Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUANG LINGKUP BIOLOGI Oleh SUPARMUJI, S.Pd

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUANG LINGKUP BIOLOGI Oleh SUPARMUJI, S.Pd"— Transcript presentasi:

1 RUANG LINGKUP BIOLOGI Oleh SUPARMUJI, S.Pd

2 TUJUAN PEMBELAJARAN  Peserta didik mampu memahami hakikat biologi sebagai ilmu.  Peserta didik mampu memahami ruang lingkup biologi.  Peserta didik mampu mengidentifikasi, berdasarkan objek yang dikaji.

3 BIOLOGI SEBAGAI ILMU Ilmu pengetahuan lahir dari suatu rangkaian aktivitas akal manusia yang disusun secara sistematis. Semua yang dinamakan ilmu pengetahuan selalu memiliki syarat-syarat atau ciri-ciri tertentu. Sifat dan ciri ilmu tersebut adalah memiliki objek, menggunakan metode, sistematis, universal, objektif, analitis, dan verifikatif.

4 DEFINISI BIOLOGI Biologi berasal dari bahasa latin, yaitu BIO = Kehidupan dan LOGOS = Ilmu. Sehingga, BIOLOGI dapat diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari tentang Makhluk Hidup dan Segala yang mempengaruhinya.

5 RUANG LINGKUP BIOLOGI Ruang lingkup biologi yang makin meluas, menuntut para ahli biologi untuk membuat pengkhususan kajian sesuai pada objeknya yang lebih mendalam sehingga memberikan manfaat yang semakin besar bagi kehidupan pada umumnya. Pengkhususan kajian yang mendalam ini menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi yang semakin hari semakin banyak. Ibarat pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar memiliki cabang-cabang ilmu dan tiap cabang menghasilkan anak cabang ilmu baru yang berkembang semakin pesat.

6 CABANG ILMU BIOLOGI Zoologi mempelajari tentang seluk beluk kehidupan hewan. Botani mempelajari tentang berbagai ciri dan kehidupan tumbuhan. Mikrobiologi mengkaji berbagai sifat, ciri, dan fisiologi kehidupan mikroba. Histologi mengkaji tentang jaringan penyusun organisme. Sitologi mengkaji tentang segala sesuatu tentang kehidupan sel.

7 MANFAAT MEMPELAJARI BIOLOGI Berkembangnya berbagai cabang biologi akan semakin bertambah besar peluang manfaat yang disumbangkan oleh biologi, antara lain : 1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya. 2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. 3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda. 4. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.

8 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "RUANG LINGKUP BIOLOGI Oleh SUPARMUJI, S.Pd"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google