Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OPTIKA F I S I S. Indeks bias > Kecepatan cahaya di udara hampa : 3.10 8 ms -1 (berlaku untuk semua gelombang elektromagnet) > Laju tersebut akan berkurang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OPTIKA F I S I S. Indeks bias > Kecepatan cahaya di udara hampa : 3.10 8 ms -1 (berlaku untuk semua gelombang elektromagnet) > Laju tersebut akan berkurang."— Transcript presentasi:

1 OPTIKA F I S I S

2 Indeks bias > Kecepatan cahaya di udara hampa : ms -1 (berlaku untuk semua gelombang elektromagnet) > Laju tersebut akan berkurang di udara, kaca, air atau benda lainnya n = c/v n = c/v > Nilai n ≥ 1 > Nilai n sedikit bervariasi terhadap panjang gelombang cahaya.

3 Medium n = c/v Udara hampa 1,0000 Udara, pada STP 1,0003 Air 1,333 Alkohol etil 1,36 Kaca Kuarsa lebur 1,46 Kaca korona 1,52 Api cahaya 1,58 Plexiglass 1,51 Garam dapur 1,53 Berlian 2,42

4 Pembiasan : Hukum Snell

5 n 1 sin θ 1 = n 2 sin θ 2

6 Pembiasan melalui kaca datar a.Berapa sudut bias θ A pada kaca ? b. Berapa sudut θ B dari berkas yang muncul dari kaca ?

7 Penjelasan n 1 = 1,00 ; udara n 2 = 1,50 ; kaca a. (1,00) sin 60 0 = ( 1,50) sin θ A θ A = 35,2 0 b. sin θ B = ( n 1 /n 2 ) sin θ A = ( 1,50/1,00 ) ( 0,577 ) = 0,866 θ B = 60,0 0

8 Pantulan internal sempurna Sin θ c = n 2 /n 1 ( sudut kritis ) Pantulan internal sempurna

9 Serat optik Aplikasi serat optik  Telekomunikasi : mentransmisikan percakapan telepon,sinyal video dan data komputer  Medis : bronchoscope, colonoscope dan endoscope

10

11 Jika cahaya berjalan dari satu medium ke medium yang lainnya, > frekuensi tetap > panjang gelombang berubah λ 2 / λ 1 = v 2 /v 1 = n 1 /n 2

12 Panjang gelombang bergantung pada n v = f λ n, λ n = v / f = c / n f = f λ / nf λ n = λ / n

13 Dualisme cahaya  Cahaya sebagai partikel  Cahaya sebagai gelombang

14 Interferensi Eksperimen Celah Ganda Young

15 Interferensi

16 Interferensi konstruktif (saling menguatkan) d sin θ = m λ, m = 0,1,2,… Interferensi destruktif (saling mehilangkan) d sin θ = ( m +1/2)λ, m = 0,1,2,…

17 Interferensi

18 Apa yang terjadi pada pola interferensi jika, a.Cahaya datang 500 nm diganti dengan cahaya dengan panjang gelombang 700 nm ? b.Celah-celah tersebut dijauhkan ?

19 Penjelasan a.Ketika λ bertambah tetapi d tetap sama, maka θ bertambah besar dan pola interferensinya menyebar. b.Menambah jauh jarak celah d akan memperkecil θ untuk tiap orde, sehingga garis-garis akan lebih dekat.

20 Spektrum tampak Dua sifat cahaya yang dapat langsung dideskripsikan dengan teori gelombang ; > Intensitas ( ~ A 2 )  Warna ( ~ λ dan f)  Cahaya tampak ( 400 nm – 750 nm ) ( Ungu – merah )

21 Penyebaran cahaya putih menjadi spektrum lengkap disebut dispersi

22 Sinar Tampak (visible light) Sinar tampak memiliki spektrum yang sempit dimana gelombang EM ini dapat ditangkap oleh mata manusia normal. Sinar merah memiliki frekuensi terendah atau memiliki panjang gelombang terpanjang diantara sinar tampak, sedangkan sinar ungu mempunyai frekuensi tertinggi dan panjang gelombang terpendek.

23 Cahaya Tampak Aplikasi cahaya tampak di bidang medis dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana disebut transillumination, yaitu dengan cara menyinari bagian tubuh tertentu. Pasien ditempatkan di ruangan gelap sehingga bagian tubuh yang disinari akan nampak kemerah-merahan. Dengan melihat intensitas cahaya yang diteruskan akan dapat dianalisa apakah suatu gumpalan misalnya, bersifat padat atau bersifat cair. Ini dapat memberikan indikasi tipe tumor. Beberapa panjang gelombang sinar tampak dapat diserap secara selektif oleh suatu permukaan. Suatu contoh, permukaan tahi lalat lebih banyak menyerap gelombang warna hijau dibandingkan permukaan kulit normal. Dengan demikian dimungkinkan untuk menghilangkan tahi lalat dengan penyinaran warna hijau dengan intensitas tinggi.

