Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LATIHAN UJIAN BERSAMA SEACYBERCLASS Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Program : IPA & IPS Durasi : 120 menit Petunjuk Umum : 1.Tulis terlebih dahulu nomor,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LATIHAN UJIAN BERSAMA SEACYBERCLASS Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Program : IPA & IPS Durasi : 120 menit Petunjuk Umum : 1.Tulis terlebih dahulu nomor,"— Transcript presentasi:

1 LATIHAN UJIAN BERSAMA SEACYBERCLASS Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Program : IPA & IPS Durasi : 120 menit Petunjuk Umum : 1.Tulis terlebih dahulu nomor, nama dan identitas anda pada LJK yang telah disediakan. 2. Periksa dan bacalah soal-soal terlebih dahulu sebelum anda menjawabnya. 3.Jumlah soal 50 butir pilihan ganda semuanya harus dijawab. 4.Laporkan kepada pengawas ruangan kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, ada yang rusak atau jumlah soal kurang. 5.Kerjakan soal-soal pilihan ganda pada lembar jawaban komputer (LJK) yang telah disediakan dengan menggunakan pencil 2B. Pembuat Soal : -MGMP B. indonesia Kota Malang (CP :

2 1.Bacalah penggalan tajuk rencana di bawah ini dengan cermat, untuk menjawab soal nomor 1 dan 2! Tinggi rendahnya tensi pada manusia ditentukan oleh tekanan darah sistolik dan diastolik. Keduanya diukur bersama dan hasilnya dituliskan dengan angka, misalnya 120/80 mmhg. Ada beberapa kategori tekanan darah, yaitu rendah, normal, normal tinggi, dan tinggi. Di antara kategori tersebut tekanan darah tinggi atau hipertensi paling ditakuti. Penyakit itu sering disebut silent killer karena biasanya tidak memberikan gejala apa-apa dan mematikan. Penyakit hipertensi harus diwaspadai. Ide pokok paragraf tersebut yaitu … a. Tinggi rendahnya tensi bergantung pada tekanan sistolik dan diastolik. b. Ukuran tekanan darah dituliskan dengan angka. c. Kategori tekanan darah ada empat macam. d. Penyakit hipertensi disebut silent killer karena tidak memberikan gejala. e. Tekanan darah tinggi paling ditakuti di antara kategori yang lainnya.

3 2. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tertera di bawah ini. a. Bilamana tekanan darah seseorang dinyatakan normal? b. Apakah nama alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah? c. Bagaimana cara mengukur tekanan darah manusia? d. Dimanakah letak tekanan sistolik dan diastolik e. Mengapa tekanan darah tinggi paling ditakuti?

4 3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Nama Iqbal tidak asing bagi masyarakat muslim terpelajar zaman sekarang. Ia dikenal sebagai ulama besar dunia yang memadukan antara pemikiran dan kepenyairan. Orang menyebutnya penyair-pemikir. Dalam dunia pemikiran dan kepenyairan ia menduduki tempat terpandang. Sebagai penyair, ia telah menyajikan karya-karya puisi yang memadukan nilai pemikiran filosofis, etika, estetika. Dan sebagai pemikir, ia telah mewariskan karya filsafat yang sulit dicari tandingannya di kalangan pemikir muslim dunia abad ke-20. Kalimat utama paragraf tersebut adalah … a. Nama Iqbal tidak asing bagi masyarakat muslim terpelajar zaman sekarang. b. Iqbal dikenal sebagai ulama besar dunia yang memadukan pemikiran dan kepenyairan. c. Orang menyebut Iqbal penyair-pemikir karena dalam dunia tersebut ia sangat terpandang. d. Dalam dunia pemikiran dan kepenyairan Iqbal menduduki tempat terpandang. e. Iqbal menyajikan karya puisi yang memadukan nilai filosofis, etika, dan estetis.

5 4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Ratusan ribu Kalong menyerbu pesisir. Perutnya buncit karena puas menjarah putik kemang di pulau-pulau kecil tak bertuan. Kepaknya sombong tak peduli. Hewan berparas mengerikan serupa tikus terkutuk itu mendekor langit dengan bercak-bercak hitam, hanyut di angkasa dilatari deburan troposfer. Belitong menjelang malam … Bagaimana Kalong dideskripsikan secara lengkap dalam paragraf tersebut? a. Ratusan ribu kalong menyerbu pesisir, menjarah putik kemang di pulau-pulau kecil tak bertuan, hanyut di angkasa. b. Ratusan ribu kalong berperut buncit dan paras mengerikan serupa tikus terkutuk, terbang ke pesisir, mendekor langit dengan bercak-bercak hitam. c. Ratusan ribu kalong dengan perut buncit karena puas menjarah putik kemang mendekor langit dengan bercak-bercak hitam, hanyut di angkasa menjelang malam. d. Ratusan ribu kalong berperut buncit dengan kepaknya yang sombong tak peduli, hanyut di angkasa menyerbu pesisir. e. Ratusan ribu kalong mengerikan seperti tikus terkutuk menyerbu pesisir, menghias angkasa dilatari deburan troposfer.

