Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA Sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbit lainnya yang mempunyai hubungan dengan sebuah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA Sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbit lainnya yang mempunyai hubungan dengan sebuah."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA Sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbit lainnya yang mempunyai hubungan dengan sebuah karangan atau karya tulis ilmiah lainnya Pencantuman sebuah buku dalam daftar pustaka pada sebuah karya tulis ilmiah erat hubungannya dengan pengutipan buku. Karena melalui daftar pustaka yang disertakan pada akhir tulisan, pembaca dapat melihat kembali pada sumber aslinya.

2 Penulisan daftar pustaka Ketentuan umum 1.Referensi-referensi berupa hasil komunikasi personal, wawancara, dan sejenisnya, tidak dimasukkan dalam daftar pustaka (kecuali hasil wawancara yang dimuat dalam suatu penerbitan); 2.Gelar pengarang tidak disertakan; 3.Disusun menurut abjad dengan satu spasi; 4.Ketik baris pertama dari setiap referensi rata kiri-baris selanjutnya masuk ke dalam satu sentimeter atau lima spasi; 5.Dari satu referensi ke referensi lainnya diberi jarak dua spasi;

3 Penulisan daftar pustaka Ketentuan khusus 1.Daftar pustaka disusun menurut abjad dari atas ke bawah tampa menggunakan angka. 2.Cara penulisan daftar pustaka sebagai berikut: a.Satu pengarang. Nama pengarang (nama keluarga/nama belakang, nama depan) [titik], [spasi ] tahun publikasi [titik], [spasi] judul buku dicetak miring [titik], [spasi] tempat publikasi [titik dua], [spasi] penerbit [titik]. Co: Teller, Jhon Mudah Merakit Komputer. Palembang: Palembang Cyti Media.

4 b.Dua atau tiga pengarang satu pengarang Co: Teller, Jhon, dan Ujang Cepi LebihMudah Merakit Komputer. Palembang: Palembang Cyti Media. Teller, Jhon, Rahmat Budi, dan Ujang Cepi LebihMudah Merakit Komputer. Palembang: Palembang Cyti Media c.Nama pengarang sama format penulisan menggunakan “____” garis bawah panjang [titik], yang artinya sama atau idem. Co: ____ Praktis Merakit Komputer. Indralaya: Indralaya City. d.Nama dan tahun penerbitan referensi sama format penulisan disusun secara alfabetis dan ditandai dengan huruf kecil tepat setelah tahun penerbitan. Co: Teller, Jhon. 2007a. Praktis Merakit Komputer. Indralaya: Indralaya City. _____. 2007b. Cara Merakit Komputer. Indralaya:Indralaya City.

5 e.Lebih dari tiga atau empat penulis format penulisan; cantumkan nama penulis pertama, diikuti dengan et al[titik] untuk mengindikasikan penulis lainnya. co: Teller, Jhon et al Lebih Praktis Merakit Komputer. Indralaya: Indralaya City. f. Disusun oleh lembaga/instansi tertentu: co: Multi Data Palembang (MDP) Manajemen Komputer. Palembang: MDP

6 g. Sumber dari editan: Yanto, Yudi (ed) Komputerisasi. Palembang: Palembang cyti. h. Lebih dari satu editor: Yanto, Yudi., Mulia Yani, dan Sopoyono (eds). Komputer ankuntasi. Palembang: Palembang edit. i.Artikel dalam buku/koran/majalah: Yanto, Yudi “Komputerisasi.” Dalam Yono, Budi (ed). Program Basic Komputer. Palembang: Palembang cyti.

7 j. Bahan diktat/bahan ajar lainnya: Abdullah Sistem Data. Bahan Ajar. Palembang: Program D3 Komputer MDP. K. Terbitan berkala ilmiah (jurnal ilmiah, dsb): Petir, joko “Penggunaan basic data untuk mengolah data.” Jurnal Komputer 12(1):123. l. Bahan dari majalah/koran: a. jika ada nama pengarang Hasanah, Nur “Cara beli CPU.” Chips, 21 April, b. jika tak ada nama pengarang Tempo, 21 April 2004.

8 m. Sumber dari abstrak sebuah skpripsi/tesis/disertasi: Budianto “Program Komputer Kantor.” [Abstrak]. Skripsi. Palembang: MDP. n. Hasil wawancara tertulis dalam sebuah penerbitan: Budianto, “Program Komputer Kantor.” [Wawancara]. Chips, 2008 Mei, 2. o. Sumber dari Internet Lelono, Joko. n.d. Perakitan Komputer. (diakses 21 April 2007). p. Sumber dari online Massages Yanti, Nur Harga CPU Hari Ini. 6 Agustus (diakses 6 Januari 2008).

9 q. Sumber dari CD, DVD, pita kaset video (videotape). Surya, Putra Cara Praktis Memprogram Komputeri [VCD]. Jakarta: Intel Group. Surya, Putra Cara Praktis Memprogram Komputeri [Videotape]. Jakarta: Intel Group.

10 Ubahlah data di bawah ini menjadi kutipan dan Daftar Pustaka 1.Memburu Data th. 2000_Budi darma Palembang (1-2). Mendapatkan data yang telah lama hilang dapat dilakukan dengan cara mengrecover data yang telah tersimpan di Recycle Bin. 2. “CD Data” berisi cara mengkopi data dengan sistem burning tidak dapat dilakukan berulang-ulang dengan media CD-R yang telah terisi. Th. 2004, Gramedia Jakarta. Jakarta Pusat. 3. Data diakses tgl 24 Mei 2008 tentang Mengkopi data tersembunyi. Emai: Yahoo. 4. Data yang telah diolah akan dikembangkan dengan metode tertentu agar didapatkan hassil yang maksimal. Skripsi MDP Palembang Yano Mulyono.


Download ppt "PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA Sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbit lainnya yang mempunyai hubungan dengan sebuah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google