidak kaku. 4. Kebebasan untuk memilih dan mengejar masalah-masalah. Bukan organisasi yang ketat, budaya yang suka main-main, melakukan hal yang tidak berguna. Kebebasan untuk mendiskusikan ide-ide dan sudut pandang yang luas. 5. Ketekunan Komitmen Pendekatan yang terfokus. 5. Sumber daya dialokasikan pada orang dan proyek kreatif tanpa hasil yang segera. Sistem penghargaan yang mendorong inovasi. Pembebasan dari tanggung jawab diluar batas.

8 Empat Peran dalam Perubahan Organisasional Penemu Mengembangkan dan memahaim aspek-aspek teknis dari ide. Tidak mengetahui cara mendapatka mendapatkan dukungan untuk ide tersebut atau Membuatnya menjadi bisnis. Penemu Mengembangkan dan memahaim aspek-aspek teknis dari ide. Tidak mengetahui cara mendapatka mendapatkan dukungan untuk ide tersebut atau Membuatnya menjadi bisnis. Pejuang Percaya pada ide Melihat manfaat Menghadapkannya pada kenyataan akan biaya dan keuntungan organisasional. Mendapatkan keuntungan organisasional. Mendapatkan dukungan finansila dan politis. Mengatasi rintangan. Pejuang Percaya pada ide Melihat manfaat Menghadapkannya pada kenyataan akan biaya dan keuntungan organisasional. Mendapatkan keuntungan organisasional. Mendapatkan dukungan finansila dan politis. Mengatasi rintangan. Sponsor Manajer tingkat tinggi yang menyingkirkan rintangan organisasional. Menyetujui dan melindungi ide dalam organisasi. Sponsor Manajer tingkat tinggi yang menyingkirkan rintangan organisasional. Menyetujui dan melindungi ide dalam organisasi. Kritik Menyediakan ujian yang realitis Mencari kekurangan/ kelemahan. Menetapkan kriteria-kriteria ketat yang harus dilewati oleh ide. Kritik Menyediakan ujian yang realitis Mencari kekurangan/ kelemahan. Menetapkan kriteria-kriteria ketat yang harus dilewati oleh ide.

9

10

11

12

13

14


Download ppt "Perubahan Organisasi dan Manajemen SDM PERTEMUAN 9."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google