Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIVASI USAHA I. Membangun Kompetensi Diri Kuliah sesi 1 1. Konsep Diri a. Pengenalan diri b. Membangun Konsep diri Kuliah sesi 2 2. Menggali Potensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIVASI USAHA I. Membangun Kompetensi Diri Kuliah sesi 1 1. Konsep Diri a. Pengenalan diri b. Membangun Konsep diri Kuliah sesi 2 2. Menggali Potensi."— Transcript presentasi:

1 MOTIVASI USAHA I. Membangun Kompetensi Diri Kuliah sesi 1 1. Konsep Diri a. Pengenalan diri b. Membangun Konsep diri Kuliah sesi 2 2. Menggali Potensi a. Membangun Personal core competance b.Fokus (spesialisasi) c.Mengembangkan kualitas diri

2 1. Konsep Diri a. Pengenalan Diri Pengenalan Diri mengarahkan individu untuk lebih memahami ttg dirinya dlm hubungan dengan 3 realitas yaitu: 1)Diri Sendiri 2)Orang Lain dan 3) ALLAH Sebagai Tuhan Sang Pencipta Ke 3 pola hubungan tersebut hrs terfokus pada tujuan utama yaitu: Hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Diri sendiri: Pengenalan diri akan menjadikan kita akan lebih mengenal diri, sehingga lebih mudah mengenal potensi diri kita.

3 1. Konsep Diri Orang Lain: Hubungan dgn org lain, memudahkan diri kita utk memahami org lain, dan berempati dgn org lain. Hubungan diri dgn Tuhan Yang Maha Esa: Menjadikan kita lebih terfokus dan melahirkan kepekaan individu yang tinggi. Dengan mengenal lebih mendalam ttg diri kita. Kita bisa mencapai suatu keyakinan bahwa sang pencipta yaitu ALLAH SWT benar-benar ada. Hal ini terbukti, kita tdk bisa menghindar akan: 1.Kelahiran diri kita 2.Jodoh Kita 3.Kematian Kita

4 1. Konsep Diri Hub 3 realitas digambarkan sbb: TUHAN DIRI ORG LAIN MANUSI A QOLBU Menjadikan kita lebih: 1.Mengenal potensi diri 2.Lembut Hati 3.Bergetar saat menyebut nama ALLAH 4.Mudah konsentrasi Peka Fokus Khusyu Menjadikan kita lebih: 1.Memahami org lain 2.Mengerti org lain 3.Mudah berempati 4.Mampu menjaga sikap dan bicara

5 1. Konsep Diri b. Membangun konsep diri Pertanyaan yg mendasar utk dpt membantu membangun konsep diri adalah: “ Siapa sesungguhnya diri kita ?” Lalu pertanyaan berikutnya sebagai pertanyaan penegas: 1). Dari mana saya berasal ? 2). Untuk apa saya ada di dunia ? 3). Kemana saya akan kembali ? Pertanyaan penegas diatas akan mulai terkuak lebih jelas lagi dgn pertanyaan bantuan penjelas sbb: 1.a). Apakah saya ada dengan sendirinya ?, atau ada yg menciptakan ? 1.b). Dari apa saya diciptakan ? 1.c). Bagaimana saya diciptakan ? 1.d). Apa yg sesungguhnya terjadi saat proses saya diciptakan ? 2.a). Apa maksud penciptaan diri saya ? 2.b). Apa yg hrs saya lakukan dlm kehidupan ini ? 2.c). Apa yg akan terjadi nantinya dalam kehidapan ini ? 2.d). Bagaimana saya hrs menjalani kehidupan ini ?

6 1. Konsep Diri 3.a). Apakah selamanya saya akan ada di dunia ini ? 3.b). Apa yang akan terjadi setelah kematian ? 3.c). Bagaimana akhir keberadaan saya. 3.d). Berapa lama saya akan bertahan dalam ingatan kehidupan? Bagaimana kita memahami dan menjawab berbagai pertanyaan diatas akan mengarah pada : Pemahaman yg tinggi ttg arti hidup diri kita. Realitas hidup Sebagai dasar dalam membangun konsep diri dengan baik & benar Kejelasan & ketegasan konsep diri akan mengantarkan kita pada sikap mental positif dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

7 1. Konsep Diri b1. Membangun /Pembentukan Konsep diri dari berbagai faktor: 1). Cultural Teaching 2). Social comperation 3). Studying Process Seorang pemimpin yang besar terbentuk bukan serta merta lahir begitu saja, tetapi dari faktor2 diatas.

8 1. Konsep Diri b2. Syarat Mengembangkan Konsep diri 1). Memiliki harapan yg realistis 2). Memiliki persepsi yg positif 3). Memiliki keinginan utk berubah 4). Bersikap serius dalam upaya perubahan


Download ppt "MOTIVASI USAHA I. Membangun Kompetensi Diri Kuliah sesi 1 1. Konsep Diri a. Pengenalan diri b. Membangun Konsep diri Kuliah sesi 2 2. Menggali Potensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google