Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

F 1 F 2 Dari gambar dibawah terlihat bahwa saat sinar bias atau sinar pantul datang, maka sinar itu akan mengumpul di satu titik fokus di belakang lensa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "F 1 F 2 Dari gambar dibawah terlihat bahwa saat sinar bias atau sinar pantul datang, maka sinar itu akan mengumpul di satu titik fokus di belakang lensa."— Transcript presentasi:

1

2 F 1 F 2 Dari gambar dibawah terlihat bahwa saat sinar bias atau sinar pantul datang, maka sinar itu akan mengumpul di satu titik fokus di belakang lensa. Keterangan : Titik fokus yang merupakan titik pertemuan sinar-sinar bias disebut fokus utama (F1) atau disebut juga fokus aktif. Karena pada lensa cembung sinar bias / sinar pantul berkumpul dibelakang lensa maka letak F1 juga dibelakang lensa. Sedangkan fokus pasif ( F2 ) simetris dengan F1. Sumbu Utama Perhatikan gambar di bawah ini !

3 Garis normal Pada pemantulan cahaya di cermin, berlaku hukum Snellius, yaitu : Sinar datang, garis normal dan sinar pantul berpotongan pada satu titik dan terletak pada satu bidang datar. Sudut datang (i) sama dengan Sudut pantul (r). Berikut contoh gambar pelukisan bayangan pada pemantulan cahaya di cermin datar. Perhatikan gambar di bawah ini !

4 Ketika cahaya mengenai permukaan yang tidak beraturan, bahkan permukaan yang tidak rata seacra mikroskopis seperti permukaan kertas, pantulan akan memiliki banyak arah Ket : Apabila seberkas cahaya sejajar mengenai permukaan benda tidak rata, maka cahaya tersebut akan dipantulkan ke segala arah secara tidak teratur. Pemantulan ini disebut dengan pemantulan baur (diffuse). Jadi, pemantulan baur merupakan pemantulan cahaya ke segala arah secara tidak beraturan. Perhatikan gambar di bawah ini !


Download ppt "F 1 F 2 Dari gambar dibawah terlihat bahwa saat sinar bias atau sinar pantul datang, maka sinar itu akan mengumpul di satu titik fokus di belakang lensa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google