6 Penggalan tajuk rencana berikut untuk soal nomor 5 dan 6. Bacalah dengan saksama! Aceh Bebas Ganja, Mungkinkah? Pada mulanya ganja digunakan oleh masyarakat Aceh sebagai bumbu masakan atau untuk melunakkan daging yang direbus. Akan tetapi, pada perkembangannya ganja disalahgunakan oleh sebagian masyarakat Aceh sebagai komoditas karena memiliki nilai jual yang tinggi. Ganja Aceh mendominasi peredaran ganja di Indonesia sampai 90%. Bahkan ganja Aceh diburu di luar negeri karena memiliki zat THC tertinggi di dunia. Hal itulah yang menyebabkan organisasi kriminal memanfaatkan Aceh sebagai ladang ganja dan memanfaat masyarakat kecil sebagai “tameng” dalam bisnisnya. Mereka menanam ganja di daerah-daerah yang sulit dikontrol, seperti puncak gunung, rawa-rawa, atau lahan-lahan yang jauh dari pemukiman.Penemuan-penemuan ladang ganja di Aceh sudah tidak terhitung lagi. Pernah ditemukan ganja yang ditanam dalam polybag di daerah air yang sepintas tampak seperti rawa-rawa. Baru-baru ini ditemukan juga 500 hektar tanaman ganja di lereng gunung. Kenyataan itu tentu sangat ironis dengan sebutan Aceh daerah Serambi Mekah. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia lebih mengenal Aceh sebagai ladang ganja daripada Serambi Mekah. Oleh karena itu pemerintah bersama pihak ketiga harus memberikan bantuan dana yang besar kepada rakyat Aceh untuk menanam tanaman alternatif sebagai pengganti ganja, misalnya kentang, sayuran, atau tanaman yang lain. Dalam kasus yang sama pemerintah Thailand telah berhasil mengubah masyarakatknya dari menanam ophium menjadi tananaman alternatif. Jika ada kesungguhan dari berbagai pihak terkait, suatu saat nanti Aceh pasti bebas dari ganja.

7 5. Fakta yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah... a. Pada mulanya ganja digunakan oleh masyarakat Aceh sebagai bumbu masakan atau untuk melunakkan daging yang direbus. b. Kenyataan Aceh sebagai ladang ganja menjadi ironis dengan sebutan daerah Serambi Mekah. c. Masyarakat Aceh seharusnya tidak menamai daerahnya “Darussalam” karena mereka produsen ganja. d. Pemerintah bersama pihak ketiga harus memberikan bantuan dana yang besar kepada rakyat Aceh. e. Jika ada kesungguhan dari berbagai pihak terkait, suatu saat nanti Aceh pasti bebas dari ganja.

8 6. Opini yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah... a. Ganja Aceh mendominasi peredaran ganja di Indonesia sampai 90%. b. Ganja Aceh mengandung zat THC tertinggi di dunia. c. Ganja Aceh ditanam di daerah-daerah yang sulit dikontrol, seperti gunung dan rawa. d. Rakyat Aceh harus menanam tanaman alternatif sebagai pengganti ganja. e. Telah ditemukan 500 hektar ladang ganja di Aceh.

9 Tabel berikut untuk soal nomor 7 dan 8. Cermati tabel dengan saksama! PENJUALAN BUKU TOKO KITAB TAHUN 2007 No.BulanJumlah (Eksemplar) 1.Januari930 2.Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember1565

10 7. Pernyataan berikut sesuai dengan tabel di atas… a. Penjualan buku bulan Januari sampai dengan Maret mengalami penurunan. b. Penjualan buku bulan Maret sampai dengan Mei berjumlah 4060 eksemplar. c. Penjualan buku bulan Mei sampai dengan Juli terus meningkat. d. Penjualan buku bulan Oktober sampai dengan Desember berjumlah 4681 eksemplar. e. Penjualan buku bulan Oktober lebih tinggi dari pada bulan November.

11 8. Simpulan yang sesuai dengan isi tabel tersebut tertera di bawah ini… a.Selama satu tahun penjualan buku terus meningkat. b.Selama satu tahun penjualan buku terus menurun. c. Selama satu tahun penjualan buku pada umumnya meningkat. d. Penjualan buku rata-rata setiap bulan 1550 eksemplar. e. Penjualan buku rata-rata setiap bulan 1560 eksemplar.

12 Penggalan pidato berikut untuk soal nomor 9 dan 10. Bacalah dengan saksama! Saudara-Saudara sebangsa dan setanah air... Kita tunjukkan pada dunia, tekat bangsa merdeka untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan, dari bangsa penjajah yang berusaha merebut dan menjajah kembali negeri kita.Ultimatum panglima tentara Sekutu agar arek-arek Surabaya takluk dan menyerah, kita jawab dengan tegas, “Tidak!” Inilah jawaban kita.Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah, yang dapat menoreh secarik kain putih, merah dan putih, maka selama itu pula jangan ada yang menyerah kepada siapa pun juga. Ribuan telah gugur untuk tekad yang satu, “Merdeka atau mati!” (Bung Tomo:1945)

13 9. Inti pidato Bung Tomo tersebut adalah... a. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka dan tidak mau dijajah oleh bangsa mana pun. b. Bangsa penjajah berusaha untuk merebut dan menjajah kembali negara Indonesia yang telah merdeka. c. Panglima tentara Sekutu mengultimatum arek-arek Surabaya untuk menyerah dan takluk kepadanya. d. Bangsa Indonesia tidak boleh menyerah dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan negara. e. Ribuan pejuang telah gugur dengan tekat “merdeka atau mati” dan darah merahnya menoreh kain merah, menjadi merah putih.

14 10. Kalimat persuasi berikut terdapat pada pidato di atas. a. Panglima tentara Sekutu mengultimatum arek-arek Surabaya untuk menyerah. b. Bangsa Indonesia bertekat untuk mempertahankan kemerdekaan negara. c. Jangan ada yang menyerah kepada siapa pun juga selama darah masih berwarna merah. d. Arek-arek Surabaya melawan Sekutu yang berusaha merebut dan menjajah kembali. e. Berserulah “merdeka atau mati” sebagai tekat dalam perjuangan.

