Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Niken Indah Permatasari 07.41010.0257. Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari karena tingkat pemakaiannya yang tinggi. Tingginya tingkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Niken Indah Permatasari 07.41010.0257. Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari karena tingkat pemakaiannya yang tinggi. Tingginya tingkat."— Transcript presentasi:

1 Niken Indah Permatasari

2 Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari karena tingkat pemakaiannya yang tinggi. Tingginya tingkat pemanfaatan komputer berbanding terbalik dengan pengetahuan pengguna mengenai masalah teknis komputer. Padahal komputer yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari dapat mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Permasalahan pada komputer, didukung dengan rendahnya pengetahuan mengenai perangkat komputer itu sendiri dapat meningkatkan kebutuhan akan jasa teknisi saat terjadi kerusakan komputer. Padahal tidak semua pengguna komputer selalu didampingi oleh seorang teknisi

3 Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan, yaitu: 1. Perlu dibuat suatu aplikasi diagnosis kerusakan komputer dan penanganannya untuk membantu pengguna mengetahui dan menangani kerusakan komputer. 2. Apakah aplikasi diagnosis kerusakan komputer dapat diterapkan dengan menggunakan sistem pakar. 3. Apakah aplikasi sistem pakar diagnosis kerusakan komputer dan penanganannya dapat diterapkan dengan berbasis mobile web.

4 Berdasarkan perumusan masalah yang telah ditentukan, batasan masalah terdiri dari: 1. Jenis komputer pribadi. 2. Diagnosis kerusakan komputer terbatas pada perangkat keras (hardware) yang berpotensi mengalami kerusakan, antara lain: keyboard, mouse, motherboard, power supply, harddisk, baterai RAM, CMOS, CD-ROM, monitor dan speaker. 3. Jenis kerusakan, penyebab kerusakan dan penanganan kerusakan komputer disesuaikan dengan keterangan dari buku karya Anderson dan Tooley (2003), Mueller (2010), Nazaruddin (2005), Supriyanto (2005) dan Wahyuno (2008). 4. Tidak membahas secara mendalam kerusakan yang disebabkan oleh virus dan kerusakan lain yang berhubungan dengan software maupun sistem operasi.

5 4. Penerapan sistem pakar menggunakan metode forward chaining. 5. Sistem hanya menggunakan operasi AND. 6. Web browser yang dapat digunakan adalah browser dengan standar W3C, antara lain Chrome versi 12, Firefox versi 5, dan Opera versi Perangkat mobile yang digunakan minimal dapat menjalankan browser standar OMA web mobile, antara lain beberapa mobile browser yang terdapat pada perangkat mobile dan Opera Mini versi Pengguna utama sistem adalah masyarakat umum yang ingin mendapatkan bantuan mengenai penanganan kerusakan komputer.

6 Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Membuat suatu aplikasi diagnosis kerusakan komputer dan penanganannya untuk membantu pengguna mengetahui dan menangani kerusakan komputer. 2. Menerapkan aplikasi diagnosis kerusakan komputer menggunakan sistem pakar dengan metode forward chaining. 3. Membuat aplikasi sistem pakar diagnosis kerusakan komputer dan penanganannya berbasis mobile web.

7 Menurut Kusrini (2006) sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem pakar juga dapat berfungsi sebagai asisten yang pandai dari seorang pakar.

8 Menurut Kusrini (2006), runut maju (forward chaining) berarti menggunakan himpunan aturan kondisi-aksi. Dalam metode forward chaining, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Mungkin proses menambahkan data ke memori kerja. Proses diulang sampai menemukan suatu hasil.

9 Menurut Shelly dkk (2011), komputer pribadi adalah sebuah komputer yang dapat menggerakkan sendiri seluruh kegiatan input, pemrosesan, output dan penyimpanan. Komputer pribadi terdiri dari dua macam, yaitu komputer desktop dan komputer notebook.

10 Menurut Arifin (2010), perangkat keras (hardware) merupakan perangkat elektronik pendukung komputer yang dibedakan menjadi empat kelompok unit/perangkat, yaitu perangkat masukan, perangkat pemrosesan, perangkat penyimpanan, dan perangkat keluaran.

11

12

13

14 DEMO PROGRAM


Download ppt "Niken Indah Permatasari 07.41010.0257. Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari karena tingkat pemakaiannya yang tinggi. Tingginya tingkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google