Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GEREJA KATOLIK  SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK  HIERARKI GEREJA  KOLOMPOK UMAT BERIMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GEREJA KATOLIK  SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK  HIERARKI GEREJA  KOLOMPOK UMAT BERIMAN."— Transcript presentasi:

1 GEREJA KATOLIK  SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK  HIERARKI GEREJA  KOLOMPOK UMAT BERIMAN

2 SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK IIIIstilah Gereja berasal dari bahasa Portugis “igreja” atau bahasa Latin “ecclesia” atau bahasa Yunani “elcesia” yang berarti : kumpulan atau golongan. GGGGereja berarti : kumpulan orang beriman kepada Yesus Kristus, yang dibaptis dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. GGGGereja juga dapat diartikan sebagai tempat di mana orang beribadat DDDDengan demikian “Gereja” mempunyai 2 arti, yaitu : 1.J emaah / Umat Allah 2.T empat ibadat orang kristen

3 GGGGereja yang dikehendaki Allah mempunyai sifat- sifat sebagai berikut :(cfr. Syahadat Panjang) 1. S atu 2. K udus 3. K atolik 4. A postolik

4 GEREJA YANG SATU (Yoh 17 : 20-21) GGGGereja mempunyai satu iman yang sama yaitu beriman kepada Kristus yang telah wafat dan bangkit. SSSSatu dalam pengakuan iman tidak berarti harus satu dalam pengungkapan iman. Hal ini berkaitan dengan adanya berbagai tradisi / budaya yang hidup di sekitar kita.

5 AAAAda berbagai pengungkapan iman (ritus) yang ada dan diakui di dalam Gereja Katolik, antara lain adalah : 1. R itus Latin / Romawi (yang memakai bahasa Latin atau terjemahannya dalam bahasa nasional daerah) 2. R itus Ambrosius (di Milano, Italia) 3. R itus Timur : RRRRitus Kopt (di Mesir & Ethiopia) RRRRitus Melkit (di Siria) RRRRitus Maronit (di Libanon) RRRRitus Bizantin (di Yunani dan Rusia)

6 GEREJA YANG KUDUS (Yoh 17:17) AAAAsal yang Kudus berasal dari Kristus sendiri (cfr. Yoh 17:19, Ef 5:25-27) TTTTujuan yang Kudus yaitu bersatu dengan Allah yang Kudus (Ef 1:4, 1 Ptr 1:15) GGGGereja dibimbing oleh Roh Kudus (Mrk 13:11, Yoh 14:26, Mat 28:20b)

7 GEREJA YANG KATOLIK (Mat 28:19, Kis 1:8) ““““KATOLIK” berarti : umum, universal, meresapi segala-galanya. GGGGereja yang Katolik berarti bahwa Gereja diperuntukkan bagi segala manusia dari segala bangsa, tempat dan zaman

8 GEREJA YANG APOSTOLIK (Mat 28:19, Kis 2:42) GGGGereja yang Apostolik dimengerti bahwa ajaran Gereja sesuai dengan ajaran para rasul, utusan dan duta Yesus Kristus

9 HIERARKI GEREJA HHHHierarki berarti : Struktur atau Susunan Pemimpin Gereja. SSSSejak Konsili Vatikan II, hierarki Gereja tidak lagi berbentuk piramid tetapi menjadi lingkaran dengan Kristus sebagai Pusat dari lingkaran tersebut. SSSSusunan Pemimpin Gereja sebagai berikut : KKKKristus PPPPaus UUUUskup IIIImam dan Diakon Tertahbis KKKKaum Awam / Umat Allah

10 1. P aus (=Bapa) PPPPaus adalah juga Uskup Roma DDDDi antara para Uskup sedunia, Paus mempunyai kedudukan “Primus Inter Pares” (= yang pertama di antara para Uskup) PPPPaus dalam tugasnya dibantu oleh : a. K ardinal (para penasihat Paus) b. K uria Roma (=departemen-departemen yang menyelenggarakan berbagai macam urusan gerejani. Setiap departemen dikepalai oleh seorang Kardinal) c. D uta Besar Vatikan (= orang yang bergelar Monseignur yang unggul dalam bidang diplomatik, yang ditugaskan oleh Paus sebagai kepala negara Vatikan ke suatu negara.

11 2. USKUP (= Pemimpin Gereja Lokal / Keuskupan / Diosis) TTTTugas Uskup sebagai : a. G uru (Pengajar) b. I mam (Pengudus) c. G embala (Pemimpin) UUUUskup dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh : a. V ikaris Jenderal (Wakil Uskup) b. P astor Kepala Paroki c. P astor-pastor tertentu yang diserahi tugas khusus oleh Uskup d. D iakon tertahbis yang membantu Uskup dalam bidang- bidang tertentu, misalnya : menjadi saksi resmi Gereja dalam perkawinan, menerimakan komuni kudus, menerimakan baptisan suci.

12 3. Pastor (Imam) & Diakon Tertahbis KKKKita mengenal ada ada 2 macam Pastor : a. P astor Biarawan BBBBiarawan yang ditahbiskan menjadi Imam untuk memimpin umat Allah di suatu Paroki di mana mereka diutus oleh Pimpinan Tarekatnya (misalnya : Pastor Jesuit, Pastor MSC, Pastor OFM, dsb.) PPPPastor biarawan ini mengikrarkan 3 kaul kebiaraan : Kaul Ketaatan, Kaul Kemiskinan dan Kaul kemurnian. b. P astor Projo PPPPastor yang membaktikan dirinya di dalam Keuskupan tertentu untuk memimpin umat Allah di Keukupan tersebut. PPPPastor Projo mengirarkan kaul ketaatan kepada Uskup di mana Pastor tersebut diutus. DDDDiakon tertahbis dibedakan dengan diakon awam yang sekarang muncul di suatu paroki.

13 4. Kaum Awam / Umat Allah KKKKaum awam adalah mereka yang percaya kepada Yesus Kristus (baptis maupun calon baptis) KKKKaum awam dimasukkan di dalam hierarki Gereja karena mereka mempunyai tugas perutusan di manapun mereka berada. MMMMereka menjadi “pemimpin” di dalam keluarga, tempat kerja dan lingkungan mereka berada. DDDDkl. Mereka diutus menjadi “Garam dan Terang Dunia”

14 KELOMPOK UMAT BERIMAN KKKKMK (= Keluarga Mahasiswa Katolik) KKKKKMK (= Kelompok Karyawan Muda Katolik) CCCChoice LLLLingkungan LLLLegio Mariae KKKKelompok Karismatik PPPParoki Mahasiswa PPPPMKRI (Persatuan Mahasiswa Katolik RI) PPPPemuda Katolik, dsb.


Download ppt "GEREJA KATOLIK  SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK  HIERARKI GEREJA  KOLOMPOK UMAT BERIMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google