15 11. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! (1) Berjalan tanpa alas kaki menyehatkan badan. (2) Pada saat berjalan, 60 otot kaki dan 216 tendon bergerak seiring dengan gerakan kaki dari tumit ke ujung jari secara harmonis. (3) Sepatu membatasi sudut gerakan sehingga tendon dan otot kaki tertahan. (4) Jika ada masalah dengan kaki, aktivitas manusia menjadi terbatas. (5) Berusahalah membuat kaki merasa nyaman agar Anda sehat, aktif, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Simpulan paragraf di atas terdapat pada nomor... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)

16 12. Bacalah penggalan resensi berikut! Andrea Hirata, yang memerankan dirinya sebagai Ikal, memberi gambaran jelas bahwa sebuah “mimpi” ternyata mampu menjadi energi, motivasi, dan menuntun seseorang dalam perjalanan hidup yang pasti. Sebagaimana ia berhasil menjadi inspirasi bagi pembaca untuk menjalani hidup lebih bermakna dan penuh syukur. Kisah yang sangat memikat dalam setiap untaian peristiwanya membuat pembaca tertawa dan menangis. Permainan kalimat dan ketajaman pikiran penulis mampu mengikat pembaca dalam “simpul magis” yang kuat untuk membaca tuntas novel Sang Pemimpi. Bahkan pembaca menjadi tertarik untuk membaca bagian tetralogi ketiga dan keempat, yaitu Edensor dan Maryamah karpov. Resensator dalam penggalan resensi tersebut mengungkapkan bahwa... a. Andrea Hirata menjalani hidup lebih bermakna dan penuh syukur sehingga menjadi inspirasi bagi pembaca. b. Setiap untaian peristiwa dalam novel Sang Pemimpi sangat memikat dan sanggup membuat pembaca tertawa dan menangis. c. Novel Edensor merupakan bagian ketiga dari tetralogi Andrea Hirata yang menarik karena mengisahkan perjalanan Ikal di Eropa. d. Andrea Hirata memberi gambaran jelas bahwa “mimpi” tidak mampu menjadi energi, motivasi, dan menuntun seseorang dalam perjalanan hidup yang pasti. e. Penulis menggunakan kekuatan magis sehingga permainan kalimat dan ketajaman pikirannya mampu membuat orang ingin membaca novelnya sampai tuntas.

17 13. Bacalah penggalan kisah berikut! Maluku berasal dari kata Arab mulk, atau malik, yang berarti raja. Sebuah nama pemberian para pedagang Arab di sana yang menyebutnya Jaziratul Mulk, yaitu kepulauan raja-raja. Sebagian besar penduduk Maluku beragama Islam. Namun, Belanda bersama para misionaris datang dan menyebarkan agama Kristen di Maluku sehingga terjadi perang saudara. Selain membawa misi agama, Belanda juga ingin menguasai Kepulauan Maluku dan mengeksploitasi kekayaan alamnya. Pada tahun 1817 seorang ksatria keturunan Raja Maluku dari keluarga Matulessia yang bernama Thomas Matulessy memimpin perang melawan Belanda. Thomas Matulessy lahir di Saparua, 16 Desember Pemuda Ambon yang dikira beragama Kristentersebut ternyata seorang muslim. Ia berjuang demi agama dan tanah airnya. Hal itulah yang membuat Belanda semakin marah dan mencari akal untuk menangkapnya. Kepahlawanan Thomas Matulessy, yang lebih dikenal sebagai Kapitan Pattimura, tidak dapat dikalahkan dengan kekuatan militer. Belanda menggunakan politik adu domba, tipu muslihat, dan bumi hangus Kapitan Pattimura, sang mujahidin sejati, mengakhiri jihad dan pengabdiannya di tiang gantungan, di atas tanah yang diperjuangkannya, Ambon pada tanggal 16 Desember Pernyataan berikut sesuai dengan teks di atas, kecuali... a. Seorang muslim Ambon bernama Thomas Matulessy merupakan ksatria keturunan Raja Maluku yang memimpin perang melawan Belanda.. b. Kapitan Pattimura tidak dapat dikalahkan dengan kekuatan militer sehingga Belanda menggunakan tipu muslihat untuk menangkapnya. c. Belanda semakin marah ketika mengetahui bahwa Thomas Matulessy yang melawannya ternyata seorang muslim. d. Kapitan Pattimura, pemuda Ambon yang bernama asli Thomas Matulessy, menggunakan politik adu domba untuk melawan Belanda e. Thomas Matulessy mengakhiri pengabdiannya di tiang gantungan pada tanggal 16 Desember 1817 di Ambon.

18 14. Bacalah penggalan novel berikut! Sepintas saja melihatnya aku sudah tahu kalau laki-laki itu pastilah seorang brother muslim. Secara naluriah, aku kenal. Sejak kecil aku dikelilingi laki-laki semacam itu: guru sekolahku, guru ngajiku, ayahku, khatib, atau juru sunatku. Ia menonton kami di Vechio, Florence. Disampirkannya selembar uang sepuluh Euro, dengan kesan seakan uang itu bukan miliknya, tapi hak musafir seperti kami. (Edensor: Andrea Hirata) Sudut pandang yang digunakan penulis dalam penggalan novel Edensor adalah… a. sudut pandang orang pertama b. sudut pandang orang ketiga c. sudut pandang orang ketiga serbatahu d. sudut pandang diaan e. sudut pandang campuran