24 CAHAYA TAMPAK Aplikasi penyerapan warna secara selektif digunakan dalam pembedahan dengan sinar laser. Laser dengan panjang gelombang tertentu dapat difokuskan dengan intensitas yang sangat tinggi. Laser dengan panjang gelombang tertentu dapat dipilih sehingga sinar yang dilepaskan secara selektif dapat diserap oleh darah sehingga terjadi pemanasan dan membakar pembuluh darah. Bayi yang baru terlahir utamanya yang terlahir prematur, sering mengalami sakit kuning akibat liver mengeluarkan bilirubin dalam darah secara berlebihan. Bilirubin adalah sampah yang dikeluarkan saat bayi mengalami proses penurunan sel darah merah. Proses penyembuhan dari sakit kuning dapat dipercepat dengan menyinari bayi dengan sinar tampak utamanya ultra violet (UV), yaitu dengan cahaya fluorecent. Saat dilakukan penyinaran biasanya mata bayi ditutup untuk menghindari efek dari penyinaran UV.

25 Contoh dispersi ; pelangi

26 Pelangi

27 Berlian ? Kemilaunya merupakan kombinasi dispersi dan pantulan internal sempurna. Berlian memiliki indeks bias yang sangat tinggi (2,4), sudut kritis untuk pantulan sempurna hanya Cahaya datang jatuh pad banyak permukaan dalam sebelum cahaya tersebut jatuh pada sudut yang lebih kecil dari 25 0 dan keluar. Setelah sekian banyak pantulan, cahaya telah menempuh jarak yang cukup jauh sehingga warna-warna menjadi terpisah cukup jauh untuk dapat dilihat satu persatu dan dengan cemerlang ketika meninggalkan kristal.

28 Difraksi.

29 Difraksi D sin θ = m λ, m = 1,2,3, … ( minimum ) D sin θ = ( m + 1 )λ/2, m = 0,1,2,… ( maksimum )

30 Spektrometer Digunakan untuk identifikasi atom atau molekul. Ketika gas dipanaskan maka gas tersebut akan memancarkan spektrum garis.

31 Interferensi oleh film tipis a. Busa sabun b. lapisan tipis air bersabun c. lapisan tipis minyak pada genangan air di jalan

32 Polarisasi  Polarisasi hanya dapat terjadi untuk gelombang transversal  Contoh polarisasi bidang ; osilasi terjadi pada bidang.

33 Model cahaya yang tidak terpolarisasi

34 Polaroid

35 Cahaya terpolarisasi bidang dapat menggunakan kristal tertentu ; turmalin dan polaroid Polaroid dapat digunakan sebagai alat polarisasi Polaroid dapat digunakan sebagai penganalisis untuk menentukan ; > Apakah cahaya terpolarisasi > Apa bidang polarisasi

36 Intensitas berkas terpolarisasi bidang yang ditransmisikan oleh alat polarisasi, I = I 0 cos 2 θ

37 Dua polaroid yang disilangkan

38

39 Gelombang em

40 nucleo elettrone ENERGIA ATOMO nello stato FONDAMENTALE nucleo elettrone ATOMO nello stato ECCITATO

41 nucleo elettrone ATOMO nello stato ECCITATO nucleo ATOMO diseccitato fotone elettrone

42 nucleus fotone UV elektron nucleus fotone verde elektron B fotone rosso elektron B

43 ATOMO diseccitato LASER LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) elektron fotone 2 fotoni ATOM

44 stato fondamentale ENERGIA ATOMO diseccitato + 2 fotoni emissione eccitata ATOMO diseccitato + 1 fotone emissione spontanea stato eccitato

45 Amplification Laser fotone ENERGI Eksitasi atom MATERIALE LASER

46 Amplificazione Laser

47 Laser

48

49 Compact Disc e DVD 1001….. suono supporto di plastica alluminio (riflettente) protezione 1 0 laser lettore

50 Cellule fotoelettriche lasercellula fotoelettrica OK! ALLARME!

51 laser laser di potenza

52 laser dalam medis chirurgia generale oftalmologia odontoiatria medicina estetica

53 Thanks of your attention SEE YOU on final test


Download ppt "OPTIKA F I S I S. Indeks bias > Kecepatan cahaya di udara hampa : 3.10 8 ms -1 (berlaku untuk semua gelombang elektromagnet) > Laju tersebut akan berkurang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google