19 Teks berikut untuk soal nomor 15 dan 16. Bacalah dengan saksama! Esok harinya Pak Mantri keluar dari markas kecil itu menuju daerah tak bertuan. Di pundaknya tergantung granat kuning pada epolet dan pistol colt jepang terselip di lipatan sarung yang diikatkan di pinggangnya. Topi mendong dibenamkan di kepalanya, usianya, mukanya penuh keriput, mata kecil dan cekung, merupakan tameng yang baik untuk mengelabui serdadu Ghurka. Dengan kaki yang teguh Pak Mantri menyelinap di antara rumpun-rumpun yang lebat. Ia bersiaga ketika menemukan jejak sepatu yang belum lama melintas. Ketika tangannya yang kering dan keriput itu menarik pistol di pinggangnya, tembakan tomygun telah menembus dadanya. Serdadu Ghurka itu terkejut melihat lawannya seorang diri. Topi mendong yang terlepas dari kepalanya menyembulkan rambut kelabu di balik destarnya, air muka yang hitam, kering, dan keriput oleh terik matahari, usia, dan derita. Lelaki tua berdrill coklat yang tak kenal menyerah itu tak berdaya berlumuran darah. Lawan yang tak seimbang. Mata biru itu berkaca-kaca, terharu, dan menyesal, setiap terkenang peristiwa itu ketika dirinya tergabung dalam pasukan Sekutu. (Daerah Tidak Bertuan: Toha Mohtar)

20 15. Karakter tokoh Pak Mantri dalam penggalan novel Daerah Tidak Bertuan digambarkan sebagai berikut, kecuali... a. pantang menyerah b. kurang perhitungan c. cinta tanah air d. rela berkorban e. pemberani

21 16. Berikut amanat dalam penggalan novel Daerah Tidak Bertuan…. a. Berjuanglah merebut kemerdekaan negara dari kekuasaan bangsa penjajah. b. Pertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara sampai tetes darah penghabisan. c. Jangan jadikan usia tua sebagai tumbal negara yang sia-sia. d. Berkolaborasilah dengan musuh agar selamat di medan perang. e. Angkatlah bendera putih jika berada dalam situasi terdesak.

22 17. Bacalah penggalan roman berikut! Jakarta di tahun Enam puluh tahun sudah Jakarta diduduki Belanda. Bangsa Belanda yang menetap di Jakarta semakin bertambah. Tidak jauh dari kasteel ada pasar untuk keperluan sehari-hari, pasar hewan, dan ada pula pasar budak, tempat menjual-belikan budak yang didatangkan dari beberapa tempat di Indonesia. Di dalam lingkungan kasteel adalah berdiam seorang kompeni belanda berpangkat edeleer, Moor namanya. Dialah yang membeli budak tampan dan menamainya Untung. (Surapati: Abdoel Moeis) Unsur budaya yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah… a. perbudakan dan jual-beli budak b. asimilasi budaya kolonial dengan Indonesia c. perdagangan bursa efek d. kolonialisme daerah pendudukan e. kesenian dalam kasteel

23 18. Bacalah penggalan hikayat berikut! ”Telah tua umurku, masih juga terpedaya oleh nafsu loba, hingga terjerumus ke dalam bahaya. Benar kata orang-orang yang suci dari pada sifat loba, sejahtera hidupnya dan barang siapa yang rakus dan tamak, ia akan tidak selamat, hidupnya dalam kesusahan dan kesukaran. Sekarang, wajib atasku mempergunakan akal mancari jalan lepas dari bahaya.” Hikayat Kalilah dan Dimmah Pesan moral yang TIDAK ADA dalam penggalan hikayat di atas adalah.... a.Orang yang serakah akan terjerumus dalam bahaya b.Orang yang sudah tua umurnya, tidak boleh rakus. c.Orang yang tidak memiliki sifat tamak akan sejahtera hidupnya d.Nasihat orang lain hendaknya tidak perlu di dengarkan e.Dalam keadaan bahaya kita wajib mempergunakan akal

24 Teks berikut untuk soal nomor 19 dan 20. Bacalah dengan saksama! Matanya yang liar dan kemerah-merahan itu seolah-olah mata harimau yang mengintai mangsanya. Laminah tiada berani menatap dan selalu menundukkan kepala kalau bekas kuli kontrak itu melihatnya. Suara Sarmin yang kasar pun membuat berdiri bulu kuduk anak perawan itu mendengarnya.Mansur mulai cemas melihat perubahan adiknya yang menjadi layu. Dan setelah tampak pula olehnya bahwa kesehatan Laminah makin hari makin berkurang oleh karena kekurangan tidur dan perasaan yang tiada tentu, dicari-carinyalah jalan untuk melipur hati adiknya itu. Bukankah pikiran yang disimpan oleh sebab tiada berani mengeluarkannya itu, laksana duri di dalam daging? Tak Putus Dirundung Malang: Sutan Takdir Alisjahbana)

25 19. Konflik batin dalam kutipan novel di atas adalah... a. Kemarahan Sarmin kepada Laminah yang tidak pernah memperhatikannya. b. Pertengkaran antara Laminah dengan Sarmin, seorang bekas kuli kontrak yang selalu mengintainya seperti harimau. c. Kekhawatiran Mansur terhadap keadaan adiknya yang selalu bersedih sehingga kesehatannya semakin menurun. d. Dendam Mansur terhadap Sarmin yang membahayakan keselamatan adiknya. e. Pikiran yang disimpan laksana duri dalam daging, menyakitkan dan mengancam keselamatan jiwa seseorang.

26 20. Penyebab timbulnya konflik dalam penggalan novel tersebut adalah... a. Mata Sarmin liar dan kemerah-merahan seperti mata harimau yang sedang mengintai mangsa. b. Laminah dicekam ketakutan karena selalu diamati Sarmin yang jalang dan bersuara kasar. c. Sarmin adalah bekas seorang kuli kontrak yang bersuara kasar dan menakutkan. d. Laminah mencari-cari jalan untuk melipur lara dan mencurahkan kesedihannya. e. Laminah tidak berani mengeluarkan perasaannya sehingga ia tidak bisa tidur.

27 Gurindam berikut untuk soal nomor 21 dan 22. Bacalah dengan saksama! Ini gurindam pasal yang kedua belas:..... Kepada hati yang tidak buta, akhirat nanti terlalu nyata. (Gurindam Dua Belas: Raja Ali Haji)

28 21.Isi yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah … a. Orang buta tidak bisa melihat alam akhirat. b. Orang yang tidak buta bisa melihat alam akhirat. c. Orang yang beriman mempercayai alam akhirat. d. Orang yang beriman dapat melihat alam akhirat. e. Tidak ada orang yang mengingkari alam akhirat.

29 22. Berdasarkan teks di atas dapat diidentifikasi ciri-ciri gurindam sebagai berikut, kecuali... a. Terdiri atas dua baris tiap bait. b. Bersajak sama. c. Terdiri atas sampiran dan isi. d. Tiap baris terdiri atas empat kata. e. Semua baris merupakan satu kesatuan.

30 Teks puisi berikut untuk soal nomor 23 dan 24. Bacalah dengan saksama! Pergimu Begitu Cepat Untuk kakakku Kiranya batas darma bhaktimu cukuplah sampai di situ Tuhan begitu sayang padamu dan tak membiarkan kau lelah terkulai meniti hari demi hari yang penuh barikade berduri Kaulah kuncup yang gugur di antara putik dan bunga yang berguguran walau kuncupmu belum lagi mekar tapi wangimu telah sampai kepadaku menebar harum sepanjang waktu seharum bunga di hatiku untukmu Beristirahatlah bersama jiwa-jiwa yang tenang suatu hari nanti, sepertimu juga jiwaku terbang.

31 23. Isi penggalan puisi tersebut mengungkap tentang… a. perpisahan b. kepergian c. kematian d. Perceraian e. kerinduan

32 24. Larik pertama pada bait kedua puisi tersebut bermajas … a. Personifikasi b. Litotes c. Pleonasme d. Metafora e. Simile

33 25. Bacalah penggalan teks pidato berikut! Saudara-saudara yang saya hormati, 1) Kita ketahui bersama, hutan yang kita miliki semakin lama semakin habis. 2) Setiap tahun terjadi penyusutan luas hutan tropis. 3) Hal ini sangat berbahaya untuk kelangsungan ekosistem yang ada di hutan itu. 4) Hutan memberi manfaat yang sangat besar untuk makhluk hidup. 5) Rasanya tidak berlebihan jika kita bersama-sama menjaga dan merawat kelangsungan hidup kita bersama. Inti penggalan naskah pidato tersebut terdapat pada kalimat.... a.1 b.2 c.3 d.4 e.5

34 26. Bacalah penggalan paragraf berikut! Sebelum heboh kasus flu burung, paman memelihara burung merpati sepuluh ekor. Paman juga memelihara ayam petelur yang sudah beranak 5 ekor. Paman memelihara pula burung beo dua ekor. Selain itu, paman memelihara ratusan burung puyuh untuk diambil telurnya. Ternyata paman suka beternak unggas. Kesimpulan di atas diambil dengan cara …. a. induksi b. deduksi c. analogi d. generalisasi e. campuran

35 27. Bacalah penggalan paragraf berikut! Kita mengetahui bahwa manusia bisa berjalan, makan, minum, dan lain- lain. Berjalan akan bisa dilakukan manusia kalau sudah sampai waktunya, asalkan badannya memungkinkan untuk itu. Akan tetapi, lain sekali halnya dengan manusia dapat berbahasa. Manusia yang sejak dilahirkan tidak pernah belajar berbahasa tidak akan bisa berbahasa. Manusia bisa berbahasa karena belajar. Jadi, bahasa harus dipelajari. Paragraf di atas dikembangkan dengan pola …. a. induksi b. deduksi c. silogisme d. entimen e. campuran

36 28. Cermatilah teks pidato! Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya rokok. Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama- sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya. … bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan risikonya ditanggung sendiri. Alasan itu dibantah oleh kelompok antirokok. Alasan itu tidak diterima mereka. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah …. a.Kita memberi penyadaran kepada perokok tentang bahaya merokok b.Merokok sangat berbahaya untuk semua kalangan muda, tua, dan anak. c.Perokok jangan egois untuk tidak mempedulikan orang-orang di sekitarnya. d.Merokok adalah pilihan pribadi yang risikonya ditanggung sendiri. e.Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise

37 29. Bacalah penggalan wawancara berikut dengan seksama! Wartawan : Apa tujuan Anda membangun pusat pelajar di Ciloang, Serang, dan Banten? Nakasima : Pusat belajar ini didirikan untuk mencetak generasi baru dengan berbagai cinta dan ilmu kepada masyarakat. Wartawan : Siapa dan apa saja kegiatan yang dilakukan di pusat belajar itu? Nakasima : …. Kalimat yang sesuai untuk melengkapi wawancara di atas adalah …. a. Anak-anak berusia lima tahun hingga belasan tahun dapat membaca, mendongeng, menulis, menggambar dan berlatih teater. Kegiatan-kegiatan itu dalam bentuk wisata. b. Anak-anak berusia lima hingga belasan tahun ditampung di pusat belajar di Ciloang, Serang, Banten. Kegiatan yang dilakukan membaca, mendongeng, berteater. c. Kegiatan di pusat belajar di Ciloang, Serang Banten dikemas dalam bentuk wisata dan didirikan untuk ana-anak berusia lima sampai lima belas tahun. d. Pusat belajar di Ciloang, Serang, dan Banten didirikan untuk membina generasi muda dalam berbagai ilmu. Kegiatan yang dilakukan dikemas dalam bentuk wisata. e. Anak-anak di pusat belajar di Ciloang, Serang, Banten, mendapat ilmu dan cinta kasih yang sangat diperlukan generasi muda kita.

38 30. Cermati paragraf berikut! Vina minta ijin kepada petugas piket. Ia keluar membuat fotocopy ijasah yang akan dilegalisir sebagai sarat membuat kartu peserta ujian. Perbaikan penulisan kata serapan dalam paragraf tersebut adalah … a. izin, phofo copy, ijasah, dilegalissasi, sarat b. ijin, foto copi, ijasah, dilegalisir, sarat c. izin, fotocopi, ijazah, dilegalisir, sarat d. ijin, fotocopy, ijazah, dilegalisasi, sarat. e. izin, fotocopi, ijasah, dilegalisir, sarat

39 31. Perhatikan struktur karya ilmiah berikut! 1.Tujuan 2.Pembahasan Masalah 3.Latar Belakang Penulisan 4.Kesimpulan dan Saran 5. Daftar Pustaka Urutkan struktur karya ilmiah yang tepat adalah …. a.1 – 2 – 3 – b.3 – 1 – 2 – 4 – 5 c.2 – 3 – 1 – d.3 – – 4 – 1 e.2 – 5 – 1 – 3 – 4

40 32. Perhatikan paragraf berikut! (1) Tumor dan sejenisnya merupakan penyakit yang menakutkan bagi wanita. (2) Mioma uteri adalah tumor rahim jinak yang banyak diderita wanita usia tahun. (3) Wanita usia tergolong dalam kelompok risiko tinggi untuk hamil dan melahirkan. (4) Berbeda dengan kanker, tumor ini tidak menyebar dengan cepat. (5) Pertumbuhan tumor sebesar buah jeruk memerlukan waktu 4-5 tahun. Kalimat sumbang dalam paragraf tersebut yaitu nomor... a.(1) b.(2) c.(3) d.(4) e.(5)

41 33. Susunlah ketujuh rangkaian kata berikut menjadi sebuah kalimat yang baik! 1). akan memandulkan 2). proses demokratisasi 3). intervensi kekuatan 4). dalam penyelesaian segala persoalan 5). yang sedang berlangsung 6). yang dihadapi masyarakat 7). saat ini Susunan yang benar adalah … a. 3, 4, 5, 6, 1, 2, 7. b. 3, 4, 6, 7, 1, 2, 5. c. 3, 4, 2, 5, 6, 7, 1. d. 2, 5, 7, 1, 3, 4, 5. e. 5, 7, 6, 1, 2, 3, 4.

42 34. Perhatikan paragraf berikut! Secara umum struktur ekonomi Indonesia rapuh karena basis ekonomi rakyat sangat lemah, sementara usaha-usaha besar bertumbuh. Tiga sektor utama di Indonesia yang kini sudah dijangkiti ciri ekonomi informasi yang dominan adalah perdagangan, transportasi, dan industri. Sektor ini menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang semakin besar, tetapi produktifitasnya rendah Yang menggunakan kata tidak baku dalam paragraf di atas yaitu kalimat … a. pertama b. kedua c. Ketiga d. pertama dan kedua e. kedua dan ketiga

43 35. Perhatikan komponen laporan berikut! 1. Tujuan pengamatan 2. Hasil 3. Objek yang diamati 4. Macam kegiatan 5. Waktu dan tempat 6. Penutup Urutan format laporan pengamatan yang tepat adalah … a.1, 2, 3, 4, 5, dan 6. b.1, 3, 5, 4, 2, dan 6. c.1, 4, 2, 3, 5, dan 6. d.2, 3, 5, 4, 1, dan 6. e.2, 1, 4, 5, dan 6.

44 36. Cermatilah penggalan surat berikut! Yth. Saudara Ika Sanjaya Jalan Pademangan Baru 34 Jakarta Dengan hormat, ….. hari : Selasa tanggal : 12 Maret 2006 waktu : pukul s.d tempat: ruang serbaguna ….. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat undangan resmi yang rumpang tersebut adalah ….. a.Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat yang mana diadakan pada b.Sehubungan dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada c.Dengan surat ini perkenankanlah saya mengundang Saudara untuk hadir pada d.Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada e.Bersama surat ini di mana kami undang Saudara untuk menghadiri rapat pada

45 37. Cermati paragraf berikut dengan saksama! Ali Audah mungkin seorang pengamat politik dan sosial. Tetapi sebagai seorang novelis ia agak kering. Masalah yang disodorkan dalam Jalan Terbuka lebih baik untuk bahan sebuah risalah sosial politik. Mungkin cerita itu terbentuk oleh desakan konsep tema. Audah kurang bercerita, kurang menghidupkan masalahnya dalam gambaran-gambaran yang disuguhkannya pada kita. Pembaca tidak diajak memasuki kehidupan yang diceritakan sehingga setelah membacanya, boleh mengambil keputusannya sendiri. Kalimat resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …. a.Buku ini kurang menarik karena jalan ceritanya kurang hidup. b.Buku ini kurang tepat dibaca siapa pun karena isinya kurang bagus. c.Buku ini tentu akan menambah wawasan para pembaca. d.Buku ini lebih tepat dibaca dalam waktu senggang. e.Buku ini sebaiknya dibaca sambil lalu saja.

46 38. Perhatikan ilustrasi berikut! Seorang kepala sekolah SMAN menugasi Pembina OSIS untuk mempersiapkan acara penyambutan walikota ke sekolah tersebut pada tanggal 2 Mei Kalimat isi memo yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah… a.Sudi kiranya Bapak mempersiapkan acara penyambutan walikota tanggal 2 Mei 2007 b.Atur acara penyambutan walikota, jangan sampai memalukan sekolah kita tanggal 2 Mei 2007 c.Saya mohon sungguh-sungguh agar Bapak persiapkan acara penyambutan walikota tanggal 2 Mei 2007 d.Bapak persiapkanlah acara penyambutan walikota yang tidak lama lagi, yaitu tanggal 2 Mei 2007 e.Segera persiapkan acara penyambutan walikota di sekolah ini, tanggal 2 Mei 2007

47 39. Cermatilah penggalan surat lamaran pekerjaan! Dengan hormat, Berdasarkan iklan yang saya baca dalam harian Kompas, 11 Oktober 2006, perusahaan yang Bapak pimpin membutuhkan tiga orang sarjana lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sesuai dengan ijazah yang saya miliki, maka saya Mengajukan surat lamaran ini. Penulisan identitas surat lamaran pekerjaan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah...

48 a. Nama: Enung Nurjanah Tempat, tanggal lahir: Garut, 10 November 1973 Alamat: Jalan Wanaraja 24, Garut Pendidikan:Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia Agama: Islam b. Nama: ENUNG NURJANAH Tempat, tanggal lahir: GARUT, 10 NOVEMBER 1973 Alamat: JLN WANARAJA 24, GARUT Pendidikan: SARJANA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Agama: ISLAM c. NAMA: ENUNG NURJANAH TEMPAT, TANGGAL LAHIR: GARUT, 10 NOVEMBER 1973 ALAMAT: JALAN WANARAJA 24, GARUT PENDIDIKAN: SARJANA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA AGAMA: ISLAM d. nama: Enung Nurjanah tempat, tanggal lahir: Garut, 10 November 1973 alamat: Jalan Wanaraja 24, Garut pendidikan: Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia agama: Islam e. Nama: Enung Nurjanah Tempat, tanggal lahir: Garut, Alamat: Jalan Wanaraja 24, Garut Pendidikan: Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia Agama: Islam

49 40. Bacalah kutipan resensi berikut dengan seksama! (1) Membaca kisah-kisah fiksi karya Irwan, mau tidak mau kita akan diingatkan novel- novel ringan dan popular sejenis misalnya karya Mira W. (2) Jauh dari kesan njelimet dan serius, akhir ceritanya pun hampir seluruhnya berujung bahagia ( happy ending ). (3) Dunia dalam karya Irwan Kelana adalah dunia dengan beragam kepahitan maupun kegetiran, tapi pasti akan berakhir bahagia, sangat biasa saja. (4) Meski kadang terkesan sentimentil, Irwan juga punya ciri khas lain yang membuat karya-karyanya menjadi lebih khas, yakni ceritanya sangat realistis, sesuai dengan latar belakang profesinya sebagai jurnalistik yang biasa bergelut dengan fakta. (5) Jadilah kisah-kisah fiksi yang digarap Irwan tidak jauh dari tema sehari-hari yang dibungkus oleh gaya bahasa yang ringan yang kadang menjenuhkan. Kalimat resensi yang merupakan keunggulan buku sesuai kutipan, terdapat pada nomor... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

50 41. Bacalah paragraf berikut dengan seksama! Bertani secara … sebenarnya juga lebih menguntungkan, terutama hasil produksinya menjadi lebih banyak. Contohnya, padi yang ditanam dengan pola ini produksinya bisa mencapai 1 – 30 ton … per hektar, sedangkan dengan sistem pertanian modern rata – rata cuma 8 ton. Untuk membuka lahan pertanian tersebut sekarang tidak mudah karena banyak lahan sudah tercemar. Istilah pertanian yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. a. berhuma, gabah kering b. organik, padi gogo c. ekstensif, beras d. intensif, padi gogo e. organik, gabah kering

51 42. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan seksama! 1.Desa Gondosuli mempunyai luas daerah kurang lebih hektar. 2.Namun, ironisnya kondisi masyarakat desa tersebut masih kekurangan bahan makanan. 3.Hampir 70 % luasa daerah tersebut adalah daerah pertanian. 4.Kebutuhan beras masyarakat 360 ton per tahun, sedangkan produksi beras selama ini diperkirakan kurang dari 239 ton. 5.Keadaan ini disebabkan oleh kondisi tanah pertanian yang tergenang air hampir 9 bulan tiap tahunnya. Susunan kalimat yang runtut sehingga menjadi paragraf adalah... a b c d e

52 43. Cermatilah kalimat – kalimat berikut ini! 1)Caranya, orang tua harus dapat menjadi pola panutan tentang penegakan disiplin. 2)Dengan demikian, diharapkan orang tua mampu menyiapkan anak yang berdisiplin karena sebagai generasi penerus seorang anak harus dapat bertanggung jawab dan sadar akan nilai dan norma dalam memenuhi hak dan kewajibannya. 3)Keluarga bahagia dapat dimulai dari penerapan disiplin dalam kehidupan. 4)Bila semua orang tua melakukan demikian dalam keluarganya, kelak bangsa kita akan memiliki disiplin yang tinggi. 5)Oleh karena itu, peran pendidikan awal dalam keluarga tentang disiplin sangat penting. Agar menjadi paragraf induktif, kalimat – kalimat tersebut disusun dengan urutan …. a.(1), (3), (2), (4), dan (5) b.(1), (5), (3), (2), dan (4) c.(3), (5), (1), (2), dan (4) d.(3), (4), (2), (5), dan (1) e.(3), (2), (1), (5), dan (4)

53 44. Bacalah paragraf berikut! Keberadaan industri componen di dalam negeri masih berada dalam kondisi rapuh sehingga sulit diharapkan untuk dapat mendukung keberadaan industri otomotip. Akibatnya, industri otomotip nasional hingga kini masih tinggi tingkat ketergantungannya kepada componen import. Penulisan yang tepat dari istilah yang tercetak miring tersebut adalah …. a. komponen, otomotive, komponen import b. komponen, otomotif, komponen import c. component, otomotif, component import d. component, otomotif, componen impor e. komponen, otomotif, komponen impor

54 45. Bacalah kutipan surat undangan berikut! Dengan hormat, ………………. hari, tanggal: Sabtu, 2 Juli 2007 waktu: pukul s.d. selesai tempat : aula SMA Negeri 2 acara: 1. laporan pertanggungjawaban OSIS lama 2. serah terima kepengurusan OSIS lama ke OSIS baru 3. ramah tamah Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah... a.Sesuai keputusan rapat pembina OSIS, kami mengundang seluruh pengurus untuk menghadiri kegiatan serah terima pengurus untuk hadir pada... b. Keputusan kepala SMA Negeri 2 tentang kepengurusan OSIS baru maka kami mengundang seluruh pengurus untuk hadir pada... c. Pembina OSIS dan seluruh pengurus mengundan anggota untuk hadir pada kegiatan pelantikan OSIS baru, yang diselenggarakan pada... d. Kepala sekolah dan pembina OSIS mengundang seluruh pengurus untuk hadir pada... e. Sehubungan dengan pergantian kepengurusan OSIS, dengan ini kami mengundang Saudara hadir pada...

55 46. Kalimat topik : La Bahaia de Guantanamo adalah pelabuhan laut terindah di dunia yang telah dikuasai AS. Kalimat penjelas (1) Bagian teluk seluas 116 km disewa AS untuk pangkalan angkatan laut sejak (2) Perjanjian yang ditandatangani Estrada Palma dan Theodore Roosevelt tersebut meliputi fasilitas lapangan terbang dan kubu pertahanan. (3) Ketika pecah revolusi Kuba tahun 1959, Fidel Castro memprotes keberadaan AS. (4) Namun, dalam perkembangannya Guantanamo justru menjadi basis latihan armada AS dan tempat penahanan pengikut Al-Qaeda dan Thaliban. (5) Baik Al-Qaeda maupun Thaliban merupakan komunitas yang loyal dan solit kepada pemimpinnya. Kalimat penjelas yang tidak relevan dengan topik yaitu nomor... a.(1) b.(2) c.(3) d.(4) e.(5)

56 47. Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas berikut ! Topik : keperingatan bangsa Amerika Kalimat penjelas : 1)Indonesia mengirim pemuda pelajar untuk belajar di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan. 2)Dalam dunia bisnis Amerika menduduki berbagai peringkat. 3)Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya. 4)Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apapun. 5)Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melakukan bisnis. Kalimat penjelas yang berhubungan dengan topik adalah …. a.(1), (2), dan (3) b.(2), (3), dan (4) c.(3), (4), dan (5) d.(4), (2), dan (5) e.(5), (4), dan (3)

57 48. Perhatikan penggalan berita di bawah ini! … Di dorong oleh mahalnya obat-obatan pembasmi hama. Kelompok tani desa Tanggung Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur menemukan racun pembasmi hama botani dan sudah diuji IPB Bogor, “Kami sudah diundang oleh IPB untuk menjelaskan proses pembuatannya”, kata keyua kelompok tani Sidomakmur, Sabtu lalu. Bayangkan kalau petani memaksa membeli obat-obat dari pabrik. Bagaimana mereka menutup modal usaha. Obat Insaktisida Tiodan, Matador dari Rp 300,00/250 mg menjadi Rp ,00. (Republika No. 309 tahun ke-6) Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian awal paragraf tersebut adalah … a.Petani memprotes pemerintah karena naiknya harga. b.Didorong harga obat-obatan naik 10 kali lipat, para petani berbondong-bondong protes pemerintah. c.Para petani bekerjasama dengan mahasiswa IPB Bogor Sabtu lalu. d.Usaha pertanian segera bangkrut, disebabkan adanya kenaikan harga obat- obatan. e.Secara naluri manusia selalu ingin mengatasi masalah hidupnya, seperti halnya para petani.

58 49. Pemuda itu betul-betul ……. Segala nasihat yang disampaikan orang tua diabaikan. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi pernyataan tersebut adalah …… a.tinggi hati b.rendah hati c.jantung hati d.sempit hati e.kecil hati

59 50. Selain berdoa, hanya dengan membawa ke rumah sakit, gadis itu dapat menyelamatkan nyawa orang tuanya. Akan tetapi, sedikit pun dia tidak memiliki uang. Untuk membawa kerumah sakit tampaknnya seperti ….. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut di atas adalah …. a.berada di ujung tanduk b.jauh punggung dari api c.tak ada asap jika tak ada api d.menghadapi buah simalakama e.menegakkan benang basah


Download ppt "LATIHAN UJIAN BERSAMA SEACYBERCLASS Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Program : IPA & IPS Durasi : 120 menit Petunjuk Umum : 1.Tulis terlebih dahulu nomor,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google